d's-blogs

JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI

Posted: November 3rd 2012

Teknologi komunikasi merupakan proses antara 2 atau lebih perangkat komputer yang saling mentransfer data infrastruktur dan informasi. Setiap perangkat ini harus saling terhubung melalui sebuah jaringan kabel ataupun jaringan nirkabel(tanpa kabel). Dalam pembentukannya memiliki beberapa komponen seperti Hardware, Media, Networks, Software, Data Communication Provider, Protocols, dan Applications. Dalam prosesnya terdapat 2 sinyal, yaitu sinya analog (gelombang yang berklelanjutan) dan digital (membawa informasi dalam bentuk biner).

Beberapa perangkat keras yang digunakan dalam hal ini adalah modem yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog ke sinyal digital, dan sebaliknya , biasanya digunakan untuk menghubungkan telepon. Multiplex digunakan untuk menstransmisikan beberapa sinyal pada satu media. Front end processor merupakan suatu alat khusus untuk mengelola komunikasi, merupakan otak dari komunikasi. Komunikasi jaringan juga dapat dilakukan dengan media twisted-pair wire, coaxial cable, fiber-optic cable, microwave, satelit, radio, dan infrared. Terdapat dua macam jaringan yaitu LAN dan WAN. LAN “Lokal Area Network” merupakan kumpulan jaringan area geografik yang sempit. Jaringan LAN dapat terbentuk dengan beberapa topologi yaitu topologi star, topologi bus, topologi ring. WAN (Wide Area Networks ) merupakan kumpulan jaringan area geografik yang luas. WAN merupakan kumpulan dari beberapa LAN contohnya internet.

Strategi proses jaringan berisi dari client / server pengolahan dimana aplikasi dapat dibagi ke dalam presentasi, aplikasi, dan komponen manajemen data, serta komponen dapat dipartisi antara server dan klien untuk membentuk implementasi yang berbeda. Peer-to-peer procesing merupakan bentuk sederhana client / server dimana perangkat yang terhubung ke jaringan memiliki akses ke semua perangkat lain, tidak ada file server yang terlibat dalam mengatur dan pemeliharaan jaringan. pada bagiaan ini diimplementasikan dalam banyak sistem operasi seperti Windows 2000 dan Windows XP. Perusahaan-lebar jaringan(enterprise-wide network) meliputi seluruh organisasi karena sistem terbuka dan konektivitas.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php