sutriaji

PTI 2 : Bisnis dan Teknologi Informasi

Posted: September 27th 2012

PTI 1 :  Bisnis dan Teknologi Informasi

Bisnis dan Teknologi Informasi saat ini menjadi hal yang erat atau bahkan hal tidak bisa di pisahkan. Di era perkembangan teknologi yang berjalan sangat cepat, segala masalah dan pekerjaan dapat di selesaikan dengan cepat dengan bantuan IT. Teknologi Informasi di buat untuk memudahkan para penggunanya. Pada saat ini informasi menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan bisnis, dengan dukungan teknologi informasi, informasi semakin mudah diperoleh tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Teknologi Informasi memiliki banyak peranan dalam membantu manusia dan memecahkan masalah. Diantaranya membantu manusia dalam : meningkatkan produktivitas, meningkatkan efektivitas, meningkatkan efisiensi, meningkatkan mutu, meningkatkan kreativitas, Problem solving (pemecahan masalah).

Teknologi informasi banyak membantu manusia dalam mengenali dan memecahkan masalah. Kegunaan utama teknologi infrormasi adalah membantu dalam pemecahan masalah dengan kreativitas tinggi dan membuat manusia semakin efektif dalam memanfaatkannya. Tanggung jawab pemakai teknologi informasi akan memberikan peran yang penting dalam memaksimalkan kinerja teknologi informasi.

Untuk dapat memberikan manfaat yang besar Teknologi Informasi memerlukan perangkat. Salah perangkat yang sangat berhubungan dengan Teknologi Informasi adalah Komputer. Berikut adalah pengertian komputer :

Computer: Peralatan elektronik yang beroperasi dibawah intruksi yang terkontrol yang tersimpan pada memory peralatan tersebut. (Shelly, Cashman, Vermaat, 2004)

Untuk dapat memberikan kinerja yang maksimal komputer memerlukan komponen-komponen pendukung yaitu Hardware dan Software.

Komponen pendukungt Hardware dikelompokkan menjadi :

  • Process/System : Unit Boks seperti tempat penyimpanan yang mengandung komponen elektronik, digunakan untuk memproses data
  • Output (keluaran) : Perangkat keras yang menyampaikan informasi kepada pengguna
  • Storage (penyimpanan) : Menyimpan data, instruksi, dan informasi untuk penggunaan di masa mendatang
  • komunikasi/ jaringan (Network) Kumpulan dari komputer dan peralatan komunikasi yang saling terhubung bersama

Komponen pendukung Software dikelompokan menjadi :

  • Application System (Application Software) : Program yg melakukan tugas tugas  yang spesifik bagi pengguna
  • System Software : Program yang mengendalikan operasi dari komputer dan perangkatnya

Komputer memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Berikut adalah jenis jenis komputer :

  • Personal computers (desktop)
  • Mobile computersand mobile devices
  • Midrange servers
  • Mainframe computers
  • Supercomputers
Dengan adanya komputer maka peranan Teknologi Informasi dalam menyelesaikan masalah atau memudahkan pekerjaan dapat dilakukan secara maksimal dan cepat. Sebagai contoh penerapan Teknologi Informasi di linkungan perkuliahan, kita dapat mendapatkan materi,  melihat nilai atau mengerjakan tugas dengan mudah  melalui web. Dalam dunia bisnis peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perbisnisan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce (e-bisnis) atau perbisnisan elektronik. E-Commerce adalah perbisnisan menggunakan jaringan komunikasi internet.
Maka dari itu penting kiranya kita mengerti serta memahami dunia Teknologi Informasi, karena Teknologi Informasi memberikan manfaat yang besar untuk kehidupan di masa depan. :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php