Berita Terbaru Kampus UAJY.ac.id

Cara Membuat Game Multipemain dalam Kesatuan!

Posted: December 10th 2018

Cara Membuat Game Multipemain dalam Kesatuan! Dalam tutorial ini kita akan membuat demosederhana untuk mempelajari cara menggunakan fitur Unity multiplayer. Game kamiakan memiliki satu adegan di mana kami akan menerapkan Space Shootermultiplayer. Dalam beberapa pemain demo kami dapat bergabung dengan game yangsama untuk menembak musuh yang secara acak muncul.

Game multipemain

Membuat proyek dan mengimpor aset

Sebelum memulai membaca artikel terbaru ini tentang cara membuat game, Anda perlu membuatproyek Unity baru dan mengimpor semua sprite yang tersedia melalui kode sumber.Untuk melakukan itu, buat folder bernama Sprite dan salin semua sprite kefolder ini. Unity Inspector secara otomatis akan mengimpornya ke proyek Anda.

Namun, beberapa sprite itu ada di spritesheets, seperti spritesheets musuh, dan mereka harus diiris. Untuk melakukan itu, kita perlu mengatur Sprite Mode sebagai Multiple dan membuka Editor Sprite. Di Editor Sprite (ditunjukkan di bawah), Anda perlu membuka menu irisan dan klik di tombol Slice, dengan jenis irisan sebagai otomatis. Akhirnya, tekan berlaku sebelum menutup.

Kanvas latar belakang

Hal pertama yang akan kita lakukan adalah membuat kanvaslatar belakang untuk menampilkan gambar latar belakang. Kita dapat melakukannyadengan membuat Gambar baru di Hirarki, dan secara otomatis akan membuat Kanvasbaru dan ganti namanya menjadi togel hongkong terpercaya.

Di BackgroundCanvas, kita perlu mengatur Render Mode menjadi Screen Space – Camera (ingat untuk melampirkan Kamera Utama Anda ke sana). Kemudian, kita akan mengatur Mode Skala UI untuk Skala Dengan Ukuran Layar. Dengan cara ini, Kanvas akan muncul di latar belakang, dan bukan di depan objek lainnya.

Pengelola jaringan

Untuk memiliki permainan multi-pemain, kita memerlukan GameObject dengan komponen NetworkManager dan NetworkManagerHUD, jadi mari kita buat satu. Objek ini akan bertanggung jawab untuk mengelola untuk menghubungkan klien yang berbeda dalam permainan dan menyinkronkan objek permainan di antara semua klien. Manajer Jaringan HUD menunjukkan HUD sederhana bagi para pemain untuk terhubung ke permainan.

Dalam tutorial ini kita akan menggunakan opsi LAN Host danLAN Client. Game multi-pemain persatuan berfungsi dengan cara berikut, pertama,pemain memulai permainan sebagai tuan rumah dengan memilih LAN Host. Sebuahhost berfungsi sebagai klien dan server pada saat yang bersamaan. Kemudian,pemain lain dapat terhubung ke host ini dengan sebagai klien. Klien berkomunikasi dengan server, tetapi tidak mengeksekusi kodeserver saja. Jadi, untuk menguji permainan, kami akan membuka dua contoh, satu sebagai Host dan yang lain sebagai Klien.

Namun, Anda tidak dapat membuka dua contoh permainan diEditor Kesatuan. Untuk melakukannya, Anda perlu membangun gim dan menjalankaninstance pertama dari file yang dapat dijalankan yang dihasilkan. Instancekedua dapat dijalankan dari Unity Editor (di Mode Play).

Bagaimana Cara Membuat Game Multipemain?

Untuk membangun gim Anda, Anda perlu menambahkan gim Permainan ke dalam gim. Jadi, buka File -> Build Settings dan tambahkan adegan Game untuk dibuat. Kemudian, Anda dapat menghasilkan dan mengeksekusi file dan menjalankannya dengan mengklik File -> Build & Run. Ini akan membuka jendela baru dengan game. Setelah melakukan itu, Anda dapat masuk ke Play Mode di Unity Editor untuk menjalankan game kedua. Inilah yang akan kita lakukan setiap kali kita perlu menguji game multipemain.

Pergerakan kapal

Sekarang kita memiliki NetworkManager, kita bisa mulaimembuat objek game yang akan dikelola olehnya. Yang pertama akan kita buatadalah kapal pemain. Untuk saat ini, kapal hanya akan bergerak secarahorizontal di layar, dengan posisinya sedang diperbarui oleh NetworkManager.Kemudian, kita akan menambahkan kemampuan untuk menembak peluru dan menerimakerusakan.

baca juga: Cara Mendapatkan Hasil Maksimal dari Life Is Strange 2!

Jadi, pertama-tama, buat GameObject baru yang disebut Ship dan menjadikannya prefab. Gambar di bawah menunjukkan komponen prefab Kapal, yang akan saya jelaskan sekarang. Agar objek permainan dikelola oleh NetworkManager, kita perlu menambahkan komponen NetworkIdentity ke dalamnya. Selain itu, karena kapal akan dikendalikan oleh pemain, kita akan mengatur kotak centang Local Player Authority untuk itu.


Comments are closed.

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php