Tips Mengelola Makan Siang atau Makan Malam Bisnis

Makan siang atau makan malam bisnis di luar lokasi sangat membantu untuk memastikan tamu Anda fokus pada tujuan bisnis Anda, tanpa gangguan kantor. Koordinasi awal dengan katering, ruang perjamuan, atau restoran Anda sangat membantu kesuksesan acara. Berikut adalah beberapa tips bermanfaat untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan dari pertemuan makan siang atau makan malam:

• Konfirmasikan tanggal, waktu, dan alamat pasti pertemuan makan siang atau makan malam Anda. Komunikasikan hal ini sesering mungkin dan kirimkan undangan kalender. Tidak ada yang akan berhasil jika orang tidak tahu ke mana harus pergi. Lebih baik lagi – jemput tamu Anda untuk memudahkan mereka. Ini adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan.

• Hubungi restoran sebelumnya. Angkat teleponnya! Lakukan percakapan manusia yang nyata. Ini lebih cepat daripada email dan memberi Anda kesempatan untuk memiliki hubungan dengan tempat tersebut. Anda bahkan mungkin menemukan lebih banyak pilihan daripada yang tercantum di halaman web restoran.

• Pastikan Anda menanyakan tentang kebutuhan diet khusus dari tamu Anda selama proses mengundang sehingga Anda yakin telah mengakomodasi mereka selama proses pemilihan restoran dan proses pra-pemesanan.

• Datang lebih awal. Pilih meja Anda yang tepat dan putuskan di mana Anda ingin semua orang duduk. Ini membantu memastikan bahwa percakapan lebih mungkin terjadi dengan orang yang tepat di sebelah satu sama lain atau saling berhadapan di seberang meja.

• Pertimbangkan untuk memesan makanan pembuka dan minuman di muka. Mintalah mereka menunggu di meja ketika tamu Anda tiba. Ini menyelesaikan 2 hal: 1. Orang yang lapar dapat segera mulai makan. 2. Anda dapat mulai membicarakan bisnis lebih cepat. Pertimbangkan untuk mendapatkan sepiring makanan yang dapat dibagikan dan Anda dapat memilih apa yang ingin mereka makan.

• Jangan memesan makanan yang berantakan. Ini menghambat pertemuan dan dapat mengalihkan fokus Anda dari tamu Anda. Ambil cermin kecil atau kunjungi kamar kecil untuk memastikan tidak ada yang tersangkut di gigi atau pakaian Anda setelah makan! Terlihat bagus dari awal sampai akhir!

• Minum hanya satu atau dua minuman. Ketahui batas Anda. Jika tamu Anda pergi lebih awal, nikmati minuman pencuci mulut untuk menghadiahi diri Anda sendiri setelahnya saat Anda membayar tagihan.

• Instruksikan restoran untuk membawakan Anda tagihan secara diam-diam. Jika memungkinkan, tinggalkan kartu kredit Anda pada nyonya rumah/host dan urus semuanya di belakang layar. Ini akan membuat tamu Anda terkesan.

• Setelah pertemuan makan siang/makan malam, ucapkan terima kasih kepada tamu Anda dan kirimkan email terima kasih kepada mereka keesokan harinya untuk mengonfirmasi apa yang telah didiskusikan dan langkah selanjutnya.

This entry was posted in Bisnis, Informasi, Lifestyle. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.