Lima Langkah untuk Mendandani Resume Telanjang Anda Dengan Surat Pengantar yang Sempurna

Apakah Anda mengenakan pakaian untuk wawancara kerja terakhir Anda? Pertanyaan konyol, bukan? Meskipun tidak terpikirkan untuk datang telanjang ke sebuah wawancara, Anda pada dasarnya melakukan kesalahan yang sama ketika Anda mengirim resume Anda ke calon majikan tanpa disertai dengan surat lamaran yang ditulis dengan baik.

Tiga Kebenaran Tak Terbantahkan Tentang Surat Pengantar

Apakah kita sedang berbicara tentang surat lamaran atau setelan wawancara terbaik Anda, tiga kebenaran yang tak terbantahkan berlaku.

Pertama, seperti setelan wawancara yang baik, surat lamaran sangat penting. Anda bisa mempercantik sampul lamaran Anda dengan referensi dari beberapa contoh sampul laporan word. Pada titik tertentu dalam hidup Anda sebelum Anda memulai karir Anda, orang bijak menyarankan Anda untuk membeli setelan bisnis yang berkualitas. Dan Anda melakukan hal itu. Di suatu tempat di lemari Anda tergantung setelan hitam, biru tua, atau abu-abu yang telah Anda pesan untuk wawancara. Tidak ada majikan yang perlu memberi tahu kandidat rasional bahwa pakaian profesional diharapkan untuk wawancara. Bahkan di industri kreatif, dapat dipahami bahwa kandidat harus mengenakan setelan bisnis, meskipun lebih banyak kebebasan diberikan untuk pilihan warna dan gaya daripada di bidang tradisional yang konservatif. Demikian pula, kecuali jika pengumuman pekerjaan menunjukkan sebaliknya, calon pemberi kerja mengharapkan bahwa pelamar akan memberikan surat pengantar. Meskipun pengumuman tersebut mungkin tidak secara eksplisit menyatakan bahwa surat lamaran lebih disukai, selalu merupakan praktik yang baik untuk menyertakannya jika tidak ada alasan lain selain untuk menunjukkan seberapa efektif Anda dapat mengomunikasikan ide dan pemikiran Anda secara tertulis.

Kedua, surat lamaran melengkapi resume Anda. Salah satu tujuan dari setiap wawancara adalah untuk memproyeksikan sikap percaya diri dan penampilan yang halus. Dalam persiapan untuk wawancara Anda, setelan jas Anda harus dibersihkan, keliman diperbaiki, dan kancing yang longgar diamankan. Anda juga dapat mengkanji kemeja atau blus dan menyemir sepatu Anda. Untuk melengkapi ansambel Anda, Anda harus hati-hati memilih aksesori yang sempurna, mungkin jam tangan emas, kalung mutiara, atau atase kulitĀ“. Sama seperti aksen yang tepat dapat meningkatkan pakaian wawancara Anda, demikian juga, surat lamaran yang ditulis dengan baik dapat menambah daya tarik resume Anda. Saat Anda menata lemari pakaian Anda untuk wawancara mendatang, Anda tidak akan berencana untuk mengenakan dua kemeja, dua jas, dan dua celana. Demikian juga, surat lamaran Anda tidak boleh hanya menjadi duplikasi informasi yang disertakan dalam resume Anda. Pikirkan surat lamaran Anda sebagai sapuan kuas akhir pada sebuah mahakarya lukisan.

Ketiga, surat lamaran disesuaikan. Setelan wawancara Anda disesuaikan agar pas dengan Anda. Celananya tidak terlalu pendek dan lengan jaketnya juga tidak terlalu panjang. Anda dapat meminjamkan setelan jas Anda kepada seorang teman, tetapi setelan itu tidak akan terlihat begitu indah untuknya karena telah disesuaikan untuk Anda. Dengan cara yang sama, surat pengantar yang paling efektif tidak dibaca seolah-olah dapat memuat semua posisi. Sebaliknya, mereka diindividualisasikan agar sesuai dengan posisi spesifik yang dilamar pelamar. Dengan kata lain, jika Anda mengirimkan resume Anda untuk sepuluh posisi berbeda, Anda perlu menulis sepuluh surat pengantar yang berbeda. Tidak ada yang menandakan etos kerja yang dipertanyakan lebih kepada pemberi kerja potensial daripada menerima surat pengantar generik pemotong kue di mana tampaknya pemohon tidak lebih dari mengubah tanggal dan memotong dan menempelkan informasi kontak penerima.

Rumus COVER untuk Menulis Surat Pengantar

Menulis surat lamaran yang sempurna tidak harus menjadi cobaan berat. Bahkan, bisa semudah mengeja C-O-V-E-R. COVER adalah akronim untuk pendekatan lima langkah paragraf demi paragraf yang dapat Anda gunakan untuk menulis surat lamaran yang efektif. Selama beberapa halaman berikutnya, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat menggunakan rumus COVER dan pengumuman untuk posisi yang Anda lamar sebagai panduan praktis untuk membuat pelengkap sempurna untuk resume Anda.

Untuk mengilustrasikan cara kerjanya, kami akan menggunakan pengumuman pekerjaan aktual yang baru-baru ini diposting di situs pekerjaan online populer. Posisi entry level adalah untuk asisten sumber daya manusia di sebuah perusahaan konsultan Atlanta yang, untuk tujuan artikel ini, akan kami sebut sebagai ABC Consulting. Asumsikan Anda telah membaca pengumuman pekerjaan dan ingin melamar posisi tersebut. Resume Anda sudah siap. Sekarang, mari kita menulis surat lamaran!

Langkah Satu: Kembangkan KONEKSI di paragraf pertama. C dalam rumus COVER adalah singkatan dari connection. Langkah pertama dalam membuat surat lamaran yang sempurna adalah membuat koneksi di paragraf pertama. Ketika Anda diperkenalkan kepada seseorang, Anda terlibat dalam percakapan untuk mengenal orang itu lebih baik dan menemukan kesamaan Anda berdua. Prinsip yang sama berlaku ketika memupuk hubungan yang otentik dengan calon pemberi kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *