Stevan

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: November 23rd 2012

Teknologi Nirkabel
Perangkat nirkabel merupakan suatu perangkat yang dapat saling terhubung tanpa menggunakan kabel sebagai media penghubungnya.Contoh dari teknologi nirkabel adalah:telepon seluler,portabel radio dua arah,GPS,wireless mouse,televisi satelit,headphone bluetooth,headset bluetooth,wireless keyboard,dll. Wireless Application Protocol (WAP) adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus.
Microbrowser merupakan internet browser berukuran kecil yang memakan bandwidth relatif lebih kecil daripada menggunakan browser pada jaringan nirkabel,contoh microbrowser yang sering dipakai:opera mini. Radio panggil yang lebih dikenal dengan sebutan pager adalah alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Radio panggil numerik satu arah hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja, khas layaknya sebuah nomor telepon yang digunakan penggunanya untuk menelepon. Radio panggil alphanumerik juga tersedia dengan sistem dua arah dapat mengirim pesan melalui surat elektronik atau SMS (short massage service).
Transmisi Media Nirkabel
Gelombang mikro (microwave) merupakan bentuk gelombang radio yang beroperasi pada frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), yang meliputi kawasan UHF, SHF dan EHF. Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN, warnet dan penyedia layanan internet (ISP). Satelit adalah media transmisi yang fungsi utamanya menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain.Tipe dari satelit ada 3 yaitu: Geostasioner GEO) mengorbit 22.300 mil tepat di atas khatulistiwa dan mempertahankan posisi tetap, baik untuk sinyal TV,Medium Earth Orbit (MEO) terletak 6.000 kilometer di atas permukaan bumi dan bergerak, Low Earth Orbit (LEO) terletak 400 sampai 700 mil di atas permukaan dan bergerak lebih cepat sehingga mereka memerlukan banyak memiliki cakupan yang memadai, penggunaan untuk telepon.Area yang dijangkau oleh satelit disebut dengan FootPrint.Broadcast Transmission berguna untuk memberi satelit mengirimkan signal ke banyak penerima setiap waktu.Propagation Delay adalah jeda waktu transmisi dari GEO.
GPS adalah sistem nirkabel yang menggunakan satelit untuk memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi mereka di mana saja di bumi,yang didukung oleh 24 satelit bersama di seluruh dunia,biasa dalam penggunaan gps cukup memakai 3 satelit unuk menentukan posisi seseorang.Internet Over Satellite(IOS) memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet melalui satelit GEO dari hidangan dipasang pada sisi rumah mereka. Satellite Radio (radio digital) menawarkan gangguan, dekat CD musik berkualitas yang dikirim ke radio dari ruang angkasa. (XM radio satelit menggunakan GEO, Sirius menggunakan MEO)
Cahaya inframerah adalah lampu merah yang tidak biasa terlihat mata manusia, penggunaan umum dalam unit remote control untuk TV, VCR, DVD, CD player. Cahaya inframerah adalah lampu merah yang tidak dapat dilihat dengan mata manusia,biasa digunakan dalam unit remote control untuk TV, VCR, DVD, CD player.
Wireless Computer Networks and Internet Access
Standar IEEE untuk jaringan komputer nirkabel meliputi:
• IEEE 802.15 (Bluetooth) untuk nirkabel jaringan wilayah pribadi (PANS) dan 802.15.4 (Zigbee).
• IEEE 802.11 (Wi-Fi) untuk jaringan area lokal nirkabel (WLAN)
• IEEE 802.16 (Wi-Max) untuk area jaringan nirkabel metropolitan (WMANs)
• IEEE 802,20 dianjurkan untuk nirkabel wide area network (WWAN).
Bluetooth digunakan untuk mentransmisikan data antar perangkat nirkabel yang saling terhubung(dapat menghubung dengan 8 perangkat dalam jangkuan terjauh 10m,kecepatannya hingga 1 Mbps).Personal area network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer.Zigbee kecepatan transfer datanya hanya seperempat dari kecepatan bluetooth tetapi dapat terhubung dengan ratusan perangkat.
Wireless Local Area Network (WLAN)
WLAN membutuhkan pemancar dengan antena, yang disebut titik akses nirkabel, yang menghubungkan ke LAN kabel atau piring satelit yang menyediakan koneksi internet. Wireless network interface card (NIC) diperlukan untuk berkomunikasi secara nirkabel dan harus memiliki radio built-in dan antena. Hotspot adalah titik akses nirkabel yang menyediakan layanan ke sejumlah pengguna dalam perimeter geografis yang kecil (hingga ratusan meter). IEEE standar untuk WLAN adalah keluarga 802.11, yang dikenal sebagai Wi-Fi, Wireless Fidelity.
802.11a dapat mengirimkan hingga 54 Mbps dalam jarak 30 meter, 802.11b dapat mengirimkan hingga 11 Mbps dalam jarak 30-50 meter, 802.11g – 54 Mbps dalam jarak 50 meter.
Permasalahan dalam penggunaan WIFI
• Roaming:pengguna tidak dapat menjelajah dari hotspot ke hotspot jika hotspot menggunakan berbeda Wi-Fi layanan jaringan.
• Security: karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio,maka susah untuk dilindungi.
• Cost: Wi-Fi komersial adalah layanan yang biayanya rendah dan tidak gratis dan layanan masing-masing memiliki biaya sendiri dan rekening terpisah bagi pengguna untuk logon.
WiMax
Worldwide Interoperability for Microwave Access yang lebih dikenal dengan nama WiMax adalah sebuah nama untuk standar IEEE 802.16.Akses berbasis nirkabel ini dapat mencapai jarak 31 mil dan kecepatannya dapat mencapai 75Mbps selain itu juga merupakan sistem yang aman untuk berbagi data berupa suara dan video.
Mobile Computing and Mobile Commerce
Mobile Computing mengacu pada waktu nyata(real time) pada koneksi nirkabel antara perangkat mobile dan lingkungan komputasi lain, seperti internet atau intranet dan memiliki 2 karakteristik utama yang membedakannya dari bentuk-bentuk lain dari komputasi,yaitu:
• Mobilitas:pengguna membawa perangkat mobile dan dapat memulai kontak real-time dengan sistem lain dari mana pun mereka berada.
• Jangkauan luas:pengguna dapat menggunakan secara langsung ketika mereka membawa perangkat mobile dalam lingkungan terbuka dengan keadaan sedang berpergian(berpindah tempat).
Mobile Commerce
M-commerce mengacu pada e-commerce (EC) transaksi yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel terutama melalui internet. Pengembangan m-commerce didorong oleh faktor-faktor berikut:
• Meluasnya ketersediaan perangkat mobile
• Tidak perlu menggunakan PC
• Budaya pemakaian/penggunaan ponsel
• Penurunan harga
• Peningkatan Bandwidth
Mobile Commerce Application
Aplikasi mobile commerce antara lain digunakan pada:
• Jasa keuangan
• Mobile Banking
• Sistem Pembayaran Elektronik
• Micropayments
• Dompet Elektronik
• Wireless Bill (Pembayaran)

Intrabusiness Applications
Untuk mengakses informasi dapat menggunakan:
• Mobile Portal : menyediakan konten dan layanan untuk pengguna ponsel yang meliputi berita, olahraga, email, hiburan, perjalanan dan informasi restoran, layanan masyarakat, dan perdagangan saham.
• Voice Portal : sebuah situs Web berbasis antarmuka yang dilengkapi dengan audio dan juga dapat diakses melalui standar atau telepon selular.
Location-based Applications
Mencakup:
• Shopping from Wireless Devices:vendor online yang memungkinkan pelanggan untuk berbelanja dari perangkat nirkabel.
• Location-based Advertising adalah layanan yang ketika pemasar mengetahui lokasi saat ini dan preferensi pengguna ponsel, mereka dapat mengirim pengguna tertentu pesan iklan ke perangkat nirkabel tentang toko-toko terdekat, mal dan restoran.
• Location-based Services adalah layanan yang memberikan informasi kepada pelanggan tentang layanan lokal dan kondisi melalui ponsel.
Wireless Telemedicine
Telemedicine digunakan pada telekomunikasi modern dan teknologi informasi untuk memperoleh informasi penyediaan perawatan klinis untuk individu terletak dimana dan untuk transmisi informasi untuk memberikan informasi tentang perawatan itu. Telemetri adalah transmisi nirkabel dan penerimaan data yang dikumpulkan dari sensor remote.
Pervasive Computing
Komputasi Pervasif (komputasi Ubiquitous) tidak terlihat “di mana-mana komputasi” yang tertanam dalam benda-benda di sekitar kita – lantai, lampu, mobil kita, mesin cuci, oven microwave, telepon seluler, pakaian, dan sebagainya. (misalnya, rumah pintar, peralatan pintar)
Radio Frequency Identification:
• Teknologi RFID memungkinkan produsen untuk melampirkan tag dengan antena dan chip komputer pada barang dan kemudian melacak gerakan mereka melalui sinyal radio.
• Auto-ID membuat jaringan yang menghubungkan komputer ke objek, sebuah Internet”hal”.Internet hal ini akan memberikan kemampuan untuk melacak setiap item ketika mereka bergerak dari pabrik untuk menyimpan rak ke fasilitas daur ulang.
Wireless Sensor Networks (WSNs)
Wireless Sensor Networks adalah jaringan saling berhubungan, bertenaga baterai, sensor nirkabel yang disebut motes yang ditempatkan ke dalam lingkungan fisik.
• Motes mengumpulkan data dari banyak titik di ruang diperpanjang.
• Mote masing-masing berisi pengolahan, penyimpanan, dan sensor frekuensi radio dan antennaes.
• Motes memberikan informasi yang memungkinkan sebuah komputer pusat untuk mengintegrasikan laporan dari kegiatan yang sama dari sudut yang berbeda dalam jaringan.
• Mesh Jaringan terdiri dari motes, di mana masing-masing mote bangun untuk sepersekian detik ketika memiliki data untuk mengirim dan kemudian relay data tersebut ke tetangga terdekat.
• Keuntungan adalah jika salah satu mote gagal, satu lagi dapat mengambil data.
• Sangat efisien dan dapat diandalkan.
Wireless Security
Empat ancaman utama antara lain:
• Rogue access point adalah suatu akses poin yang tidak sah tetapi berpura-pura menjadi akses poin yang dapat dipercaya.
• War driving adalah suatu akses poin yang bergerak
• Eavesdropping pada upaya oleh pengguna ilegal yag mencoba untuk mengakses data.
• RF (Radio frequency) jamming adalah ketika seseorang atau perangkat secara sengaja atau tidak sengaja mengganggu transmisi jaringan nirkabel kita.
Cara menghindarinya:
• Memblokir SSID kita
• Mendeteksi jalur akses yang tidak sah dengan NetStumbler
• Penggunaan Enkripsi

• Mote masing-masing berisi pengolahan, penyimpanan, dan sensor frekuensi radio dan antennaes.
• Motes memberikan informasi yang memungkinkan sebuah komputer pusat untuk mengintegrasikan laporan dari kegiatan yang sama dari sudut yang berbeda dalam jaringan.
• Mesh Jaringan terdiri dari motes, di mana masing-masing mote bangun untuk sepersekian detik ketika memiliki data untuk mengirim dan kemudian relay data tersebut ke tetangga terdekat.
• Keuntungan adalah jika salah satu mote gagal, satu lagi dapat mengambil data.
• Sangat efisien dan dapat diandalkan.
Wireless Security
Empat ancaman utama antara lain:
• Rogue access point adalah suatu akses poin yang tidak sah tetapi berpura-pura menjadi akses poin yang dapat dipercaya.
• War driving adalah suatu akses poin yang bergerak
• Eavesdropping pada upaya oleh pengguna ilegal yag mencoba untuk mengakses data.
• RF (Radio frequency) jamming adalah ketika seseorang atau perangkat secara sengaja atau tidak sengaja mengganggu transmisi jaringan nirkabel kita.
Cara menghindarinya:
• Memblokir SSID kita
• Mendeteksi jalur akses yang tidak sah dengan NetStumbler
• Penggunaan Enkripsi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php