Blog Mahasiswa UAJY

Rumah Dijual di Medan, Hunian Murah Meriah di Kota Besar

Posted: July 9th 2019

Satu-satunya kota metropolitan di Pulau Sumatera ini memiliki penduduk yang terbilang padat yakni sekitar 2,2 juta jiwa yang berasal dari berbagai latar belakang budaya, suku dan agama.

Dengan predikat kota besar ini tak heran ya jika Medan memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lengkap dan menyedot banyak pendatang juga.

Ini tak lepas dari ketersediaan lapangan kerja yang memang banyak, seperti kota besar pada umumnya. Dengan bertambahnya pendatang tentu jumlah penduduk juga terus meningkat secara berkala, membuat permintaan akan hunian di Medan juga meningkat.

Artinya, pencari rumah dijual di Medan terbilang tinggi.

Dan merespon ini, banyak developer yang mengembangkan proyek hunian di Medan sehingga membuat harga rumah pun semakin kompetitif.

Kalau Anda salah satu yang sedang mencari hunian seperti rumah dijual di Medan, sebaiknya buatlah prioritas dan kebutuhan akan hunian yang sesuai bagi Anda.

Artinya agar pencarian lebih spesifik dan tepat sasaran alias sesuai kebutuhan dan kondisi Anda.

Yang jelas mencari rumah dijual di Medan adalah sesuatu yang menarik untuk dipertimbangkan, karena Medan sendiri dengan segala kelebihannya sebagai kota metropolitan akan menarik siapa pun untuk tinggal di sini.

Namun pilihan yang beragam tentu akan membuat Anda bingung. Jadi sebelum cari rumah dijual di Medan, berikut beberapa panduan mudahnya untuk Anda:

  1. Sesuaikan dengan budget

Salah satu faktor penting dalam membeli rumah, tentunya harga. Dan jangan sampai Anda mencari rumah yang diinginkan tapi tidak mempertimbangkan kemampuan Anda membayar meski saat ini sudah ada kemudahan yang ditawarkan yakni dengan sistem cicil (KPR).

Dan jangan terjebak hanya menghitung harga jual, tapi juga pertimbangkan biaya lain-lain, mulai dari uang muka (DP), cicilan per bulan (plus bunga), pajak hingga biaya tak terduga lainnya.

  • Perhatikan lokasi dan akses

Ini lebih fokus pada seberapa mudah rumah Anda bisa diakses dari dan menuju ke tempat-tempat publik, termasuk ke tempat Anda berkegiatan misalnya tempat kerja.

Tak masalah jika lokasinya tidak di pusat kota, selagi tersedia infrastruktur dan transportasi yang bisa mendukung mobilitas Anda sehari-hari.

Karena kalau pada akhirnya Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mendukung kegiatan sehari-hari karena posisi rumah yang jauh dan tidak mudah dijangkau, artinya Anda bisa saja malah mengeluarkan biaya lebih mahal kan?

  • Lakukan survei

Sebelum terjun ke lapangan, survei bisa dilakukan secara mudah via online dulu.

Karena saat ini Anda sudah bisa memanfaatkan situs seperti www.99.co/id untuk mencari informasi seputar properti, misalnya informasi rumah dijual di Medan.

Dengan begini, Anda akan lebih menghemat waktu. Anda tinggal menyeleksi sejumlah iklan, membuat beberapa opsi, dan setelah mendapatkan beberapa pilihan yang sesuai dengan kriteria, barulah lakukan survei langsung.

Ya, tetap saja dibutuhkan survei langsung ke rumah yang Anda minanti.

Selain bisa melihat secara langsung kondisi rumah, merasakan lingkungan sekitar, memeriksa lebih detail setiap sudut rumah, tentunya Anda juga bisa bertanya langsung pada penjual.

Bahkan bisa saja dalam pembicaraan langsung, masih ada celah untuk Anda negosiasi harga, atau meminta bonus, benefit dan lain sebagainya.

Kalau Anda membeli rumah dari pengembang (developer), Anda bisa sebelumnya cari tahu lebih dulu sepak terjang sang pengembang, misalnya dengan mengecek situs perusahaan, atau mungkin dengan mencari review dari klien sebelumnya.

Agar lebih aman sebaiknya pilih pengembang yang telah bekerja sama dengan bank, karena biasanya sebelum bekerjasama, pihak bank telah melakukan evaluasi sebelumnya.

Nah, kini Anda sudah siap mencari hunian…

Tapi, untuk yang ingin mencari rumah dijual di Medan, perlu tahu dulu lebih jauhbeberapa kelebihan daerah ini sebagai pilihan domisili.

Menyandang predikat sebagai kota besar apalagi kota metropolitan, Anda tentu sudah bisa membayangkan apa saja yang dimiliki Medan dan bisa jadi daya tariknya.

Mulai dari keberagaman masyarakat, fasilitas dan infrastruktur, termasuk akses yang mudah dengan tersedianya transportasi umum yang melayani rute ke berbagai tujuan.

Tak terkecuali transportasi udara, dimana Medan memiliki bandara internasional bernama Kualanamu yang terbesar di Sumatera, dan terbesar ketiga di Indonesia.

Akses bandara ini didukung dengan pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Araskabu yang terhubung ke Stasiun Medan berjarak sekitar 23km, dengan waktu tempuh Medan-Kuala Namu sekitar 30 menit. Bandara ini juga terkoneksi dengan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang menuju ke Medan.

Sementara fasilitas lainnya, Medan memiliki sejumlah pusat perbelanjaan modern seperti Lippo Plaza, Medan Mall, Sun Plaza, Centre Point Mall Medan, Gran Palladium Mall dan Thamrin Plaza.

Termasuk ada pusat kesehatan antara lain RS Columbia Asia, RS Siloam, Advent Hospital dan RS Martha Friska. Untuk pusat pendidikannya yang terkenal adalah Universitas Sumatera Utara (USU), salah satu universitas terbaik di Sumatera.

Daya tarik lain dari Medan adalah sajian kulinernya yang nikmat dan beragam. Apalagi karena dihuni oleh penduduk dari berbagai macam suku dan budaya, maka sajian kulinernya juga khas dari masing-masing suku.

Bahkan disebut-sebut kalau ingin makan enak di Medan, tak perlu ke restoran mahal karena jajanan kaki limanya saja sudah punya citarasa yang nikmat.

Selain makanan, Medan juga dikenal dengan kopi yang khas dan salah satu yang populer adalah Kopi Sidikalang.

Ingin berwisata, Medan punya sejumlah destinasi yang menarik juga, salah satunya Danau Toba yang namanya sudah dikenal ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

Danau ini memang tidak persis berada di Kota Medan, dimana Anda perlu melakukan perjalanan beberapa jam untuk bisa menikmati keindahan danau terbesar di Indonesia ini.

Nah, kalau mau wisata di Kota Medan, objek yang bisa dikunjungi antara lain bangunan tua peninggalan Belanda yang tersebar di beberapa titik.

Sebuah area bernama Kesawan yang dihiasi bangunan tua, bahkan akan dijadikan pemerintah sebagai sentra kuliner dan belanja.

Kalau ingin wisata religi di Kota Medan, bisa dengan mengunjungi Gereja Velangkanni yang bentuknya mirip kuil, serta Masjid Raya Al Osmani dan Masjid Raya Medan yang punya nilai sejarah dimana masing-masing dibangun pada 1854 dan 1906.

Jadi itu dia sejumlah daya tarik Medan yang bisa jadi pertimbangan dalam mencari hunian. Yang tak kalah menarik adalah harga rumah dijual di Medan pun masih relatif murah.

Beberapa yang bisa Anda pertimbangkan adalah rumah dijual di Medan yang ada di Griya Alexandra Millenium. Berluas 45m2 dengan 2 kamar tidur, rumah ini ditawarkan senilai Rp 375 juta dan dilengkapi Sertifikat Hak Milik (SHM).

Kelebihan lain rumah ini adalah posisinya yang dekat ke Plaza Millenium, RS Sari Mutiara, Plaza Medan Fair dan masih banyak lagi.

Ada pula hunian di Savana Amplas Riverview dengan luas 50m2 yang ditawarkan senilai Rp 390 juta. Keunggulan rumah satu ini berada di lingkungan yang asri karena ditumbuhi pepohonan yang sejuk, dekat ke tempat ibadah dan akses tranportasi umum yang mudah.

Ukuran rumah dijual di Medan yang lebih besar bisa Anda dapatkan yakni seluas 102 m2 dan terdiri dari 2 lantai, 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu serta carport. Dan rumah ini ditawarkan Rp 495 juta lengkap dengan SHM.

Ternyata banyak sekali hunian murah yang bisa ditemukan di Medan. Kalau ingin tahu penawaran menarik lain seputar rumah dijual di Medan, Anda bisa cek langsung ke 99.co Indonesia ya

Semoga bermanfaat!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php