Berita Terbaru Kampus UAJY.ac.id

Apakah Lingkungan Belajar Itu?

Posted: December 5th 2018

Apakah Lingkungan Belajar Itu? Siswa belajar dalam berbagai cara dalam konteks yang sangat berbeda. Karena pembelajar harus melakukan pembelajaran, tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan total untuk pembelajaran yang mengoptimalkan kemampuan siswa untuk belajar. Tentu saja tidak ada satu pun lingkungan belajar yang optimal. Ada banyak sekali lingkungan belajar yang mungkin, yang membuat pengajaran begitu menarik.

Lingkungan Belajar

Lingkungan Belajar

Artikel baru ditemukan dengan pengungkapan bahwa Lingkungan Belajar mengacu pada beragam lokasi fisik, konteks, dan budaya di mana siswa belajar. Karena siswa dapat belajar dalam berbagai macam pengaturan, seperti lokasi di luar sekolah dan lingkungan luar, istilah ini sering digunakan sebagai alternatif yang lebih akurat atau lebih disukai untuk ruang kelas, yang memiliki konotasi tradisional dan lebih terbatas sebuah ruangan dengan baris dari meja dan papan tulis, misalnya.

Mengembangkan lingkungan belajar total bagi siswa dalam program atau program tertentu mungkin merupakan bagian yang paling kreatif dalam mengajar. Meskipun ada kecenderungan untuk fokus pada lingkungan belajar institusional fisik (seperti ruang kelas, ruang kuliah dan laboratorium), atau pada teknologi yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran pribadi online (PLE), lingkungan belajar lebih luas daripada hanya komponen fisik ini.

Mereka juga akan mencakup berbagai aspek. Seperti karakteristik para pembelajar. Tujuan untuk kegiatan mengajar dan belajar. Kegiatan yang akan mendukung pembelajaran terbaik. Strategi penilaian yang akan mengukur dan mendorong pembelajaran terbaik. Serta budaya yang menanamkan lingkungan belajar. Silahkan buka situs kami ruangguru.co.id untuk mendapatkan informasi lanjutan yang lebih lengkap.

Satu lingkungan belajar yang mungkin dari perspektif seorang guru atau instruktur. Seorang guru mungkin memiliki sedikit atau tidak ada kontrol atas beberapa komponen, seperti karakteristik atau sumber belajar, tetapi mungkin memiliki kontrol penuh atas komponen lain seperti pilihan konten dan bagaimana peserta didik akan didukung.

Dalam setiap komponen utama ada seperangkat sub-komponen yang perlu dipertimbangkan. Bahkan, itu ada di sub komponen struktur konten, kegiatan praktis, umpan balik, penggunaan teknologi, metode penilaian, dan sebagainya di mana keputusan nyata perlu dibuat.

Apakah yang dimaksud dengan lingkungan belajar?

Itu bisa termasuk komponen lain, seperti mengembangkan perilaku etis, faktor kelembagaan, atau akreditasi eksternal, yang masing-masing juga dapat mempengaruhi lingkungan belajar di mana seorang guru atau instruktur harus bekerja. Menciptakan model lingkungan pembelajaran kemudian adalah perangkat heuristik yang bertujuan untuk memberikan pandangan komprehensif dari konteks pengajaran keseluruhan untuk program atau program tertentu, oleh instruktur tertentu atau guru dengan pandangan pembelajaran tertentu.

Sekali lagi, pilihan komponen dan kepentingannya yang dirasakan akan didorong sampai taraf tertentu oleh epistemologi dan keyakinan pribadi tentang pengetahuan, pembelajaran, dan metode pengajaran. Baca berbagai macam artikel pada situs gaptech.co.id

Dengan sengaja menyarankan lingkungan belajar dari perspektif seorang guru, karena guru memiliki tanggung jawab utama untuk menciptakan lingkungan belajar yang sesuai, tetapi juga penting untuk mempertimbangkan lingkungan belajar dari sudut pandang pembelajar. Memang, pelajar dewasa atau dewasa mampu menciptakan lingkungan belajar mereka sendiri, pribadi, relatif otonom.

Baca juga:Ulasan Space Commander yang Perlu Anda Tahu

Poin penting adalah bahwa penting untuk mengidentifikasi komponen komponen yang perlu dipertimbangkan dalam mengajar kursus atau program, dan khususnya yang ada komponen lain selain konten atau kurikulum. Setiap komponen kunci dari Lingkungan Belajar yang telah saya pilih sebagai contoh dibahas secara singkat di bagian berikut, dengan fokus pada komponen lingkungan pembelajaran yang sangat relevan untuk era digital.


Comments are closed.

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php