Suleman

Tips Mudah Membasmi Kutu Rambut

Posted: August 6th 2018

Tips Mudah Membasmi Kutu Rambut – Siapa yang mengatakan bahwa membasmi kutu rambut yang menyebalkan itu hanya dengan menggunakan obat kutu rambut saja? Karena terdapat pula beberapa cara-cara jadul yang ternyata cukup baik untuk membasmi parasit satu ini. Siapa coba yang tak kesal bila kulit kepalanya menjadi habitat kutu rambut. Selain menyebabkan rasa gatal, Anda pun akan kehilangan kepercayaan diri atau minder saat mesti berada di tempat ramai apalagi bila di kepala Anda terdapat banyak telur kutu rambut. Tentunya sangat memalukan sekali bukan dihina oleh teman bila rambut Anda ketahuan kutuan, bisa-bisa Anda pun akan dikucilkan oleh banyak orang karena cemas terkena kutu rambut ini. Memang kutu rambut bisa menular secara cepat dan penyebarannya melalui kontak fisik atau bisa juga melalui perantara tertentu misal memakai bantal atau handuk yang sama dengan yang dipakai orang yang terkena kutu.

Oleh sebab itu Anda mesti lebih berhati-hati terutama bila ada orang dekat yang beternak kutu. Mungkin ada orang yang penasaran mengapa kutu rambut bisa tinggal di kulit kepala seseorang. Jadi salah satu pemicu munculnya gangguan kutu rambut ini karena tidak mempunyai kesadaran untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih. Oleh sebab itu yang paling banyak terkena kutu rambut adalah anak-anak, karena mereka belum memiliki kesadaran menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala yang menyebabkan rambutnya jadi bau, berminyak dan kotor. Mereka juga bisa saja tertular oleh temannya. Dan kabar buruknya kutu yang bersarang di rambut si anak juga dapat menular pada semua penghuni terakhir bila tak diatasi segera. Oleh karena itu Anda mesti mengetahui bagaimana ciri-ciri dari orang yang terserang kutu rambut ini dan baiknya Anda juga menyiapkan obat kutu rambut di rumah, sebab kutu dapat datang tiba-tiba dan tak diundang.

Mengenai ciri-ciri dari orang yang memiliki kutu rambut bisa dilihat dengan mudah karena akan tampak telur kutu rambut yang menempel seperti ketombe. Lalu akan terlihat sering gatal di kepala dan punya kebiasaan tak sadar menggaruk kepala serta ada tanda kemerahan bekas gigitan kutu. Pada suatu waktu juga akan terasa seperti ada yang merambat di kepala. Bila ada tanda-tanda seperti di atas segera upayakan untuk membasmi kutu rambut agar tak menyebar tak menjadi wabah bagi orang sekitar.

  • Minyak Kelapa

Tips pertama guna membasmi kutu rambut ialah dengan menggunakan minyak kelapa yang dikenal luas punya banyak khasiat bagi manusia, termasuk salah satunya membunuh telur dan kutu rambut secara alami. Caranya oles minyak kelapa pada rambut dengan merata, sesudah itu pijat sejenak kurang lebih 10-15 menit agar meresap baik. Tutupi rambut yang sudah dioles minyak kelapa dengan shower cap semalam penuh. Keesokan harinya cuci rambut dengan shampoo hingga bersih dan sisir dengan sisir khusus kutu.

  • Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis

Tips kedua adalah dengan memadukan minyak kayu putih dan jeruk nipis. Perpaduan ini cukup manjur untuk membasmi kutu rambut. Caranya peras dua buah jeruk nipis dan tambahkan 6 sendok makan minyak kayu putih lalu aduk hingga merata. Lalu oleskan campuran itu dengan merata pada semua bagian rambut, lalu pijat dengan lembut agar meresap dan biarkan 2 jam. Bilas dengan air hangat atau bisa dengan keramas.

Itulah beberapa tips mudah membasmi kutu rambut selain memakai obat kutu rambut dan semoga tips itu dapat berguna bagi Anda sekalian.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php