Apa itu Curriculum Vitae?

Daftar riwayat hidup adalah sejarah singkat pengalaman pribadi, pendidikan dan profesional, diperoleh selama periode kehidupan. Kesan pertama adalah bahwa itu membuat majikan memanggil Anda untuk wawancara atau tidak.

Begitu juga jika Anda memiliki curriculum vitae, bukan berarti Anda akan mendapatkan pekerjaan, namun ringkasan karir yang baik dapat memberikan undangan untuk wawancara. Daftar riwayat hidup harus dianggap sebagai brosur promosi di mana Anda menulis kualitas profesional Anda dan apa yang Anda capai sejauh ini. Ringkasan fakta yang baik menggambarkan nilai yang dapat membuat Anda dipekerjakan.

Gaya yang paling umum adalah kronologis dan fungsional. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal penyajian informasi. Gaya ketiga adalah kombinasi, kompromi antara keduanya, menjadi lebih populer dalam beberapa tahun terakhir. Kami memberikan deskripsi singkat tentang tiga gaya untuk memilih salah satu yang cocok untuk Anda

  • Yang kronologis berfokus pada pengalaman profesional. Riwayat pekerjaan disajikan dalam urutan kronologis terbalik, sehingga di awal daftar adalah pekerjaan terbaru. Sebuah riwayat hidup kronologis menarik perhatian untuk setiap periode tidak aktif, yang dapat menyebabkan pertanyaan tentang subjek. Juga, itu akan mengungkapkan, dengan beberapa perkiraan, usia dan sifat pengalaman profesional.
  • Daftar riwayat hidup fungsional memiliki format non-linier, yang dapat menjelaskan keterampilan dan prestasi dengan baik. Riwayat pekerjaan diringkas atau dihindari. Keterampilan dan pengalaman disajikan sejak awal riwayat hidup Anda. Mereka diatur sehingga orang yang membaca dapat memutuskan apakah keterampilan pelamar paling cocok untuk tempat kerja. Gaya fungsional bisa sangat efektif dalam situasi di mana ada lebih banyak pekerjaan serupa, karena menghindari informasi yang berlebihan tentang pengalaman profesional.
  • Gaya gabungan sebenarnya merupakan ringkasan fungsional termasuk sejarah singkat pekerjaan. Pada awalnya tercantum keterampilan dan prestasi, diikuti oleh sejarah rute profesional. Gaya seperti itu akan menghilangkan keraguan majikan tentang pengalaman nyata.

Gaya elektronik dapat ditransmisikan melalui Internet atau surat elektronik. Sistem apa pun memungkinkan lampiran email dari dokumen yang diterbitkan di Word atau perangkat lunak pengeditan lainnya. Ada berbagai pilihan file download template cv word di internet.

Curriculum vitae pada saat yang sama adalah contoh keterampilan komunikasi dan organisasi, yang dapat disorot jika, saran berikut:

  • Perlu diingat bahwa pemberi kerja memiliki beberapa tanggung jawab, jadi menulis daftar riwayat hidup yang panjang merupakan kesalahan. Itu harus memiliki satu halaman, maksimal dua halaman jika benar-benar diperlukan, untuk menggambarkan pengalaman.
  • Hindari paragraf yang lebih panjang dari enam baris. Jika itu memberikan informasi ringkasan, ada peluang untuk dibaca oleh majikan.
  • Letakkan bukti pengalaman profesional.

Jujur. Pemalsuan dapat dilacak dengan mudah .Bahkan jika distorsi informasi tentang keterampilan dan kinerja dapat memberikan keberhasilan pertama dalam pekerjaan, Anda mungkin akan kehilangan pekerjaan di kemudian hari.

Periksa ekspresi gramatikal, yang berarti Anda tidak hanya tahu bahasanya, tetapi juga memperhatikan detail.

Sangat berguna untuk menyebutkan situs pribadi atau hobi hanya dalam situasi di mana aspek-aspek ini diperlukan.

Membuat daftar riwayat hidup yang baik tidaklah sulit. Terserah Anda untuk melihat apa yang terbaik untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *