Suryatul Arifidin

IT Dalam Lingkungan Bisnis

Posted: October 8th 2012

Pada jaman sekarang IT sangat berpengaruh pada lingkugan bisnis. Kita simak sekarang di perusahaan-perusahaan besar membutuhkan fasilitas , layanan, dan pengelolaan yang mendukung semua sumber daya komputasi. Yaitu perangkat keras komputer yang didalamya terdapat sebuah perangkat lunak untuk fasilitas komunikasi. Konsep dasar IT adalah untuk mendefinisikan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan dari sumberdaya komputasi. Dan mendefinisikan bagaimana sumber daya komputasi di atur, di operasikan dan dikelola. Di dalam IT kita harus memperhatikan arsitektur yang berfungsi untuk memadukan kebutuhan informasi, infrastruktur informasi yang tersedia dan yang di rencanakan dalam lingkingan perusahaan, dan aplikasi perangkat lunak. Sebuah arsitektur yang baik akan membantu memastikan bahwa teknologi informasi yang di gunakan sesui dengan kebutuhan dari bisnis strategi perusahaan.

Dan di dalam arsitektur tersebut terdapat sistem informasi (SI) di antaranya adalah :

  • Transaction Processing System
  • Management Information System
  • Support Systems
  • Intelligent Systems
  • End- User Computing
  • Knowledge Management System
  • Data Warehouse
  • Mobile Computing

Bagaimana sistem informasi mendukung perusahaan?

  • Pertama, bagaimana organisasi di strukturkan:
    • Berdasarkan fungsionalitas dari departemen
    • Sering dalam bentuk hirarki
    • Mungkin berdasarkan projek atau dalam bentuk struktur matrik
  • Dua klasifikasi Sistem Informasi yang paling umum:
    • Classification by breath of support
    • Classification by organizational level
  • Sistem Informasi di sebuah perusahaan dikembangkan untuk mendukung cara sebuah organisasi di strukturkan
  • Sistem Informasi terdiri berbagai macam aplikasi
  • Sebuah aplikasi adalah sistem yang dikembangkan untuk tujuan yang spesifik
  • Aplikasi dan sistem bisa mendukung
  • Individual/ tim
  • Departemen
  • Divisi/Unit
  • Keseluruhan perusahaan/enterprise
  • Sistem informasi juga bisa bersifat inter-organizational
  • Menghubungkan dua atau lebih perusahaan yang memiliki kepentingan umum atau kebutuhan bisnis
  • Penting dalam menfasilitasi e-commerce.
  • Dukungan SI yang dibutuhkan tergantung peran dari pengguna di dalam perusahaan.
  • Top manager membuat keputusan strategis
  • Middle managers membuat keputusan taktis
  • Line managers membuat keputusan operasional
  • Knowledge workers membuat dan mengintegrasikan pengetahuan
  • Pekerja administrasi menggunakan dan memanipulasi informasi
  • Information resources mencakup banyak hal di antaranya
  • Hardware (computers, servers, other devices)
  • Software (development tools, languages, applications)
  • Databases
  • Networks (local area, wide area, Internet, intranet)
  • Procedures
  • Physical buildings
  • Sumber daya (Resources) sangatlah mahal sehingga dibutuhkan manajemen yang tepat
  • Tanggung jawab terhadap sumber daya informasi di pegang bersama oleh Departement SI dan end users (pengguna akhir).
  • Perusahaan harus menentukan siapa yang bertanggung jawab untuk perancangan, pembelian, pengembangan, dan pemeliharaan sumber daya informasi (information resources).
  • Kerja sama sangat di butuhkan

Peran dari departemen sistem informasi :

  • Pergeseran orientasi dari sisi teknis ke sisi manajerial
  • Meningkatkan fokus pada penambahan nilai strategis perusahaan
  • Karena SI di tantang untuk meningkatkan nilai strategis, maka manajemen dari SI menjadi lebih kompleks
  • Chief Information Officer (CIO) menjadi pimpinan dari departemen SI di banyak perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php