8 Makanan Untuk Melawan Stres

Di bawah tekanan – apakah itu pekerjaan, studi atau hubungan, kebiasaan diet berubah secara substansial. Beberapa orang kehilangan rasa lapar ketika sedang stres sementara yang lain cenderung makan berlebihan – paling sering makanan berlemak, manis, dan junk food. Selalu menyalahkan stres karena membuat pilihan makanan yang buruk bukanlah pendekatan yang tepat. Faktanya, membuat pilihan makanan yang tepat akan membantu menstabilkan kadar gula darah dan respons emosional Anda. Nutrisi yang baik membantu dalam menyeimbangkan hormon stres Anda, menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati Anda.

Berikut adalah 8 makanan yang harus Anda konsumsi ketika Anda sudah cukup kenyang yang akan menenangkan dan meringankan pikiran Anda.

OATS: Menjadi karbohidrat kompleks, oatmeal menyebabkan otak Anda memproduksi serotonin, bahan kimia yang membuat Anda merasa baik. Serotonin menenangkan Anda dan membuat Anda merasa baik. Oat juga kaya akan beta-glukan, yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan juga membantu dalam manajemen berat badan.

KACANG: Kacang membantu mengisi kembali simpanan Vitamin B yang habis karena stres. Vitamin B membantu kita mengelola respons melawan atau lari dalam stres. Kalium dalam kacang juga membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali sehingga mengurangi ketegangan pada jantung.

SALMON: Makan salmon secara teratur telah dikaitkan dengan pengurangan risiko depresi karena asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya. Ini dapat mengurangi stres dan kecemasan pada individu ketika dimakan bahkan dua kali seminggu.

DAUN HIJAU: Sayuran hijau mengandung folat yang menghasilkan dopamin di otak Anda. Dopamin terlibat dalam pengaturan emosi di otak sehingga membuat Anda tetap bahagia. Selain folat, magnesium dalam sayuran hijau juga membantu menjaga kita tetap tenang dan baik.

BIJI: Biji seperti biji bunga matahari, biji rami, biji semangka, dll memiliki manfaat mengurangi stres. Pembangkit tenaga kecil ini kaya akan magnesium yang mempromosikan sistem saraf yang sehat. Mereka juga penuh dengan triptofan yang merupakan asam amino yang membantu dalam produksi serotonin yang membantu Anda merasa tenang.

Alpukat: Alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, dan folat yang menghilangkan stres. Mereka juga mengandung potasium yang secara alami membantu menurunkan tekanan darah. Ini menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk menghilangkan stres dan kecemasan.

SUSU: Susu mengandung triptofan, asam amino esensial yang merupakan prekursor untuk neurotransmitter Serotonin. Serotonin adalah bahan kimia “merasa baik” yang dikenal untuk meningkatkan relaksasi dan ketenangan dalam diri seseorang. Dan, susu yang diminum dengan karbohidrat lain akan membantu penyerapan triptofan.

LENTIL & KACANG: Menjadi stres dapat merusak kesehatan saraf Anda. Lentil dan kacang-kacangan kaya akan magnesium, folat, dan potasium yang membantu menenangkan saraf, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kesehatan otak.

Para peneliti telah menemukan bahwa makan makanan olahan, makanan manis dan berlemak meningkatkan kemungkinan stres dan depresi. Jadi, sebagai aturan umum, jauhi makanan ini jika Anda ingin meningkatkan mood Anda. Makan makanan yang sehat tidak hanya membantu menjaga berat badan yang sehat tetapi juga membantu menjaga suasana hati agar tetap teratur.

This entry was posted in Informasi, Lifestyle. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.