Blog Pendidikan Dan Teknologi

Ciri Ciri Jaringan Tumbuhan Lengkap

Posted: June 8th 2019

Ciri Ciri Jaringan Tumbuhan Lengkap

Jaringan sederhana ini terdiri dari sel-sel yang strukturnya sama seperti parenkim, kolenkim dan sklerenkim. Jaringan meristem ini selanjutnya akan aktif membelah diri secara mitosis. Kemampuan jaringan bermitosis secara terus menerus menyebabkan terus bertambahnya sel-sel baru sehingga sel mengalami perubahan sifat sel serta mengalami diferensiasi. Selain itu, akibat dari pembelahan sel ini juga akan membentuk berbagai jaringan kompleks yang tidak memiliki ketidakmampuan untuk membelah diri lagi atau menjadi jaringan yang tidak meristematik.

jaringan tumbuhan

Jenis-jenis jaringan parenkim (jaringan dasar)

Jaringan parenkim (basa) dibagi antara lain menjadi dua jenis:

Jenis-jenis jaringan parenkim sesuai dengan fungsinya

Asimilasi parenkim (klorinat): mengandung fungsi klorofil dan fotosintesis
Parenkim air: jaringan yang ditemukan pada tanaman xerofit atau epifit sebagai reservoir / penyimpanan untuk musim kemarau.
Hortenparenchym: jaringan yang berfungsi sebagai toko makanan. Jaringan ini biasanya ditemukan di akar, buah, umbi dan batang. Makanan ini bisa berbentuk padatan, tepung, lemak, protein, gula.
Parenkim udara (Aerenkim): jaringan dengan ruang antar sel yang berfungsi dalam air pada tanaman terapung. Ini ada di Canna sp
Transport parenchyma: jaringan yang berfungsi sebagai kapal transportasi untuk makanan dan air.

Jenis jaring parenkim berdasarkan bentuknya
Palisade parenchyma: Komponen parenkin mesofil dalam daun. Jaringan ini ditemukan dalam biji dengan bentuk sel yang panjang dan tegak dan mengandung banyak kloroplas.

Sponge parenchyma: jaringan daun mesofil ukuran kecil dan ruang sel besar
Star parenchyma: jaringan yang terletak di daun Canna Sp. dengan bentuk berbentuk bintang kontinu di ujungnya
Lipatan Parenkim: jaringan ditemukan pada daun pinus dan septofil beras. Kerutan muncul ke dalam di dinding sel dan mengandung banyak kloroplas.

3. Dukungan / penguatan sistem jaringan (mekanik)

Jaringan pendukung / penguatan adalah jaringan yang memberi kekuatan pembangkit listrik untuk berdiri tegak. Jaringan pendukung (penguat) tanaman dibagi antara lain sesuai dengan jenis dan bentuk.

Sebuah. Colenchymgewebe

Jaringan collenchymal adalah jaringan pendukung atau penguat pada organ tanaman muda dan tanaman herba. Colenchyma adalah sel hidup yang menyerupai parenchyma. Ada sel-sel yang mengandung kloroplas dan berperan dalam fotosintesis. Colenchyma terdiri dari sel-sel hidup dengan protoplasma yang aktif dan memiliki bentuk memanjang dengan penebalan tidak merata. Jaringan pendukung berfungsi untuk memperkuat pabrik. Sel yang kuat, tebal dan terspesialisasi. Jaringan ini juga bertindak sebagai pelindung Damaskussamen vesikular.

Karakteristik jaringan Colenchym

Memiliki struktur yang tebal dan kuat
Dapat mengalami spesialisasi
Ada di batang, daun dan biji
Sel menebal di sudut-sudut
Penebalan dalam bentuk selulosa
Sebagai aturan, grup membentuk untaian atau silinder

Fitur jaringan Colenchym

Mendukung dan memperkuat bentuk tanaman
Lindungi file operator
Memperkuat jaringan parenkim


Sumber : Jaringan Tumbuhan


Comments are closed.

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php