Blog Pendidikan Dan Teknologi

Cabang Ilmu Geologi

Posted: June 8th 2019

Cabang Ilmu Geologi

Cabang Ilmu Geologi

Ilmu Geologi memiliki beberapa cabang ilmu lain yang lebih spesifik, antara lain :

1. Mineralogi adalah Studi tentang mineral secara megaskopis dan menentukan nama mineral dari hasil deskripsi (sifat fisik, belahan, goresan, warna, kilap, dan lain-lain).

2. Petrologi adalah Studi tentang batuan, asal mula pembentukannya, klasifikasinya, tempat pembentukan dan pengendapannya, serta penyebarannya baik di dalam maupun di luar perut bumi.

3. Geologi Struktur (King of Geology) adalah Studi mengenai perubahan bentuk2 kerak bumi yg diakibatkan oleh gaya sehingga menghasilkan struktur geologi berupa lipatan, patahan, kekar, dan lain-lain.

4. Geomorfologi adalah Studi tentang bentang alam dan proses2 yg mempengaruhinya. Faktor Penyebab Konflik Sosial: Pengertian, Jenis, dan Dampak

Stratigrafi (Queen of Geology) adalah

studi tentang perlapisan batuan, penyebaran, komposisi, ketebalan, umur dan korelasi lapisan batuan.

Geokimia pada dasarnya adalah

studi mengenai komposisi kimia bumi. mempelajari keberadaan unsur-unsur isotop di bumi, dan lain-lain.

Paleontologi adalah

Studi tentang segala aspek kehidupan masa lampau berupa fosil baik makro ataupun mikro yg di temukan dalam batuan. Cara Mengatasi Konflik : Strategi, Pengendalian, dan Penyelesaian 

Geologi Terapan adalah

Penerapan Geologi untuk kepentingan manusia pada bidang tertentu. Misal: Geologi Pertambangan, Geologi Batubara, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Hidrogeologi, dan sebagainya.

Masih banyak cabang ilmu geologi yang belum disebutkan, karena sesuai dengan perkembangan zaman dari tahun ke tahun, ilmu geologi pun mengikuti perkembangan dunia science dan technology.

Sumber : https://guruips.co.id/


Comments are closed.

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php