Bercita-cita Kuliah di Singapura? Berikut Perkiraan Biaya Hidup yang Perlu Kamu Tahu

Bercita-cita Kuliah di Singapura? Berikut Perkiraan Biaya Hidup yang Perlu Kamu Tahu

sumber : pexels.com

Singapura menjadi salah satu negara tujuan untuk menempuh pendidikan. Tidak heran sebab Singapura merupakan negara maju di Asia tenggara yang memiliki sarana pendidikan yang mumpuni. Termasuk di tingkat perguruan tinggi ada beberapa kampus unggulan. Seperti mahasiswa asal Indonesia juga cukup banyak di negara berlambang singa tersebut.

Jadi penasaran berapa biaya kuliah dan biaya hidup menjadi mahasiswa di Singapura. Berikut rincian perkiraan biaya hidup dan biaya kuliah di Singapura:

  • Biaya Kuliah

Pertama dan paling harus diketahui adalah biaya kuliah yang dikeluarkan ketika kuliah di Singapura. Ternyata besarannya berbeda di setiap universitas dan tingkat gelar yang diambil. Perkiraannya dibutuhkan sekitar 300 hingga 600 jutaan per tahun untuk strata satu. Sedangkan untuk program magister non medis berkisar antara 300 hingga 500 jutaan per tahun. Berbeda dengan jurusan medis program magister diperkirakan antara 500 hingga 900 jutaan.

  • Biaya Akomodasi

Setelah biaya kuliah, dana terbesar yang harus dikeluarkan adalah akomodasi atau tempat tinggal. Luas negara yang terbatas membuat harga properti di negara ini cukup mahal. Bahkan untuk sewa sebuah kamar di rumah flat buatan pemerintah harus membayar minimal SD 500 atau sekitar 5 jutaan. Jika ingin membayar murah, mahasiswa bisa menggunakan fasilitas asrama kampus harganya berkisar SD 210 – SD 570 atau 2 hingga 5 jutaan.

  • Biaya Makan

Meski termasuk kota perdagangan, kamu bisa makan enak dengan biaya murah di Singapura. Tentu saja tergantung tempat makan dan menu yang dipilih. Makanan termurah sekitar SD 4 atau sekitar Rp 40 ribu. Jika kamu ingin lebih berhemat bisa masak makanan sendiri.

  • Biaya Transportasi

Selanjutnya biaya transportasi yang pasti kamu butuhkan untuk menempuh perjalanan dari tempat tinggal ke kampus dan tempat lain. Tarif transportasi umum di Singapura termasuk murah, dalam sekali perjalanan naik MRT hanya seharga Rp 16 ribuan. Kamu tinggal mengalikan berapa kali melakukan perjalanan setiap bulannya. Namun jangan berharap naik mobil pribadi karena pajak yang ditetapkan sangat tinggi.

  • Biaya lain-lain

Biaya lain seperti air, listrik, tv kabel, gas, koneksi internet dibutuhkan sekitar Rp 3 hingga Rp 7 juta sesuai penggunaan. Biaya lain yang perlu dihitung pembelian alat elektronik PC atau smartphone, namun benda ini tidak dibeli setiap bulan.

Keuntungan dari digibank Transfer Valas

Kamu juga bisa memanfaatkan digibank transfer valas untuk meringankan pengiriman uang dari keluarga. Layanan dari digibankby DBS memberikan banyak keuntungan sebagai berikut:

  • Akses 24/7 tanpa harus ke cabang, tinggal klik langsung dari Aplikasi digibankby DBS
  • Gratis biaya transfer ke lebih dari 20 tujuan dengan tujuh mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP
  • FX Rate terkini dan juara. Nilai tukar yang kompetitif buat transfer jadi ringan.
  • Sampa di hari yang sama untuk transaksi yang dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Cara transfer valas dengan Aplikasi digibankby DBS

  1. Buka Aplikasi digibankby DBS, pilih ‘Transfer’ lalu klik ‘transfer valas’
  2. Klik ‘Tambah penerima’ lalu ikuti petunjuk selanjutnya
  3. Pilih negara yang dituju
  4. Pilih mata uang
  5. Pilih bank dan masukkan detail penerima
  6. Masukkan jumlah yang akan dikirim, lalu klik ‘Lanjut’ dan selesaikan transaksi

Maka kirim uang ke luar negeri sudah berhasil. Sangat mudah dan tentu saja menguntungkan dengan nilai tukar yang kompetitif.Kuliah kamu selama di luar negeri tidak akan terkendala keterlambatan pengiriman uang.