Blog Pendidikan Dan Teknologi

Definisi

Posted: September 16th 2020

Lahir di Indonesia, berdomisili di Indonesia, orang Indonesia asli, menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, tetapi nilai tes bahasa Indonesia tidak pernah mencapai angka maksimal. Apakah Anda yang mengalami ini? Tenang, Anda tidak sendiri. Kelihatannya sederhana, ternyata bahasa ibu kita cukup sulit sehingga sebaiknya kita lebih banyak mempelajari materi bahasa Indonesia dan memanfaatkan kesempatan ini untuk menelaah secara tuntas pengertiannya.

pengertian

Kami sering mendengar dan mengucapkan istilah ini. Tapi tahukah Anda apa arti kata itu secara harfiah? Jika belum, ayo belajar bersama. Berikut ini adalah panduan lengkap yang memuat definisi, tujuan, karakteristik, kondisi, dan contoh.

Pengertian Definisi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi diartikan sebagai kata, frasa, atau frasa yang mengungkapkan makna, uraian, atau ciri utama seseorang, benda, proses, atau aktivitas. Batasi (arti); dan rumusan ruang lingkup dan karakteristik suatu konsep yang menjadi subjek diskusi atau kajian.

Pengertian definisi berbeda-beda tergantung dari ahlinya, namun di Indonesia pengertian KBBI merupakan rujukan tertinggi. Selain terlengkap dan akurat, KBBI diformulasikan oleh lembaga resmi pemerintah Republik Indonesia, tepatnya di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Intinya, definisi adalah upaya untuk memberi makna pada sebuah kata atau frase.

2. Tujuan

Tujuan utama dari definisi tersebut adalah untuk memberikan batasan atau makna pada suatu istilah untuk mencapai konsensus global bagi masyarakat.

3. Fitur definisi

Tidak semua arti kata dan arti kata bisa disebut definisi karena memiliki ciri-ciri tertentu. Ada dua istilah penting untuk memahami propertinya, definiendum dan definiens.

Definiendum adalah elemen dari istilah atau kata yang dijelaskan. Sedangkan definisi adalah unsur rangkaian kata atau frasa atau kalimat yang menggambarkan pengertian.

Mendefinisikan yang dimulai dengan kata benda yang diawali dengan kata “adalah”.

Contoh: Teh adalah sejenis pohon kecil yang tumbuh di alam liar dengan daun berdaun lonjong atau jorong yang berwarna hijau segar. Tunasnya sering kali layu dan kemudian dikeringkan untuk dijadikan campuran olahan minuman atau makanan.

Definisi yang dimulai dengan kata benda selain kata benda didahului dengan kata “yaitu”.

Contoh: minum, yaitu memasukkan air atau cairan ke dalam mulut dan minum.

Definisi, yang merupakan sinonim, diawali dengan kata “adalah”.

Contoh: haus adalah haus.

4. Kondisi

Tugas dari makna ini adalah menetapkan batasan dan menentukan pemahaman yang diterima secara umum dengan akurat, jelas, dan ringkas. Batasan suatu istilah perlu dijelaskan agar tidak kabur atau tumpang tindih dengan arti lain. Untuk itu makna yang baik harus memenuhi persyaratan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Adapun syarat pembuatan menurut buku Bakry Basic Practical Logic of Philosophy and Science Tools adalah sebagai berikut:

Harus menunjukkan ciri-ciri esensial dari apa yang akan dideskripsikan atau dideskripsikan, yaitu makna umum atau makna yang menyusunnya dan ciri-ciri atau ciri-ciri pembeda yang penting.

Itu harus memiliki makna yang setara dengan hal-hal yang diberi makna, yang berarti ruang lingkup makna tidak terlalu sempit atau terlalu luas.

Hindari pernyataan yang mengandung kondisi yang telah diberi arti, yaitu tidak boleh dilingkari, dan tidak boleh terlibat langsung atau tidak langsung dalam topik yang ditentukan.

Ini harus diberikan dalam rumusan positif sedapat mungkin, yaitu sebisa mungkin hindari pernyataan negatif. Yang dimaksud negatif di sini bukanlah isinya, melainkan konteks dalam rumusannya.

Ini harus dikatakan secara tepat, tepat dan jelas, terlepas dari rumusan yang kabur dan ambigu, jangan gunakan citra apa pun. Karena tujuan pembuatannya dari suatu istilah adalah untuk memberikan penjelasan dan menghilangkan makna ganda. Penggunaan istilah yang tidak jelas atau ambigu dapat menghambat tujuan ini.

5. Jenis Definisi

Bicara soal jenis, para ahli banyak merumuskan klasifikasi. Jika Anda membuka ensiklopedia Wikipedia gratis, Anda akan menemukan ada lima di antaranya. Dalam beberapa kitab, menurut para ahli lain juga disebutkan tiga jenis yaitu sinonim, etimologi dan formal.


Comments are closed.

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php