Berita Terbaru Kampus UAJY.ac.id

5 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Mata Anda

Posted: August 2nd 2019

5 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Mata Anda – Lindungi kacamata Anda, mulai sekarang, dengan lima makanan ini yang akan membantu Anda melihat jauh ke depan.

Kesehatan Mata
Kesehatan Mata

Menurut informasi terkini berkurangnya masalah kesehatan mata dan penglihatan mungkin tampak tidak terhindarkan seiring bertambahnya usia.

Tetapi penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, menurunkan peradangan, dan melindungi mata dari katarak, glaukoma, degenerasi makula , dan masalah penglihatan serius lainnya. Dan kabar baiknya? Makan untuk kesehatan mata itu mudah — dan lezat!

Kale
Kale kaya akan lutein dan zeaxanthin, antioksidan kuat yang secara selektif terkonsentrasi di makula, bagian dari retina yang merupakan daerah penglihatan paling tajam. Nah, untuk Anda yang ingin mendapatkan Artikel Terbaru lainnya yang lebih seru. Silahkan simak di situs Artikel Terbaru.

Kaya akan lutein dan zeaxanthin, antioksidan kuat yang secara selektif terkonsentrasi di makula, bagian dari retina yang merupakan daerah penglihatan paling tajam. Keduanya dianggap melindungi terhadap kemunduran makula — penyebab utama kebutaan — dengan memadamkan radikal bebas, menstabilkan membran sel, dan menyerap cahaya biru yang dipancarkan oleh elektronik.

Dalam satu studi, para peneliti menemukan bahwa asupan lutein dan zeaxanthin yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko 40 persen lebih rendah mengalami degenerasi makula. Sumber lutein dan zeaxanthin yang baik lainnya termasuk bayam, lobak, chard, collard, dan paprika.

Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari sarat dengan vitamin E, yang melindungi mata dari efek peradangan. Penuh dengan vitamin E, yang melindungi mata dari efek peradangan. Dalam sebuah penelitian terhadap 39.876 wanita, asupan vitamin E yang lebih tinggi, dalam kombinasi dengan lutein dan zeaxanthin, secara signifikan mengurangi risiko katarak.

Apasaja Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Mata?

Sebuah meta-analisis studi tentang katarak terkait usia dan vitamin E menyarankan bahwa baik vitamin E makanan maupun suplemen dikaitkan dengan penurunan risiko katarak. Kacang almond, gandum, hazelnut, telur, dan jus tomat juga kaya akan vitamin E.

Pepaya
Pepaya kaya akan vitamin C, antioksidan yang melawan kerusakan radikal bebas di mata, dan dapat melindungi terhadap katarak, kerutan lensa alami mata.

Vitamin C tinggi, antioksidan yang melawan kerusakan radikal bebas di mata, dan dapat melindungi terhadap katarak, kerutan lensa alami mata. Dalam sebuah penelitian, orang dengan kadar vitamin C tertinggi memiliki 64% risiko katarak yang lebih rendah. Stroberi, brokoli, paprika kuning, persik, kiwi, dan jus jeruk bali juga kaya vitamin C.

Kacang Brazil
Kacang Brazil mengandung banyak seng, yang penting untuk struktur dan fungsi membran sel dan membantu melindungi retina. Seng tinggi , yang penting untuk struktur dan fungsi membran sel dan membantu melindungi retina. Dalam Age-Related Eye Disease Study (AREDS), sebuah studi multisenter yang disponsori oleh National Eye Institute, kombinasi seng dan vitamin antioksidan (termasuk lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten) mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia oleh 25 persen.

Kacang brazil juga kaya selenium, yang dapat membantu mengimbangi paparan merkuri dari ikan, faktor risiko katarak. Makanan yang mengandung banyak zinc termasuk tiram, kepiting, dan daging sapi. Sumber vegetarian termasuk kacang kedelai, buncis, dan biji labu. Karena seleniumnya sangat tinggi, Anda bisa makan kacang Brazil secara berlebihan, jadi mulailah menggunakannya.

Biji Chia
Biji chia mengandung omega-3 yang tinggi, yang membantu melindungi mata dari berbagai faktor yang dapat menyebabkan penyakit retina, termasuk stres oksidatif, peradangan, paparan cahaya, dan penuaan.

Baca juga : https://blogs.uajy.ac.id/tanyajawab/buah-stroberi-dapat-bermanfaat-bagi-kesehatan-anda/

Tingginya omega-3, yang membantu melindungi kesehatan mata dari berbagai faktor yang dapat menyebabkan penyakit retina, termasuk stres oksidatif, peradangan, paparan cahaya, dan penuaan. Biji chia mengandung lemak omega-3 dalam bentuk asam alfa-linolenat (ALA), yang harus dikonversi oleh tubuh menjadi EPA dan DHA.


Comments are closed.

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php