7 Tips Merencanakan Acara Sekolah

Banyak sekolah merencanakan acara setiap tahun. Ada berbagai acara sekolah termasuk malam open house, pameran sains, karnaval, dan turnamen olahraga.

Acara sekolah seringkali mendukung lingkungan belajar dan kurikulum sekolah. Sekolah sering merencanakan acara seperti pameran sains, pameran budaya, pertunjukan musik, dan pameran seni yang mendukung kurikulum. Mereka adalah acara yang menyenangkan di mana anak-anak dapat meningkatkan pembelajaran dan harga diri mereka. Bahkan merayakan hari kemerdekaan RI juga pasti pernah diadakan di Sekolah, oleh karena itu pentingnya contoh susunan acara 17 agustus dibuat agar acara bisa berjalan baik dan lancar.

Seringkali penggalangan dana dilakukan bersamaan dengan acara sekolah yang dijadwalkan secara rutin. Permainan olahraga dan turnamen memiliki stand konsesi. Acara malam seperti pekan raya sains dapat menambahkan makan malam sebagai acara keluarga dan penggalangan dana yang menyenangkan.

Berikut adalah 7 tips yang perlu diingat ketika merencanakan acara sekolah.

  1. Jadikan acara sekolah Anda menyenangkan atau unik. Bahkan jika itu adalah karnaval atau acara lain yang telah Anda lakukan selama bertahun-tahun, pikirkan hal-hal yang akan membuat lebih banyak siswa dan orang tua bersemangat untuk berpartisipasi.
  2. Acara ambil relawan. Biasanya banyak! Pertimbangkan dengan cermat berapa banyak tenaga kerja yang diperlukan untuk mengadakan acara sekolah yang sedang Anda pertimbangkan.
  3. Setelah menentukan jenis acara, buatlah panitia untuk setiap aspek acara. Misalnya: publisitas, dekorasi, makanan, set-up acara, bersih-bersih, dll.
  4. Lebih baik aman daripada menyesal. Saat merencanakan tanggal acara Anda, waspadai peristiwa yang saling bertentangan. Pastikan acara Anda tidak jatuh pada hari yang sama dengan acara penting lainnya di area tersebut. Jika Anda mengadakan acara di luar ruangan, buatlah rencana darurat untuk cuaca buruk.
  5. Jaga agar biaya acara sekolah Anda tetap rendah! Mintalah orang tua dan pemimpin bisnis untuk menyumbangkan persediaan.
  6. Membayar untuk iklan seperti TV dan papan reklame dapat membuang-buang sumber daya. Hanya sebagian kecil orang yang melihat iklan yang benar-benar akan datang. Banyak kali iklan terbaik adalah dari mulut ke mulut. Gunakan media gratis seperti siaran pers, selebaran yang dikirim ke rumah orang tua, email dan panggilan telepon.
  7. Libatkan sebanyak mungkin kantong sekolah dan komunitas Anda. Misalnya, biarkan setiap kelas, klub sekolah, dan bahkan organisasi masyarakat memiliki stan mereka sendiri. Jika Anda mengadakan acara dengan tiket, biarkan grup komunitas lain menjual tiket dan simpan persentase pendapatan dari tiket yang mereka jual.
This entry was posted in Informasi, Lifestyle, Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.