konservasi ternak

Langkah Awal . . .

Posted: May 27th 2013

Taukah kamu awal dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknologi Molekuler di awali dengan penemuan DNA?

Untuk melihat adanya DNA dibutuhkan cara ekstraksi DNA dari sampel . . .

Teknologi ekstraksi DNA semakin lama semakin baik dan semakin beragam, namun mari kita sedikit melihat kebelakang untuk melihat metode ekstraksi konvensional yang dapat dilakukan temen-temen di rumah . . .

Nah . . .
Mari kita mulai . . .

Pertama-tama kita buat larutan yang akan digunakan dalam proses ekstraksi ini . . .

  1. Pembuatan Larutan  detergen-garam

20 g garam non yodium ditimbang dan dimasukkan ke dalam 180 ml aquadest. Setelah itu, 20 ml deterjen ditambahkan ke dalam larutan garam tersebut.

  1. Pembuatan Larutan Pelunak Daging (5%) atau Jus Nanas

Lima gram pelunak daging ditimbang dan dimasukkan ke dalam 95 ml aquadest. atau dapat menggunakan Jus nanas yang dibuat dengan cara, buah nanas dipotong dan ditimbang sebanayk 100 g. Buah nanas dimasukkan ke dalam blender. Setelah itu, 500 ml aquadest ditambahkan ke dalam blender dan blender dihidupkan sampai nanas benar-benar hancur. Hasil dari blenderan tersebut disaring dan ditempatkan di dalam erlenmeyer.

Setelah larutan siap mari kita mulai mengekstraksi DNA dan melihat adakah DNA dari sampel yang temen-temen mau lihat . . .

Ekstraksi dna dilakukan dengan cara sampel ditimbang sebanyak 20 g. Bahan dimasukkan ke dalam blender dan ditambahkan 100 ml larutan deterjen. Bahan diblender selama 1 menit dan setelah itu di saring dengan saringan kopi dan kertas saring. Setelah di saring, bahan dimasukkan ke dalam gelas beker dan ditambahkan 30 ml pelunak daging atau jus nanas. Filtrat diambil sebanyak 6 ml dan dimasukkan ke dalam tabung reaksi. Filtrat ditambahkan ethanol dingin sebanyak 6 ml secara hati-hati.  Tabung reaksi dimasukkan ke dalam freezer selama 10 menit dan diamati gelembung yang terbentuk.

Hasilnya . . .

Dengan metode itu, kita bisa melihat DNA dengan warna putih dan melayang-layang J
SELAMAT MENCOBA ! ! !

ABDULLOH KHUDRY
100801163


3 responses to “Langkah Awal . . .”

  1. eifstellafel says:

    Metode ekstraksi DNA konvensional yang mirip dengan acara praktikum Tekmol 🙂
    Pengetahuan yang di-share-kan sangat berguna untuk dipraktekan kepada biologiwan/biologiwati yang belum pernah melihat “DNA” 🙂

  2. oswaldia says:

    apakah sekarang masih ada yang menggunakan metode ini? kalau tidak, pasti memiliki kelemahan, kira-kira kelemahannya apa yaa??

  3. yosefina says:

    Bisa jadi ini nih yang keluar di responsi “praktik” tekmol, berguna khud (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php