Kantor Ketenagakerjaan: layanan, fungsi, manfaat, mekanisme

Definisi pasar tenaga kerja
Baca cepat Buka

Pasar tenaga kerja atau labor market dapat diartikan sebagai pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli tenaga kerja. Pemilik Tenaga Kerja dianggap sebagai penjual tenaga kerja di pasar ini, sedangkan orang/lembaga yang membutuhkan tenaga kerja dianggap sebagai pembeli. Pasar tenaga kerja diselenggarakan dengan tujuan untuk mengkoordinir pertemuan antara pencari kerja dengan orang atau lembaga yang membutuhkan tenaga kerja. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, perluasan pelayanan ketenagakerjaan adalah kegiatan mempertemukan pekerja dengan pemberi kerja, agar pekerja dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya, serta pemberi kerja dapat mencari pekerja sesuai dengan tugasnya.

kebutuhan. Perintah Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Nomor: Kep. 230/MEN/2003). Bursa Kerja Khusus adalah layanan penempatan kerja yang beroperasi di lembaga pendidikan menengah dan tinggi. Lulusan, lulusan sekolah awal dan siswa yang masih aktif ditawarkan. BKK harus menyampaikan pemberitahuan tertulis tentang kegiatan penempatan kepada dinas yang bertanggung jawab di bidang pekerjaan kabupaten/kota.
Layanan rekrutmen

Berikut ini adalah pelayanan kesehatan kerja, yaitu:

Informasi lowongan yang ditanyakan perusahaan kepada alumni melalui papan pengumuman kampus, iklan lowongan kerja harian di media massa, informasi lowongan melalui buletin bulanan bursa kerja.
Penyelenggaraan acara rekrutmen calon karyawan oleh perusahaan.
Saran dan pelatihan bagi alumni melalui berbagai kegiatan/workshop.
Bekerjasama dengan dunia usaha, organisasi dan dunia pendidikan untuk terus memberikan kesempatan kerja yang sebesar-besarnya bagi para pencari kerja.
Melakukan pengawasan rutin baik untuk alumni maupun perusahaan. Dengan tujuan untuk mengevaluasi permasalahan dan keberhasilan alumni saat memasuki dunia kerja/peningkatan karir. Dan berikan dukungan lebih lanjut jika perlu - survei & kunjungan perusahaan.

Baca Selengkapnya: Perjanjian Linggarjati


Fungsi kantor tenaga kerja

Pasar tenaga kerja memiliki fungsi yang sangat luas, baik di sektor bisnis maupun di sektor lainnya. Fungsi pasar tenaga kerja/bursa efek adalah:

Sebagai sarana untuk mendistribusikan pekerjaan
Untuk mendapatkan informasi tentang pekerjaan,
Untuk mempertemukan pencari kerja dan orang atau lembaga yang membutuhkan tenaga kerja,

Keuntungan dari kantor tenaga kerja

Keuntungan dari pasar tenaga kerja adalah:

Dapat membantu pencari kerja menemukan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran
Dapat membantu orang atau lembaga yang membutuhkan pekerja untuk mencari pekerjaan
Dapat membantu pemerintah dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan?

Mekanisme penempatan kerja

Mekanisme pelayanan rekrutmen (sesuai Permenakertrans R.I. No. 07/Men/IV/2008). Mengandung:

  1. Rekrutmen

Penempatan Tenaga Kerja adalah suatu proses pelayanan bagi pencari kerja untuk mencari pekerjaan dan pemberi kerja untuk mengisi lowongan sesuai dengan bakat, minat dan keterampilannya.

  1. Pelaksanaan rekrutmen Layanan untuk pencari kerja

Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja dilakukan secara manual dan (sistem online). Layanan rekrutmen harus diintegrasikan ke dalam sistem rekrutmen nasional. Pencari kerja yang akan bekerja di dalam atau di luar negeri harus dilayani dengan presentasi pekerjaan di kantor ketenagakerjaan kabupaten/kota. Layanan untuk pencari kerja meliputi:

  1. Pendaftaran pencari kerja baru

Tunjukkan kartu identitas yang masih berlaku; Fotokopi kualifikasi pendidikan terakhir bagi yang memilikinya; Fotokopi sertifikat keahlian bagi yang memiliki; dan fotokopi sertifikat magang bagi yang memiliki. Pencari kerja yang telah mendaftar akan mendapatkan surat tanda registrasi pencari kerja (AK/1). Presentasi kerja diwajibkan untuk mengisi data pencari kerja (AK/II) melalui wawancara tatap muka untuk mengetahui bakat, minat dan keterampilannya.

  1. Perubahan pendaftaran

Kartu AK/I berlaku selama 2 (dua) tahun dengan kewajiban mendaftar paling lambat setiap 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal pendaftaran bagi pencari kerja yang belum mendapatkan pekerjaan. Pencari kerja yang telah mendapatkan pekerjaan harus melaporkan penerimaannya ke dinas ketenagakerjaan kabupaten/kota.

Proses umpan balik

Pengantar Pekerjaan Memperoleh Kartu AK/I dari Pencari Kerja; Memeriksa kartu AK/I untuk mengetahui apakah AK/II masih hidup atau sudah dihapus; Ambil kartu AK/II yang aktif dari file/wadah yang dapat dipindahkan

Lihat Juga :

https://liga-indonesia.id/
https://www.bolt.id/
https://beautynesiablog.id/
https://psyline.id/
https://creasi.co.id/
https://www.i4startup.id/
https://mandiriecash.co.id/
https://excite.co.id/
https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co.id/