5 Cara Cerdas Belajar Matematika oleh Kak Yosef

  1. B – Buat rencana belajar matematika yang jelas dan terukur

Jelas materi yang dimaksud di sini, sedangkan pemahaman diukur. Misalnya, Anda hanya punya waktu beberapa minggu sampai ujian doktoral. Anda harus membuat daftar hal-hal matematika yang tidak Anda pahami sedini mungkin. Kemudian potong potongan bahan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Misalnya, Anda tidak memahami fungsi kuadrat. Nah, coba telusuri kembali bagian mana yang belum dipahami. Misalnya, pada bagian memplot fungsi kuadrat. Kemudian klarifikasi lagi, gambarkan fungsi kuadrat mana yang tidak dikuasai.
Trik belajar matematikaBuat rencana belajar (Sumber: intelligent.com)

Setelah Anda tahu persis bagian mana yang tidak Anda pahami, tetapkan tujuan kapan Anda ingin mulai belajar. Kemudian tentukan metode pembelajaran mana yang tepat untuk Anda. Coba tanya ke teman, tanya ke guru di sekolah, tutor, atau kamu bisa nonton video edukasi di Ruangguru dan ketik fungsi persegi. Jika demikian, Anda dapat mengukur kembali keterampilan Anda dengan menjawab pertanyaan latihan.
Baca juga: 5 Cara Belajar yang Bisa Dilakukan Dalam 30 Menit

  1. I – Bayangkan masalah matematika dengan gambar atau visualisasikan bahasa keren

Misalnya, Anda dapat menemukan masalah aljabar untuk mengalikan dua suku seperti ini ((x+2)(x+3)). Anda dapat menggambarkan bentuk perkalian aljabar sebagai luas persegi panjang dengan sisi ((x+1)) dan sisi ((x+3)). Kemudian bagi persegi panjang menjadi 4 bagian dan cari luas masing-masing persegi panjang sebagai berikut.
(x) (+3)
(x) (x \kali x=x^2) (x\kali 3 = 3x)
(+2) (2 \kali x = 2x) (2\kali 3 = 6)

  1. J – Jangan takut melakukan kesalahan saat belajar

Jangan takut melakukan kesalahan, kita hanya bisa belajar dari kesalahan. Artinya kita berani. Nah, dalam proses belajar matematika itu sendiri, kita bisa melakukan apa yang disebut dengan deep practice, yang terdiri dari tiga hal, yaitu:

Membuat kesalahan:
Evaluasi kesalahan: Evaluasi kesalahan
Coba lagi: Coba lagi
  1. A- Atur waktu antara belajar dan istirahat menggunakan sistem 50:10
    Trik belajar matematika Rekreasi antar pelajaran (sumber: medium.com)

Studi waktu yang ketat terus menerus seperti sistem kecepatan semalam tidak baik, kan. Jenis pembelajaran ini hanya akan berlangsung dalam memori jangka pendek sambil memaksa tubuh kita. Lebih baik belajar diselingi dengan waktu istirahat. Anda bisa fokus belajar 50 menit, lalu istirahat 10 menit, seperti B. Peregangan, makan atau minum ringan, nonton video lucu, dan lain sebagainya. Tapi tolong jangan membalikkan aturan, yaitu 50 menit istirahat dan 10 menit belajar.

  1. K – Kendalikan dirimu dan berdoa

Nah, yang terakhir ini penting. Bisa jadi karena Anda terlalu antusias karena merasa telah belajar banyak. Ketika Anda menemukan sebuah pertanyaan, Anda langsung bersemangat untuk mengerjakannya dan menyelesaikannya dengan cepat. Ini dapat menyebabkan konsekuensi yang mengerikan, seperti lupa mengurangi atau mengalikan angka negatif, atau lupa kata “kecuali” dalam pertanyaan. Jadi jangan terlalu bersemangat sehingga Anda tidak bisa mengendalikan diri dan lupa bahwa matematika bukan hanya tentang kecepatan, tetapi juga tentang akurasi.

Keadaan sebaliknya juga bisa terjadi, seperti kecemasan saat mengerjakan soal meskipun sudah belajar. Perasaan tegang juga dapat menimbulkan kecemasan yang berlebihan, bahkan ketika melihat pertanyaan yang sebenarnya mudah. Pengendalian diri penting untuk ini, agar Anda bisa menjadi lebih tenang dan berkonsentrasi secara optimal. Terakhir, lengkapi dengan doa, karena doa akan melengkapi usaha.

Sumber :