Cara Mencadangkan iPhone ke Komputer

Sekarang sudah lebih dari lima tahun sejak iPhone merevolusi ponsel dan cara kita berkomunikasi. Banyak yang telah berubah sejak saat itu; namun, batasan mendasar yang diberlakukan oleh Apple terhadap transfer data iPhone ke komputer tetap ada. Artikel ini membahas cara untuk mencadangkan iPhone ke komputer yang menghindari pembatasan Apple.

Cadangkan kontak iPhone ke PC:

Dengan kedatangan iCloud, lebih mudah dari sebelumnya untuk mentransfer kontak iPhone antara beberapa perangkat dalam menyimpan kontak iPhone di server Apple. Tetapi bagaimana jika Anda ingin membuat cadangan offline yang aman dari daftar kontak Anda yang disimpan jauh dari server perusahaan pihak ketiga? Bagaimana cara mencadangkan kontak iPhone langsung ke PC Anda?

Yah, jawabannya tidak sesederhana itu pada awalnya karena ada lusinan, jika bukan ratusan, aplikasi yang menjanjikan untuk melakukan semacam impor, ekspor, transfer, atau cadangan kontak iPhone. Anda dapat menggunakan iTunes dan menyelaraskan kontak iPhone ke Kontak Windows Anda. Namun, ini membutuhkan sinkronisasi iPhone Anda dengan iTunes. Jika perpustakaan iTunes Anda sebelumnya tidak disinkronkan dengan iPhone Anda, Anda berisiko musik iPhone Anda dihapus oleh iTunes.

Baru-baru ini, saya menemukan beberapa program pihak ke-3 yang menawarkan untuk mengelola kontak iPhone Anda dan, di antara fitur lainnya, dapat membantu Anda mentransfer dan mencadangkan kontak iPhone ke lokasi lain seperti iPhone baru atau langsung ke folder di PC Anda.

Berikut adalah ikhtisar singkat dari program pertama yang sedang beraksi yang disebut Kontak CopyTrans.

Program ini mengharuskan Anda memiliki PC Windows, jika Anda menggunakan Mac atau tidak ingin menggunakan komputer sebagai perantara untuk mem-backup data iPhone Anda, gulir lebih jauh ke bawah. Hubungkan iPhone Anda ke PC Anda setelah itu kontak Anda akan muncul.

Anda hanya perlu memilih kontak iPhone Anda dari jendela program dan drag/drop mereka ke folder di komputer Anda. Kontak iPhone Anda akan ditransfer dalam bentuk file *.vcf di dalam folder itu. Anda nanti dapat menggunakan file-file ini dan mengembalikannya ke iPhone Anda, jika Anda perlu atau bahkan ke iPhone lain.

Ada sejumlah cara alternatif untuk mentransfer kontak iPhone yang menampilkan komputer Anda sebagai perantara, atau langsung melalui perangkat iPhone Anda. Misalnya, My Contacts Backup akan mengirim kontak iPhone lama Anda ke akun email Anda dari mana Anda dapat memulihkannya di iPhone baru Anda.

Jika Anda ingin membawa semua kontak Anda dari berbagai akun online seperti Facebook, LInkedIn, Email, dll, ke iPhone Anda, Anda dapat menggunakan Kontak Smartr.

Kontak yang lebih pintar akan mengunggah data kontak Anda dari berbagai akun sosial dan online Anda ke server mereka dan menampilkan semua data yang digabungkan dalam aplikasi mereka yang dirancang untuk berjalan di iPhone Anda.

Menyinkronkan kontak dan data iPhone lainnya ke akun Google Anda melalui Google Sync

Cara populer untuk mencadangkan data online Anda, setidaknya bagi mereka yang memiliki akun Google adalah melalui Google Sync. Jika Anda tidak memiliki akun Google, Anda dapat dengan mudah membukanya. Sinkronisasi Google mudah diatur di iPhone Anda dan akan menyinkronkan Kontak, Email, dan Kalender Anda ke akun Google Anda.

Anda dapat menyelaraskan kontak iPhone Anda melalui sinkronisasi iTunes dengan memilih opsi “Kontak Google” di “Sinkronkan Kontak dengan” di bawah tab “Info”.

Bagi mereka yang ingin menghindari sinkronisasi iTunes, cara termudah adalah menggunakan Google Sync langsung di iPhone mereka. Untuk melakukannya, cukup atur akun Exchange dengan masuk ke Pengaturan > Mail, Kontak, Kalender > Tambah Akun > Microsoft Exchange.

Cukup ikuti wizard pengaturan di mana Anda harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi Google Anda selain server seluler Google (m.google.com).

Menyinkronkan kontak iPhone di beberapa perangkat menggunakan iCloud

Bagi mereka yang tidak keberatan mengunggah info kontak mereka di server Apple; ingatlah jika Anda adalah penggila privasi yang menyimpan data mereka secara offline, Anda mungkin tidak menikmati ini, Apple telah mengembangkan platform berbasis Cloud yang agak praktis untuk berbagi kontak iPhone, kalender, foto, dan bahkan musik di semua perangkat iOS Anda yang disebut hanya iCloud.

Semua perangkat iOS seperti iPod Touch, iPhone, dan iPad yang berjalan di iOS 5+ secara otomatis kompatibel dengan iCloud. Untuk mengaktifkan iCloud di iPhone Anda, Anda harus terlebih dahulu mengatur ID Apple. ID Apple biasanya mengharuskan Anda memberikan informasi kartu kredit Anda.

Selanjutnya, aktifkan iCloud di iPhone Anda dengan menavigasi ke Pengaturan> iCloud dan memasukkan ID Apple dan kata sandi Anda.

Terakhir, pilih data apa yang ingin Anda sinkronkan antara iPhone dan akun iCloud Anda.

Ini adalah beberapa cara mudah untuk mencadangkan iPhone ke komputer yang menghindari batasan iTunes dan Apple, tergantung pada apakah Anda ingin mencadangkan kontak iPhone atau mentransfer musik dan aplikasi iPhone. Sebagai tambahan informasi berguna, silahkan simak iphone garansi internasional adalah pada website dyp.im.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *