Apa yang harus diperhatikan dalam surat lamaran?

  1. Gunakan paragraf pembuka dan penutup yang baik

Jika ingin menulis surat lamaran, pastikan menggunakan bahasa yang baik dan benar untuk membuka dan menutup surat. Hal ini sangat penting karena paragraf pengantar dapat menentukan maksud dan tujuan dari surat tertulis dan paragraf penutup merupakan bagian penting untuk memberikan kesan dari surat tertulis.

Agar dapat menulis paragraf pembuka dan penutup yang baik, gunakan bahasa yang sederhana, jelas dan tidak bertele-tele. Selain itu, buatlah paragraf yang bersifat persuasif sehingga menarik perhatian HRD terhadap apa yang Anda sampaikan dalam tulisan yang Anda buat. Dengan demikian HRD dapat memahami maksud Anda dalam surat yang Anda kirimkan, dengan harapan potensi terpanggil oleh perusahaan semakin besar.

  1. Surat itu ditujukan dengan jelas

Di header surat lamaran, Anda harus menjelaskan kepada siapa lamaran ditujukan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika ada kesalahan pada kop surat, HRD bisa menjadi bingung dan tidak yakin dengan surat yang Anda kirimkan.
Baca Juga: Besaran Gaji UMR Maros

Selain itu, surat lamaran ditujukan dengan jelas, mis. B. dengan nama, jabatan, jabatan dan bila perlu alamat perusahaan. Meski terlihat sepele, pelamar seringkali tidak memperhatikan, sehingga penulisan HRD diabaikan begitu saja.

  1. Tulis informasi secara singkat dan jelas

Surat lamaran biasanya membutuhkan informasi tentang Anda. Juga harus diperhatikan bahwa dalam surat lamaran informasi tentang Anda akan disampaikan bersama dengan CV. Tulis informasi tentang informasi atau pengalaman pribadi Anda secara singkat dan jelas sehingga mudah dibaca oleh HRD. Selain itu, Anda dapat melampirkan CV dengan informasi yang jauh lebih lengkap dan jelas untuk HRD dan akhirnya menghubungi Anda untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya.

  1. Pastikan surat lamaran Anda bersih

Jika Anda akan mengirimkan surat lamaran, pastikan terlebih dahulu bahwa surat lamaran Anda bebas dari noda atau kotoran yang mungkin menempel pada kop surat. Karena jika Anda mengajukan surat lamaran tulisan tangan, Anda harus memastikan bahwa tulisan Anda terbaca dan bebas dari coretan atau koreksi kecil dari surat lamaran. Agar lebih mudah, ada baiknya Anda membuat surat lamaran berupa mesin tik dari desktop, yang memberikan tulisan lebih bersih dan juga mudah dibaca. Dengan cara ini HRD akan membaca surat lamaran Anda dengan mudah dan jelas.

  1. Ekspresikan antusiasme Anda terhadap pekerjaan

Selanjutnya, tambahkan beberapa paragraf pendek bahasa yang baik tentang antusiasme Anda bekerja untuk perusahaan. Anda dapat menggambarkan sedikit antusiasme untuk bekerja di perusahaan di paragraf terakhir paragraf terakhir. Gunakan bahasa yang singkat dan juga jangan terkesan berlebihan agar HRD tertarik dengan tulisan yang Anda berikan.
Baca Juga: Besaran Gaji UMR Konawe

  1. Menandatangani surat lamaran

Hal penting lainnya adalah tanda tangan untuk surat lamaran. Jangan lupa membubuhkan tanda tangan di akhir surat sebagai bukti atau tanda bahwa Anda terlibat langsung dalam pengiriman surat lamaran. Selain itu, tanda tangan bagi HRD juga bisa menjadi salah satu cara menilai kepribadian pelamar berdasarkan tanda tangan tersebut. Oleh karena itu, buatlah tanda tangan yang tepat agar dapat meninggalkan kesan rapi dan baik di hadapan HRD.

Berbagai hal tersebut di atas penting bagi Anda untuk membuat surat lamaran yang baik dan benar. Anda harus melengkapi informasi pribadi Anda mulai dengan nama, tempat tinggal, tanggal lahir, nomor ponsel, email, dan banyak lagi. Data ini digunakan oleh HRD untuk memilih aplikasi yang telah Anda ajukan.

Sumber :