Berita Terbaru Kampus UAJY.ac.id

Mengenal Pendidikan Kesehatan Dan Olahraga

Posted: March 15th 2019

Mengenal Pendidikan Kesehatan Dan Olahraga! – Setiap siswa mempunyai ketertarikan tersendiri akan setiap mata pelajaran yang ada di sekolah. Ada siswa-siswa yang menyenangi pelajaran eksak, ada pula yang menyukai pelajaran sosial, ada juga sebagian siswa yang menonjol di bidang seni dan juga siswa-siswa yang tertarik di bidang olahraga. Minat dan bakat anak di bidang olahraga biasanya sudah dapat dilihat dari sejak dini. Siwa-siswa yang terampil di bidang olah raga akan gemar melakukan banyak olahraga maupun cabang-cabang olahraga tertentu, baik itu olahaga permainan secara berkelompok maupun olahraga yang dilakukan secara individu. Sebaiknya sebagai orangtua Anda mengetahui minat dan bakat anak Anda sejak dini, agar dapat diarahkan sesuai dengan minat anak masing-masing.

Jika anak telah memiliki minat tehadap olahraga telah terlihat sejak dini, tidak ada salahnya orangtua membekali putra putrinya dengan mengikuti latihan tambahan atau les sehingga anak-anak akan lebih mahir terhadap olahraga tersebut. Anda dapat mencari terlebih dahulu guru les dari dalam sekolah maupun luar sekolah yang dapat membimbing putra dan putri Anda agar lebih terampil dalam suatu cabang olahraga tertentu. Misalnya les berenang, basket maupun softball. Sebelumnya tanyakan terlebih dahulu jadwal latihannya agar Anda dapat mengantisipasi agar anak-anak Anda tidak terlalu keletihan dalam melakukan aktivitasmya.

Selain memberikan pelajaran tambahan atau les, putra dan putri Anda dapat dimasukan dalam sebuah klub olahraga. Disana putra dan putri Anda dapat berkumpul dengan teman-teman yang memiliki minat yang sama. Dengan memiliki minat yang sama maka akan putra putri Anda akan lebih semangat dalam belajar, mempunyai daya saing dan lebih termotivasi dalam belajar. Selain mendapatkan pendidikan kesehatan dan olahraga yang didapatkan di sekolah, jika bergabung didalam sebuah klub biasanya siswa-siswinya akan diikutsertakan dalam sebuah kompetisi atau pertandingan.

Dengan seringnya mengikuti pertandingan tentu akan banyak menambah pengalaman dan rasa percaya diri dalam melakukan olahraga tersebut. Lawan-lawan didalam suatu pertandingan tentu mempunyai tingkat keterampilan yang berbeda sehingga siswa dapat belajar dari teknik dan strategi lawannya.Hal ini dapat menambah perbendaharaan tehnik, strategi dan keterampilan dalam cabang olahraga tertentu. Dengan sering mengikuti kompetisi rasa percaya diri akan lebih terpupuk untuk berani tampil di depan umum. Motivasinya untuk dapat memenangkan pertandingan juga baik sehingga memacu ketekunan untuk terus belajar dari segi teori maupun praktek. Ketika telah memenangkan pertandingan, tentu akan menjadi motivasi untuk terus dapat memenangkan pertandingan.

Kini ada banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan pendidikan kesehatan dan olahraga. Siswa-siswa yang mempunyai niat sungguh-sungguh dapat belajar dengan benar, baik berupa teori yang benar maupun praktek olahraga yang sesuai dengan semestinya. Dengan demikian cabang olahraga yang diminati akan dapat lebih diperdalam dan dipelajari dengan benar. Olahraga yang dipelajari terdapat juga olahraga yang dapat dijadikan terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Sehingga jurusan ini juga sangat penting karena mempelajari cara-cara terapi olahraga.

Profesi yang menjanjikan juga akan didapat yaitu sebagai pendidik olahraga, sebagai pelatih ataupun sebagai atlet.  Semakin hari semakin banyak orang yang memilih jurusan  pendidikan kesehatan dan olahraga. Kini semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan. Olahraga bukan hanya sebagai gaya hidup atau lifestyle namun juga sebagai kebutuhan. Oleh karena itu profesi bukan hanya sebatas kerja kantoran. Menjadi profesional dalam olahraga merupakan hal yang menjadikan. Anda sebagai orangtua selayaknya mendukung minat putra dan putri Anda sejak dini.


Comments are closed.

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php