Blog Pendidikan Dan Teknologi

Jenis Ikan hias Guppy

Posted: September 19th 2020

Untuk para penggemar ikan hias pasti mengetahui jenis ikan guppy ini. Ikan yang mempunyai nama ilmiah poecilla reticulata ini biasa ditemukan pada habitat yang mempunyai arus air yang tenang, Ikan ini sebenarnya bukanlah ikan hias namun ikan yang digunakan untuk membasmi malaria atau jentik nyamuk.

Jenis Ikan hias Guppy

Namun ikan guppy yang hidup liar tersebut jauh berbeda dengan ikan guppy yang sengaja dibudidaya karena mempunyai corak warna yang sangat menawan yang membuat hewan air ini menjadi ikan hias guppy. Banyak sekali yang hampir tidak bisa membedakan antara ikan guppy ini dengan ikan cupang namun ikan guppy ini lebih mempunyai corak yang menawan dan lebih jinak untuk di taruh pada aquarium kamu. Ikan ini juga termasuk dalam ikan hias air tawar terindah.

Ikan Guppy

Ikan guppy ini walaupun mirip dengan ikan cupang namun ikan ini berbeda sifat atau lebih jinak dibandingkan dengan ikan cupang. Untuk ukuran dari ikan guppy ini yang jantan maupun betina sangatlah berbeda. Ikan guppy jantan mempunyai ukuran 2 cm sampai 3 cm dan ukuran ikan guppy betina lebih besar yaitu 4 cm sampai 5 cm. Ikan guppy ini bukanlah ikan asli indonesia namun ikan guppy ini berasal dari amerika tengah dan selatan.

Ikan hias guppy ini merupakan ikan yang mudah untuk berkembang biak masa kehamilannya rata-rata 28 hari dan bergantung pada suhu dari air. Ikan ini juga tidak bertelur saat berkembang biak namun mengandung dan juga melahirkan. 1 ikan ini yang melahirkan akan bisa mengeluarkan 2 sampai 100 ekor anak namun hanya 5 sampai 30 ekor saja yang bertahan.

Satu jam setelah melahirkan ikan ini bisa dibuahi kembali oleh pejantan. Banyaknya anaknya ( burayak ) yang mati biasanya diakibatkan ikan guppy dewasa yang memangsa anaknya. Oleh karena itu sebaiknya setelah melahirkan burayak tersebut langsung dipisahkan dengan ikan dewasa lainnya agar tidak dimangsa.

Jenis Ikan Guppy

Ikan guppy ini juga mempunyai jenis yang sangat menawan dengan corak warna dan bentuk tubuh yang menarik. Untuk kamu yang belum tahu jenis – jenis dari ikan guppy ini saya akan memberikan informasinya disini.

1. Ikan Guppy Green Red Dragon

Jenis ikan guppy ini merupakan jenis ikan yang sangat populer dikalangan para penghobi ikan hias guppy. Ikan ini bisa termasuk dalam harga ikan guppy termahal karena harganya sangat mahal bisa mencapai 1 jutaan. mungkin kamu bertanya – tanya kenapa ikan ini sangatlah mahal ? ikan ini mempunyai corak yang sangat bagus dan juga pergerakannya yang sangat menawan saat di dalam air.

Dengan ukuran sirip yang lebih besar dibandingkan ukuran tubuhnya ikan ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mempunyai budget lebih untuk menaruhnya di aquarium kamu. Sirip dari ikan ini juga mempunyai sirip yang melebar kesamping yang biasa disebut juga sirip delta.

2. Ikan Guppy Black Moscow

Ikan guppy jenis black moscow ini sangatlah unik karena mempunyai warna hitam pada seluruh tubuhnya. Ikan ini termasuk dalam ikan guppy impor karena berasal dari moscow dan juga thailand namun ikan ini juga ada yang membudidayanya di indonesia loh. Untuk ikan guppy jenis ini yang dari moscow maupun thailand semuanya mempunyai kemiripan yang sama hanya namanya yang berbeda untuk yang berasal dari thailang bernama ikan guppy full black thailand.

Ikan ini mempunyai harga yang sangat terjangkau sekitar Rp. 25.000 sampai Rp. 250.000 untuk yang sudah dewasa. Dengan harga yang terjangkau dan tubuh yang terbilang eksotik dengan perpaduan warna hitam pekat dan sirip yang lebar membuat ikan ini pantas untuk dipelihara kamu.

3. Ikan Guppy Platinum Halfmoon

Jenis ikan guppy platinum halfmoon ini merupakan jenis ikan guppy termahal karena keunikan dari ikan guppy ini yaitu dengan adanya corak warna degradasi yang membuat ikan guppy platinum halfmoon ini menjadi lebih mahal. Pada bagian tubuh lainnya juga ikan jenis ini mempunyai warna silver platinum.

Ikan guppy platinum halfmoon ini juga banyak sekali dicari oleh penghobi ikan guppy hias. Untuk jenis ikan guppy halfmoon sebenarnya mempunyai jenis lain yaitu ikan guppy metal red king cobra.


Comments are closed.

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php