d's-blogs

Penerapan IT dalam Bisnis

Posted: September 7th 2012

Materi Pertama(Senin, 3 September 2012) (Penerapan IT dalam Bisnis)

Persaingan di jaman yang sudah serba maju ini bisa dibilang sangat ketat. Persaingan yang sangat ketat ini menuntut semua orang untuk dapat bersaing menjadi yang lebih baik terutama dalam lingkungan bisnis yang sangat luas. Lingkungan bisnis saat ini memiliki ciri – ciri seperti perubahan yang cepat, kompleksitas, ekonomi global, kompetisi, focus kepada konsumen dan yang tak kalah penting bahwa bisnis menghadapi tekanan untuk menghasilkan produk yang lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit. Dengan kondisi seperti itu, pada saat ini bisnis hidapadkan pada tekanan bisnis yang menyebabkan bisnis pada jaman saat ini harus lah lebih proaktif dan reaktif terhadap perkembangan dalam hal ini perkembangan IT.

Maka pada jaman sekarang teknologi informasi dan system informasilah yang dapat menjadi solusi untuk menghadapi tekanan bisnis tersebut. Maka dari itu keberadaan IT menjadi sangat penting karena hasil dari produk IT menghasilkan produk – produk yang menarik (seperti M-banking,  E-ticketing, dll), struktur organisasi,dan menejemen serta proses bisnis sering berubah sesuai dengan berubahan dan perkembangan IT, peluang lerja yang melimpah, dan karena IT dapat memengaruhi fungsionalitas bisnis seperti system kerja yang dianut dapat berubah dan menjadi lebih baik.

Lalu bagaiman peran IT dalam bisnis saat ini. Dalam hal ini IT dapat menyediakan alat dan kemampuan untuk merespom tekanan bisnis tersebut. IT dalam hal bisnis diharapkan dapat digunakan untuk bersaing lebih baik antara satu perusahaan dengan yang lain. Maka dari itu perlu diketahui bagaimana kerja IT. IT disini digunakan untuk memroses data (fakta mentah) yang akan diolah menjadi informasi (data yang terorganisir dan memiliki makna) lalu menjadi knowledge (informasi yang di analisis dan dapat digunakan untuk pemahaman, pengambilan keputsan, dan pemecahan masalah). Untuk melakukan  hal tersebut maka diperlukan sebuah system atau komponen – komponen yang saling berinteraksi dan bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu, dalam system ini berisi input, proses, output, control, feedback dan boundary. Dalam menjalankan system tersebut diperlukan beberapa komponen seperti, computer(alat yang beroperasi dibawah instruksi yang terkontrol)), system informasi(system yang digunakan untuk mengumpulak, menganlisis, menyimpan data dan menyajikan informasi), teknologi informasi, yang juga akan berkembang menjadi Informatic Comunication Technology (ICT yaitu IT yang dikomunikasikan dan diperuntukan untuk emngolah data dalam berbagai cara).

Komputer disini berperan sangat penting sebagai alat elektronik yang mengolah data untuk dijadikan informasi. Dalam computer terdapat beberapa komponen yaitu Input (digunakan untuk memasukan data & instruksi seperti keyboard, mouse, dll), output (memunculkan dan menyampaikan hasil dari instruksi seperti monitor, speaker, dll ), dan system unit yang merupakan komponen elektronik untuk memroses data. Dalam system unit terdapat motherboard yang terdiri dari CPU yang terdapat prosesor yang digunakan untuk menjalakan dan memberitahukan instruksi apa yang harus dikerjakan computer, dan memory yaitu penyimpanan sementara untuk instruksi yang akan dijalankan, serta storage atau media penyimpanan data dan informasi yang terdiri dari storage media dan storage device. Selain hardware terdapa juga software yang terdiri dari program dan software aplikasi. Program adalah urutan instruksi yang digunakan untuk memberitahukan perintah yang harus dijalakan oleh computer. Program terdiri dari dua kategori yaitu program pengendali operasi computer dalam bentuk OS ( kumpulan program yang mengkoordinasikan semua aktivitasdari perangkat keras computer dan mengijinkan penggunanya untuk menjalankan perangkat lunak aplikasi ) dan utility program (untuk menjalankan tugas pemeliharaan devices dan program). Sedangkan software aplikasi adalah program yang digunakan untuk menjalankan tugas tertentu (Ms.word, Ms.excel, dll). Komputer juga dapat dikategorikan menjadi beberapa kategori yaitu PC/desktop, mobile handheld computers, dan computer server.

Dengan komponen – komponen di atas tadi maka perusahaan dapat menangani tekanan bisnis yang akan dihadapi. Komponen – komponen tersebut akan bekerja untuk memroses data yang nantinya akan menjadi informasi yang berguna untuk menghadapi tekanan bisnis. Informasi itu berguna bila akurat, lengkap, fleksibel, handal, relevan, tepat waktu, dapat diverifikasi, bisa diakses, dan aman. Perusahaan akan mendapatkan ekspetasi yang tinggi terhadap system informasi mereka bila yang pertama yaitu cepat dan akurat dalam pemrosesan transaksi bisnis, kedua memiliki kemampuan yang unik  untuk menyediakan keunggulan yang kompetitif, yang terakhir adalah dapat menyimpan, mencari, menganalisa, dan sharing data guna meningkatkan komunikasi, mengurangi overload, menjangkau batas –  batas organisasi, mendukug dan menigkatkan pengambilan keputusan. IT yang merupakn solusi untuk menghadapi  tekanan bisnis ini dapat berperan dalam berbagai macam bidang seperti pendidikan, media komunikasi berita dan kabar, kepemerintahan Negara, dll.

Dari pembelajaran di atas dapat disimpulkan bahwa bisnis saat ini menghadapi tekanan, IT menyediakan alat dan kemampuan untuk merespon tekanan tersebut, dan kesimpulan terakhir yaitu IT membantu mengembangkan strategi bisnis dan pemecahan masalah tekanan bisnis. Sekian dan terimakasih J.

Original Posted by Stephanus Deo Aquino (TF 2012 kelas D NPM: 120707091)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php