Stevan

Telekomunikasi dan Jaringan

Posted: October 9th 2012

Telekomunikasi adalah “kumpulan hardware dan software yang menerima/mengirimkan informasi dari satu sistem informasi ke sistem informasi lainnya”.Sistem telekomunikasi adalah suatu sistem yang menghubungkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk mentransmisikan informasi dari satu tempat ke tempat yang lain.Komponennya antara lain: Hardware,Media,Networks,Software,Data communication providers,Protocols,Applications.

Sinyal dalam telekomunikasi ada 2 jenis,yaitu sinyal analog dan sinyal digital.Dari 2 sinyal tersebut,sinyal yang paling mudah dipahami oleh komputer adalah sinyal digital. Jaringan adalah  alat komunikasi, media, dan software yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer.

Tipe-tipe  jaringan secara umum mencakup : LAN (Local Area Network), Metropolitan Area Networking (MAN),dan WAN(Wide Area Network).LAN adalah jaringan yang mencakup beberapa sistem komputer yang jarak dan areanya relatif kecil. Gateway adalah prosesor komunikasi yang menghubungkan jaringan yang berbeda dengan menerjemahkan dari satu set protokol yang lain.Bridge berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan dari jenis yang sama. Router adalah sebuah rute pesan melalui LAN terhubung beberapa atau ke WAN. Metropolitan Area Networking (MAN) adalah jaringan yang lebih luas dari LAN karena MAN terhubung dari beberapa LAN,sehingga jaringannya dapat menjadi lebih luas.Sedangkan WAN adalah jaringan yang dapat mencakup beberapa sistem komputer dengan jarak dan area yang relatif besar.Internet adalah WAN terbesar di dunia. Value-added networks (VAN):jaringan dikelola oleh pihak lain  dan dapat diakses melalui berlangganan.
Virtual private network (VPN):jaringan yang paling aman digunakan untuk menjaga kerahasiaan data perusahaan dan internet.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam fungsi jaringan antara lain : memeriksa ada atau tidaknya kesalahan dalam jaringan,format pesan dalam jaringan,menjaga log komunikasi,memastikan keamanan data dan privasi dalam jaringan,menyediakan terjemahan pesan dalam sebuah jaringan.

Jenis-jenis Protokol:
-Ethernet: adalah protokol yang paling umum digunakan.
Rata-rata kecepatannya mencapai 10BaseT (10 Mbps), Fast Ethernet 100BaseT (100Mbps), Gigabit Ethernet (1Gbps).
Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP-IP): digunakan untuk mengirim file berukuran besar dengan secara akurat dari sistem yang berbeda.
Data Transmisi Options : digunakan untuk meningkatkan kinerja jaringan.Beberapa contohnya:
-Packet-switching
-Frame relay
-Fiber Distributed Data Interface (FDDI)
-Asynchronous Transfer Mode (ATM)
-Switched Hub Teknologi
-Synchronous Optical Network (SONET)
-T-carrier System

 

Network Processing Strategies ada 2 jenis antara lain:

-Client/Server processing : suatu jaringan komputer yang terdapat komputer yang dikhususkan untuk menjadi sebuah server,sistem ini biasa digunakan diwarnet.

-Peer to peer processing : suatu jaringan komputer yang dimana setiap host dapat menjadi client maupun server secara bersamaan,dalam sistem jaringan ini tidak terdapat komputer yang khusus untuk menjadi sebuah server,melainkan semua komputer adalah client dan juga server.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php