d's-blogs

Minggu 3 “TI dalam Lingkungan Organisasi”

Posted: September 12th 2012

Minggu ketiga ini perkuliahan PTI membahas tentang TI dan SI dalam sebuah lingkungan bisnis dalam hal ini adalah sebuah organisasi. Materi ini dapat dikelompokan menjadi 4 pembahasan utama yaitu : 1. konsep utama SI tentang infrastruktur dan arsitektur, 2. struktur hierarkis organisasi dalam organisasi menurut SI, 3. dukungan seperti apa yang di berikan karyawan dalam sebuah organisasi, 4. Bagaiman sumber daya informasi yang dikelola.

Pertama yang dibahas adalah tentang infrasruktur dan arsitektur. Infrastruktur merupakan sistem yang kompleks untuk mengelola informasi, atau juga merupakan fasilitas-fasilitas, layanan, dan menejemen yang mendukung semua sumber daya komputasi. Infrastruktur dapat berupa perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, fasiolitas jaringan dan komunikasi, basisdata (tempat menyimpan kumpulan data digital), dan Information Management Personel. Infrastruktur ini mendefinisikan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengolahan sumber komputasi atau dengan kata lain infrastruktur ini merupakan sebuah fasilitas untuk mengelola sumberdaya informasi dan komputasi agar dapat digunakan oleh sebuah perusahaan. Sedangkan arsitektur merupakan sebuah rancangan yang menjabarkan kebutuhan informasi perusahaan yang harus terpenuhi dan bagaimana kebutuhan tersebut terpenuhi. Arsitektur ini memadukan kebutuhan informasi, infrastruktur informasi, perangkat lunak dengan sebuah rancangan yang dibuat. Arsitektur juga berguna untuk membantu memastikan bahwa teknologi informasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan strategi perusahaan. Singkatnya arsitektur merupakan rancangan(merancang) infrastruktur agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi perusahaan.

Dalam sebuah organisasi juga membutuhkan sebuah sistem yang baik untuk mengelola informasi yang sering disebut Sistem informasi. SI dapat digolongkan menjadi beberapa tipe yaitu 1. Transaction Prosessing System (menyajikan data dasar transaksi harian dengan konsep automatisasi yang biasa digunakan oleh line managers dan operator), 2. Management Information System (mengelola data dasar transaksi harian agar dapat mengambil keputusan dari permasalahan yang sudah diketahui dan bersifat rutin, misal satu bulan sekali yang biasa digunakan oleh middle managers), 3. Office Automation System ( sistem pengolah kata, angka, data yang dikembangkan untuk mendukung kegiatan perkantoran dan administrasi, biasa digunakan oleh Clerical Staff), 4. Decision Support System ( mendukung dalam keputusan yang bersifat kompleks, strategis, dan fatal yang biasanya diambil oleh para petinggi perusahaan atau eksekutif atas/Top Managers dan bersifat non-rutin ), 5. Intelligent Support System ( merupakan sistem pakar yang menyediakan pengetahuan cerdas yang dapat mempelajari permasalahan yang ada dan system ini ditujukan untuk pengguna yang masih biasa agar agar dapat bertindak dan mengganti orang yang telah mahir ), 6. End User Computing (Pengembangan dari program yang kurang sesuai menjadi sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan), 7. Knowladge Management System (mendukung proses menciptakan, mengumpulkan, mengorganisasikan, mengintegrasikan dan menyebarkan pengetahuan agar lebih dapat diterima dengan mudah), 7. Data Warehousing (basis data yang dirancang untuk mendukung DSS, ESS, dan semua aktivitas yang membutuhkan analisis), Mobile Computing (SI yang mendukung karyawan yang nekerja secara mobile(bersifat di luar fisik perusahaan) dengan pelanggan).

Lalu bagaimana SI dapat mendukung Organisasi? SI dikembangkan untuk mendukung cara sebuah organisasi di strukturkan, SI menyepiakan layana aplikasi yang dikembangkan untuk bekerja dan bertujuan secara spesifik, SI bersifat inter-organizational yang dapa menghubungkan 2 atau lebih orang atau perusahaan untuk kepentingan umum dan kepentingan kebutuhan bisnis, SI mendukung setiap orang dalam jabatan tertentu untuk menyelesaikan sebuah permasalahan atau kebutuhan bisnis, SI juga membantu mengatur dan memenejemen sumber informasi agar tepat guna dan berdaya guna. Sumber informasi adalah sumber yang sangat mahal maka sangat diperlukan menejemen yang baik. Maka dari itu diperlukannya tanggung jawab terhadap sumber daya informasi yang dipegang oleh departemen IT dan pengguna akhir. Organisasi juga perlu menunjuk seseorang untuk bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara sumber daya informasi itu. Maka dari itu organisasi haruslah membentuk departemen SI untuk memenuhi itu semua. Lalu apa yang diperlukan departemen SI, departemen SI haruslah bergeser dasi sisi teknis ke sisi manajerial, meningkatkan focus pada penambahan nilai strategis perusahaan. Maka dengan demikian organisasi akan semakin maksimal dalam menjalankan bisnis.

Original Posted by Stephanus Deo Aquino (TF 2012 kelas D NPM 120707091)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php