Alasan Anda Novel Bagi Kehidupan Anda

Alasan Anda Novel Bagi Kehidupan Anda – Menapak tilas sejarah biasanya sangat menarik dilakukan sambil travelling. Apalagi kalau bukan berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, seperti: berkunjung ke candi-candi, makam para pahlawan, dan bangunan-bangunan kuno lainnya yang banyak menyimpan sejarah di masa silam.

Cara ini bisa dikatakan lebih mengasyikan bagi sekelompok kaum muda (contohnya saya), ketimbang sekadar membaca buku sejarah yang tebalnya ratusan halaman. Selain dengan cara menapak tilas ke tempat-tempat bersejarah, ternyata ada cara lain belajar sejarah yang juga tidak kalah seru. Iya, dengan membaca novel sejarah. Keseruan apa saja sih, yang didapat ketika membaca novel sejarah?

1. Mengenal lebih dalam karakter tokoh-tokoh dalam sejarah

Jika selama ini belajar sejarah di sekolah hanya dituntut untuk menghapalkan nama-nama tokoh, nama-nama tempat, atau menghapalkan sebuah peristiwa, membaca novel sejarah ternyata lebih mengasyikan dari itu. Saya ingat betul, dulu waktu di sekolah, saya dan teman-teman hanya diminta menghapalkan bagian-bagian penting dalam sejarah, misalnya:

Siapa pendiri kerajaan Majapahit? Raden Wijaya.

Kapan Raden Wijaya wafat? Tahun 1309.

Ketika saya membaca novel sejarah, seperti novel The Rise of Majapahit, setidaknya saya punya gambaran yang lebih mendalam bagaimana karakter Raden Wijaya dalam kesehariannya. Bagaimana menariknya sosok beliau dan karakter-karakter lain digambarkan secara lebih jelas. Sehingga, tokoh-tokoh sejarah yang selama ini hanya saya kenal secara tekstual (dalam buku sejarah), seolah hidup lagi. Saya bisa merasakan bagaimana watak masing-masing tokoh.

2. Adegan peristiwa bersejarah terasa lebih nyata

Selama ini saya tidak bisa membayangkan bagaimana adegan perlawanan prajurit Singhasari ketika menghadapi serangan pasukan Gelang-Gelang bersama Patih Mahisa Mudarang. Tapi, ketika membaca novel sejarah The Rise of Majapahit, imajinasi saya menjadi lebih liar.  Saya bisa melihat bagaimana adegan panah yang melesat dan menembus dada prajurit Singhasari.

Bagaimana orang-orang berlumuran darah, dan yang paling saya rasakan adalah suasana ketegangan, kemarahan, kebengisan pada saat itu. Saat membacanya saya berpikir, seandainya dulu di sekolah buku sejarahnya seperti ini, saya bisa mendapatkan nilai paling tidak 9. Setiap hari saja bisa belajar sejarah tanpa harus merasakan bosan dan kantuk.

3. Sangat menghibur sekaligus menambah wawasan

Bagi teman-teman yang gila membaca sesekali kamu wajib membaca novel sejarah dan rasakan pengalamannya. Selain mendapatkan hiburan tersendiri, membaca novel sejarah seperti The Rise of Majapahit akan mengajak pembaca kembali ke masa silam. Anda juga harus memahami aroma karsa ini.

Merasakan lebih dalam lagi bagaimana perjuangan orang-orang zaman dulu sebelum Indonesia berkembang seperti sekarang. Itulah beberapa keseruan membaca novel The Rise of Majapahit sekaligus menjadi alasan mengapa kamu wajib membaca novel sejarah.

Baca juga tentang : Cara Memulai Bisnis Pembuatan keripik Kentang

Bagaimanapun juga, novel tetaplah novel, seperti karya fiksi pada umumnya. Meskipun The Rise of Majapahit diangkat dari kisah sejarah, sentuhan fiksi tetap bisa dirasakan. Hal ini tentunya berpotensi memanipulasi suasana dan keadaan yang sesungguhnya terjadi pada saat itu.

Meski demikian, sentuhan fiksi ini pastinya bertujuan agar pembaca lebih bisa merasakan apa yang sesungguhnya terjadi pada saat itu, tanpa mengesampingkan bagian dari peristiwa sejarah penting itu sendiri.