5 pengembangan web teratas 2020

Segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi akan selalu berubah dalam waktu singkat. Tren teknologi berubah begitu cepat setiap tahun. Suka atau tidak, programmer perlu menyadari tren yang berubah ini untuk memenuhi ekspektasi pasar. Untuk pengembangan website sendiri, ada beberapa teknologi yang sangat populer di tahun ini. Sebelum kita berganti tahun, yuk langsung simak perkembangan web terpopuler tahun 2020 berikut ini.

(1) Virtual dan Augmented Reality

Apakah ada cara untuk mengalami sesuatu yang tidak mungkin di dunia nyata? Jawabannya ada di sana! Siapa pun yang belum pernah melihat salju dalam hidup mereka dapat langsung bermain ski dengan virtual dan augmented reality (VR & AR). Kedua teknologi tersebut telah banyak digunakan dalam game tingkat lanjut.

Selain untuk hiburan, teknologi ini juga digunakan di laboratorium

untuk membantu pasien disabilitas. Pasien buta warna juga dapat membedakan warna dengan bantuan teknologi. Bagaimana penerapannya di dunia industri? Teknologi ini dapat membantu calon pembeli “melihat” produk atau jasa secara langsung secara online.

Dengan adanya pandemi, teknologi pengembangan web ini juga dapat menjadi solusi dan jembatan antara pelaku bisnis dan konsumen. Tanpa ragu, VR & AR juga merupakan pengembangan web paling populer di tahun 2020.

(2) Pembelajaran mesin dan AI

Bahkan jika Anda tidak mengerti apa artinya

, banyak orang mungkin pernah mendengar istilah pembelajaran mesin dan AI di film. Tanpa ragu, pembelajaran mesin dan AI adalah alat yang paling banyak dibicarakan tahun ini. Dengan adanya pandemi, banyak inovasi yang dihasilkan dari AI dan machine learning.

Alasan utama perusahaan mengadopsi AI adalah untuk meningkatkan kualitas pengguna. Salah satu layanan yang menggunakan AI adalah chat bot. Bot obrolan dapat memudahkan bisnis untuk melayani konsumen 24/7. Dengan cara ini, perusahaan dan konsumen dapat berjejaring dengan lebih baik.

(3) Aplikasi web progresif

Lebih dari separuh pengguna di seluruh dunia telah beralih ke perangkat seluler

. Dalam kondisi ini, perusahaan juga harus beralih dari aplikasi web ke aplikasi seluler. Tujuannya adalah untuk membuat situs web Anda lebih mudah diakses oleh pengguna perangkat seluler.

Jika hal ini terjadi, bagaimana dengan nasib pengguna desktop atau laptop? Apakah kebutuhan mereka dikompensasikan untuk pengguna ponsel? Tentu saja Anda tidak perlu melakukannya. Solusinya terletak pada teknologi aplikasi web progresif.

Apa yang dimaksud dengan aplikasi web progresif? Aplikasi web progresif memungkinkan untuk secara otomatis mengubah tampilan situs web sesuai dengan ukuran layar perangkat pengguna seperti tablet dan smartphone. Misalnya, foto landscape di desktop otomatis menjadi portrait di layar smartphone.

Pengembang tidak perlu menyesuaikan tampilan web secara umum agar sesuai dengan jenis perangkat. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi tertentu untuk mengakses situs web yang sesuai dengan jenis perangkat.

(4) Optimalisasi pencarian suara

Asisten Google, Siri, dan Alexa adalah beberapa bukti kuat dari popularitas pengoptimalan pencarian suara. Untuk pengembangan web, pengoptimalan voice search tentunya akan memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya tanpa harus memasukkannya secara manual.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh survei yang menyebutkan bahwa pada akhir tahun 2022, lebih dari 50% pengguna internet akan menggunakan optimasi pencarian suara. Berkat teknologi ini, pengguna dan perusahaan sangat terbantu. Selain itu, banyak platform IoT juga fokus pada pengoptimalan pencarian suara.

(5) Pemberitahuan push

Perusahaan dapat mengandalkan pemberitahuan push untuk meningkatkan pengalaman pengguna (UX). Sekarang tim pemasaran sangat bergantung pada pemberitahuan push untuk meningkatkan keterlibatan produk dan perusahaan mereka. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah mengiklankan produk menggunakan notifikasi push.

Bahkan tanpa harus menginstal aplikasi, konsumen dapat mengakses produk Anda. Metode ini lebih efektif karena dapat digunakan di web dan aplikasi seluler. Artinya kelompok sasaran untuk pemberitahuan push lebih luas lagi.

Setelah melihat lima pengembangan web terpopuler tahun 2020, apakah perusahaan Anda siap untuk mengambil salah satunya? Alat pengembangan web apa yang sering Anda temui dalam kaitannya dengan pengguna? Percaya atau tidak, keberadaan web development tools ini justru membuat hidup manusia lebih mudah dan praktis, bukan?

Lihat Juga :

https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://jadwalxxi.id/
https://desamembangun.id/
https://kanreg12bkn.id/
https://ejurnalbalaibahasa.id/
https://ppdb-batam.id/
https://balaibahasajateng.id/