Manfaat Jagung Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

yellow corn on blue background
Manfaat Jagung Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jagung Yang Baik Untuk Kesehatan TubuhSumber karbohidrat didalam tubuh tidak hanya terdapat didalam beras saja, namun jagung juga bisa menjadi salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi didalam tubuh anda.

Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai salah satu asupan sumber energy yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan karbohidrat inilah yang akan menjadi salah satu sumber tenaga bagi tubuh anda.

Selain kandungan karbohidrat yang tinggi didalam buah jagung, terdapat pula kandungan vitamin dan nutrisi lainnya didalam buah jagung ini.

Maka dari itu, selain sebagai sumber tenaga, jagung juga sangat berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh, dengan manfaat lainnya, karena memiliki beragam vitamin dan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk tubuh anda.

Maka dari itu, jagung bisa menjadi salah satu sumber alternative karbohidrat anda, dan juga sumber asupan vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah jagung yang baik untuk kesehatan tubuh yang bisa anda coba ketahui dan manfaatkan.

Manfaat Jagung Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

  • Meningkatkan kesehatan organ pencernaan

Kesehatan organ pencernaan didalam tubuh bisa diambil manfaatnya bagi anda jika mengkonsumsi jagung secara rutin.

Kandungan serat yang tinggi didalam jagung, secara aktif mampu mengatasi masalah pada pencernaan seperti sembelit, atau gangguan buang air besar lainnya.

Maka dari itu, jika anda mengalami masalah pada organ pencernaan anda, mengkonsumsi jagung bisa menjadi salah satu manfaat alami dalam mengobati masalah sembelit anda.

  • Memperkuat tulang

Selain itu, mengkonsumsi jagung juga sangat bermanfaat dalam menguatkan tulang pada tubuh, didalam buah jagung, terkandung berbagai macam zat seperti fosfor, besi, magnesium, tembaga, dan masih banyak lagi lainnya. Berbagai kandungan mineral inilah yang baik sekali menutrisi tulang anda, agar nantinya kepadatan tulang pun bisa terjaga dengan baik sehingga resiko osteoporosis bisa dicegah dan juga bisa diminimalisir.

  • Mencegah Anemia

Salah satu indikasi tubuh terkena anemia adalah kurangnya tenaga dan juga kepala pusing, dan wajah pucat. Hal ini dikarenakan suplai sel darah merah didalam tubuh berkurang.

Maka dengan mengkonsumsi jagung secara rutin, bisa membantu anda dalam mencegah anemia, karena didalam buah jagung terkandung berbagai macam kandungan vitamin yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B, asam folat , dan berbagai kandungan mineral lainnya yang bisa anda gunakan sebagai salah satu cara pembentukan sel darah merah anda.

  • Menyehatkan mata

Kandungan betakaroten dan juga vitamin A yang sangat tinggi yang ada pada jagung memiliki peranan yang baik untuk menjaga kesehatan mata anda.

Kandungan betakaroten dan vitamin A pada jagung ini, tentu akan sangat bermanfaat menjaga kesehatan organ penglihatan anda menjadi lebih tajam, sehingga resiko akan kerusakan mata bisa diminimalisir.

  • Meningkatkan kinerja organ jantung

Buah jagung memiliki kandungan bioflavonoid, jaretonoid, dan juga kadar vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung anda.

Kandungan vitamin dan mineral inilah yang bisa anda gunakan untuk mengontrol kaar kolesteroljahat dalam darah, dan melancarkan sirkulasi darah, sehingga buah jagung memiliki kandungan yang baik untuk kinerja organ jantung anda.

Itulah beberapa manfaat alami dari buah jagung yang bisa anda petik khasiatnya sebagai salah satu bahan makanan pengganti beras yang memiliki beragam khasiat kesehatan lainnya untuk tubuh.

Semoga bermanfaat sebagai tambahan sumber informasi anda.

Artikel lainnya :

Posted in Informasi | Tagged , , , | Leave a comment

Cara Jitu Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

man in black jacket and white pants
Cara Jitu Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

Cara Jitu Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan – Seperti yang kita ketahui jika melahirkan merupakan sebuah kodrat seorang wanita. Tidak dapat dipungkiri biasanya bentuk perut dan pinggul setelah melahirkan akan terlihat membesar.

Adapun cara yang perlu dilakukan dengan mengganti pola makan sehari-hari menjadi lebih sehat dan teratur. Namun, anda tidak perlu menerapkan diet ketat apalagi hingga ekstrim.

Ada baiknya bila anda tak usah terburu-buru untuk melakukan diet, seperti mengonsumsi obat diet sebagai jalan pintasnya. Meskipun perut buncit memang masalah serius bagi penampilan seorang perempuan.

Akan tetapi, apabila salah dalam program diet justru membahayakan anda dan si buat hati. Untuk itu, kami berikan cara jitu dalam mengecilkan perut buncit setelah melahirkan secara alami di bawah ini.

Cara Jitu Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

1.Sering Menyusui Anak 

Mengecilkan perut seusai melahirkan dapat anda lakukan dengan mudah. Salah satu yang perlu anda terapkan dengan benar yaitu sering menyusui si anak. Dengan begitu lebih aman dibandingkan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Pasalnya rajin menyusui anak terbilang efektif dalam mengecilkan perut secara alami. Ketika anda menyusui, tubuh akan mengeluarkan hormon, sehingga mampu membantu menyusutkan rahim. 

2. Selektif Memilih Makanan

Sebaiknya anda memilih jenis makanan yang tidak mengandung lemak atau gula. Dengan asupan makanan yang baik seperti sayur-sayuran dan buah-buahan akan membantu mengurangi perut buncit anda.

Selain itu, anda perlu menambahkan menu makanan yang banyak memiliki kandungan serat dan mineral demi kesehatan tubuh anda dan bayinya. Jika anda bingung, maka bisa berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter.

3. Sering Makan Dengan Porsi Sedikit

Mengurangi porsi makan anda setelah melahirkan tentu dapat mengecilkan perut. Setidaknya anda makan dalam porsi yang sedikit, namun harus dilakukan lebih sering. Misalnya makan 4 atau 5 kali pada setiap harinya.

Di samping itu, penuhi kebutuhan nutrisi anda agar si buah hati juga tetap sehat. Jangan sampai anda diet tanpa memenuhi 4 sehat 5 sempurna.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Air yang berguna untuk melarutkan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh, tentunya sangat baik untuk kesehatan anda. Selain itu, ait mampu melancarkan sistem pencernaan secara maksimal.

Nah, alangkah baiknya jika sebelum makan ada minum air putih cukup beberapa teguk saja. Hal ini bertujuan agar anda merasa cepat kenyang  sebelum makanan masuk ke dalam mulut.

5. Menggunakan Korset

Memang tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk menggunakan korset atau stagen agar proses mengecilkan perut bisa lebih cepat.

Cara ini termasuk cara tradisional yang hingga sekarang masih seringkali dipakai oleh para ibu setelah melahirkan. Pasalnya menggunakan korset maka perut akan sedikit tertekan sehingga perut buncit dapat segera mengecil secara alamiah.

6. Berolahraga

Melakukan olahraga secara teratur juga dapat membantu dalam membakar lemak pada tubuh. Selain itu, juga mampu mengencangkan otot perut yang kendur. Namun, olahraga yang anda lakukan harus bersifat ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau senam.

Jangan sekali-kali mencoba berolahraga yang berat, karena dapat membahayakan diri anda sendiri dan si buah hati.

Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya : Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid

Posted in Informasi | Tagged , , , | Leave a comment

Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid

white and brown stone on white sand
Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid

Cara Alami Mengatasi Nyeri HaidHaid merupakan siklus rutin bulanan yang terjadi pada setiap wanita yang sudah dewasa. Namun umumnya pada setiap wanita yang mengalami haid, akan merasakan nyeri terutama pada bagian perut dan juga pinggang.

Hal ini diakibatkan karena proses peluruhan sel darah merah didalam rahim, yang akan mengakibatkan efek nyeri pada bagian perut. Nyeri haid normal adanya, jika terjadi tidak secara terus menerus selama masa menstruasi. Biasanya nyeri karena haid ini, terjadi pada saat haid di hari pertama sampai ketiga, dimana proses peluruhan darah kotor ini sedang berada dalam puncaknya.

Antara wanita satu dengan lainnya, berbeda intensitas nyeri pada saat haid, ada yang sakit hanya sedikit saja, hingga merasakan nyeri yang sangta hebat dan bisa mengganggu aktivitas sehari – hari.

Biasanya rasa nyeri ini menjalar penuh keseluruh perut, disertai dengan perasaan mulas, hingga ada juga yang mengalami diare bahkan sembelit. Untuk mengatasi nyeri haid ini, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara alami. Berikut adalah beberapa cara alami mengatasi nyeri haid yang bisa anda coba lakukan.

Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid

  • Perbanyak konsumsi zat besi

Yang pertama adalah anda mesti memperbanyak mengkonsumsi zat besi. Zat besi inilah yang akan membantu dalam produksi sel darah merah. Karena pada saat haid, tubuh akan banyak mengeluarkan sel darah kotor, sebagai penggantinya,maka asupan zat gizi yang cukup sangat diperlukan oleh anda yang sedang dalam masa haid.

Selain itu, zat besi juga bisa menghindari anda dari resiko nyeri dan anemia yang terjadi pada tubuh anda. beberapa makanan yang baik dengan kandungan zat besi yang tinggi seperti misalnya bayam,kacang – kacangan, ubi rambat merah dan masih banyak lagi lainnya.

  • Menggunakan ramuan air asam jawa

Didalam air asam jawa, terkandung potassium yang tinggi, dimana air asam jawa ini akan sangat baikkhasiatnya untuk mepercepat proses peluruhan sel endometrium, dan mampu meredakan kontraksi yang berlebihan pada otot rahim.

Selain itu, terdapat pulaefek astringent yang bisa meredakan efek panas yang terjadi di perut selama masa anda sedang haid.

  • Menggunakan ramuan kunyit

Didalam kunyit, terdaat kandungan yang mampu secara efektif membantu proses detoksifikasi dan juga bisa membantu peluruhan di dinding andometrium menjadi lebih mudah, sehingga lebih bersih dan melancarkan proses haid.

Sehingga nantinya anda tidak mengalami kontraksi yang berlebihan pada saat terjadi nyeri haid. Anda bisa merebus kunyit dan menyaringnya, lalu meminum airnya secara teratur, agar nyeri haid bisa tertangani.

  • Menggunakan lengkuas

Lengkuas juga memiliki khasiat yang sama seperti halnya kunyit dan juga air asam jawa dalam mengatasi nyeri haid secara baik. Cara pengolahannya pun cukup sederhana dan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan lengkuas sebesar potongan inu jari, kemudian tambahkan kunyit dan ketumbar, kemudian rabus semua bahan, dengan ditambahkan tanaman meniran kedalamnya, hingga airnya tinggal setengah saja, kemudian minum airnya secara rutin pagi dan juga sore hari dua kali dalam sehari.

Demikian beberapa cara alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi nyeri haid. Selain itu, pada saat sedang haid, ada baiknya untuk tidak terlalu memforsir tenaga anda, dan istirahat dengan cukup. Semoga bermanfaat.

Posted in Informasi | Tagged , , , | Leave a comment

Hello world!

Welcome to Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

Posted in Uncategorized | 1 Comment