Suryatul Arifidin

Bisnis Dan Teknologi Informasi

Posted: October 5th 2012

Seberapa jauh peran TI terhadap bisnis dan seberapa pentingnya TI terhadap bisnis, merupakan hal-hal yang mendefinisikan batas-batas pengembangan TI dalam sebuah organisasi bisnis. Sekedar sebagai sebuah business supporter, atau sebagai enabler, bahkan sebagai business driver. Mengenal model-model serta perspektif kesejajaran hubungan bisnis dan TI merupakan langkah awal mengenal, sampai seberapa jauh potensi pengembangan TI dapat dilakukan dalam sebuah organisasi bisnis. Tahap ini penting untuk dilakukan, mengingat semakin ketatnya persaingan pasar, serta pengembangan bisnis yang juga semakin sulit.

Saat ini bisnis dihadapkan dengan tekanan bagaimana mencapai produktivitas yang lebih dengan sumber daya yang terbatas. Tekanan menyebabkan respon perusahaan menjadi lebih proaktif dan reaktif. Respon bisnis terhadap pressures salah satunya melibatkan Information Technology dan Information Systems. Pada kasus tertentu IT adalah solusi tunggal terhadap business pressures. Sehingga kemampuan akan IT adalah menjadi hal yang penting bagi pembisnis. Apa yg bisa dikerjakan melalui IT dan konsekuensi dari penggunaannya, sangatlah menarik. Struktur organisasi, manajemen, dan proses bisnis sering berubah seiring dengan perkembangan IT. Dan muncullah peluang kerja dan karier yg melimpah pada area IT. Dan IT mempengaruhi setiap area fungsionalitas dari bisnis. Dan selain itu IT dapat mengolah informasi menjadi lebih akurat, lengkap, fleksibel  , handal, relevan, aman dan dapat di akses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun kita berada.

Dan kesimpulanya adalah bahwa bisnis saat ini menghadapi berbagai tantangan dan tekanan, di samping itu teknologi informasi menyediakan provides ‘alat’ dan kemampuan untuk merespon tekanan tersebut. Dan pengetahuan mengenai IT dan aplikasinya membantu para pembisnis mengembangkan strategi bisnis yang efektif dengan menggunakan IT.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php