5 Fenomena Alam yang Menggemparkan Penduduk Bumi

Fenomena alam yang terjadi di bumi terkadang kerap menggegerkan penduduk bumi. Mungkin jika kejadian tersebut hanya berupa, banjir, tanah longsor, atau gempa, hal tersebut sudah dianggap biasa. Namun, apa jadinya jika fenomena tersebut baru pertama kali dijumpai oleh penduduk bumi? Pastinya, banyak orang yang menganggap itu suatu keanehan, keunikan, keajaiban, atau suatu misteri Tuhan. Inilah beberapa kejadian alam yang berhasil membuat penduduk bumi kaget bukan kepalang. Berikut ini informasinya.

Fenomena alam terbaru yang diramalkan bakal terjadi di tahun ini adalah hujan meteor persids dan geminids. Para ahli mengatakan bahwa fenomena langit yang akan terjadi ini adalah hujan meteor terbesar yang mungkin pernah terjadi di bumi. Diperkirakan, dalam waktu sejam, bumi akan dijatuhi 60 meteor. Bisakah Anda membayangkannya? Tentunya, fenomena ini akan terjadi pada malam hari sehingga Anda pun harus bersiap-siap ketika ingin menyaksikan kejadian langka tersebut. Untuk waktunya, hujan meteor persids diperkirakan terjadi pada pertengahan bulan Agustus. Sedangkan, hujan meteor geminids diperkirakan akan terjadi pada pertengahan bulan Desember. Nah, bagi Anda yang penasaran ingin menyaksikan hujan meteor, Anda hanya tinggal menunggunya dalam hitungan bulan.

Selain itu, kejadian alam yang diperkirakan terjadi di tahun ini adalah gerhana bulan total dan gerhana matahari setengah. Jangan khawatir, gerhana total ini tidak terjadi di negara Indonesia, melainkan di belahan Amerika. Menurut para ahli, gerhana bulan total telah terjadi pada bulan April lalu. Gerhana tersebut dirasakan penduduk Amerika Utara, Selatan, dan Austria. Sedangkan gerhana matahari setengah diprediksikan akan terjadi pada bulan Oktober tahun ini. Gerhana matahari setengah tersebut akan terjadi di wilayah Amerika, khususnya Amerika Utara dan Tengah.

Tentunya, bukan hanya kejadian di atas saja yang bisa mencengangkan penduduk dunia. Tetapi, ada juga fenomena yang masih membuat orang tak bisa berkata-kata. Padahal, fenomena tersebut sudah terjadi beberapa waktu yang lalu. Fenomena alam gaib terjadi pada saat Gunung Merbabu di kawasan Kediri, Jawa Timur meletus. Pada saat gunung tersebut meletus dibarengi dengan kilatan petir yang membentuk huruf “A”. Abunya pun berbentuk seperti kepala 2 hewan yang sedang beradu. Banyak yang mengatakan bahwa fenomena tersebut adalah bentuk peringatan Tuhan. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa fenomena tersebut hanya kebetulan saja.

Masih ada lagi fenomena lain yang tak kalah menggegerkan penduduk dunia. Fenomena alam aneh kali ini terjadi Jepang. Pada waktu itu, di Jepang pernah terjadi hujan katak. Bisakah Anda membayangkannya? Penduduk setempat mengatakan, mereka sempat mendengar suara aneh ketika hujan mengguyur. Saat mereka melihat keluar, ternyata hujan tersebut dibarengi dengan kecebong-kecebong yang sudah dalam keadaan mati. Menurut ahli, kecebong tersebut bisa muncul akibat dibawa oleh angin yang berhembus kencang. Namun, tetap saja kejadian tersebut mencengangkan warga Jepang.

Terakhir, kejadian alam aneh juga sempat terjadi di China. Penduduk negara tirai bambu tersebut pernah dikagetkan dengan kemunculan 4 matahari pada pagi hari. Alhasil, penduduk China pun dibuat geger karena kejadian tersebut. Warga pun berbondong-bondong melihat peristiwa langka tersebut. Menurut para ahli, peristiwa alam 4 matahari tersebut bisa terjadi karena dampak atmosferik dari matahari. Kemudian, fenomena unik di China itupun dikenal dengan nama Sun Dog karena bentuk matahari menyerupai kaki-kaki anjing. Semoga informasi tentang fenomena alam di atas bisa menambah pengetahuan para pembacanya.

This entry was posted in Wisata dan Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply