konservasi ternak

Sumber Daya Ternak Indonesia

Posted: May 14th 2013

Istilah peternakan merupakan istilah yang sudah sering didengar, Peternakan sendiri merupakan segala urusan yang berkaitan dengan sumber daya fisik, benih, bibit, pakan, alat dan mesin peternakan, budi daya ternak, panen, pascapanen, pengolahan, pemasaran, dan pengusahaannya. Selain itu peternakan juga dapat dikatakan usaha atau budidaya atau pemeliharaan ternak dengan segala fasilitas penunjang bagi kehidupan ternak. Bicara peternakan berarti bicara juga tentang ternak. Ternak adalah Hewan yang kehidupannya mengenai tempat, perkembangbiakan serta manfaatnya diatur dan diawasi oleh manusia dan dipelihara khusus sebagai bahan-bahan dan jasa-jasa yang berguna bagi kepentingan hidup manusia itu sendiri.

Ternak dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu Jenis Unggas, Ruminansia Kecil dan Ruminansia Kecil. Ternak yang masuk dalam kategori jenis Unggas yakni Ayam, Itik. kategori Ruminansi kecil yakni kambing, babi, domba sedangkan ternak Ruminansia besar yakni Sapi, Kerbau. Ternak juga tentunya memiliki fungsi dan manfaat bagi manusia. Fungsi ternak diantarnya yaitu sebagai sumber gizi,Ternak sebagai sumber gizi artinya ternak menghasilkan daging, telur yang mengandung protein-protein yang baik bagi kepenuhan gizi manusia. Selain itu ternak juga sebagai Sumber tenaga, artinya Ternak yang berukuran besar, seperti Sapi dan Kerbau biasanya digunakan untuk membajak sawah, atau seperti kuda yang digunakan sebagai alat transportasi seperti andong.

Ternak juga berfungsi sebagai  Sumber pupuk, artinya buangan sisa yang dihasilkan oleh ternak dapat digunakan sebagai pupuk untuk pertumbuhan tanaman. Ternak juga merupakan Sumber bahan Industri, artinya bagian tubuh dari ternak seperti kulit, dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan tas. Selain itu ternak juga dapat menjadi Sumber status sosial, dimana pada kalangan tertentu, seseorang yang memiliki ternak yang banyak dapat dianggap sebagai seseorang yang memiliki kasta atau derajat lebih tinggi. Ternak juga menjadi Sumber budaya, artinya ternak biasanya digunakan sebagai mas kawin, atau biasa digunakan dalam suatu acara adat seperti karapan sapi Madura dan Ternak sebagai sumber energi artinya dari buangan akhir ternak, selain digunakan sebagai pupuk dapat juga digunakan sebagai biogas, yang dapat menghasilkan energi untuk kebutuhan manusia seperti sebagai bahan bakar untuk memasak.

Penyebaran ternak di Indonesia masih pada daerah-daerah tertentu seperti penyebaran sapi masih meliputi pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, NAD, Sumatera, Sulawesi  dan Lampung. sedangkan penyebaran ternak kambing dan Domba masih juga disekitar pulau jawa, Lampung, Sumatera, Sulawesi dan NAD.  Penyebaran yang terbatas ini menyebabkan produksi ternak juga sedikit, akan lebih baik jika penyebarannya bisa merata sehingga produksi nya juga banyak dan dapat mencukupi kebutuhan pangan.


4 responses to “Sumber Daya Ternak Indonesia”

  1. debrittows says:

    Coba cari pemanfaatan sumberdaya ternak yang unik dan khas..
    contohnya…
    ternak sapi yang kotorannya dapat dimanfaatkan sebagai pewangi..
    NUWUN

  2. berlindis says:

    kalau bisa dijelaskan juga masalah-masalah apa yang menyebabkan penyebaran ternak hanya terbatas pada daerah-daerah tertentu. Kemudian, seperti yang kita ketahui bahwa saat ini hampir semua peternak di Indonesia memproduksi ternak mereka dengan teknik Inseminasi Buatan, jdi mungkin dgn teknik IB ini, dapat meningkatkan produksi dan kualitas ternak di Indonesia.

  3. stianita says:

    makasih atas masukannya, akan menjadi bahan pertimbangan tulisan selanjutnya

  4. Benedictus Raymond says:

    faktor dan spesifikasi bahasan mengenai ternak mungkin bisa diperjelas lagi..
    nuwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php