Aku tahu

IT in the Business Environtment

Posted: September 17th 2012

Peluang Bisnis Online manfaatkan IT

Just For INFO –

Peluang Bisnis Online manfaatkan IT??? Dalam perkembangan dunia bisnis dan wirausaha, peran IT atau teknologi informasi sangatlah penting. Dari sini, bisa memilih pasar yang akan diminati oleh seseorang. “IT berperan besar sekali dalam dunia bisnis dan wirausaha, karena dengan IT kita dapat memilih market apa yang akan kita pilih dan dapat melakukan transaksi-transaksi dengan mudah dan cepat dan tentunya akan menjadikan semuanya lebih fleksibel, comprehensive dan dengan biaya yang murah
Menurutnya, semua usaha di bidang apapun bisa menggunakan IT, karena pemanfaatannya sendiri bisa untuk mengefisienkan suatu organisasi yang menjadikannya lebih fleksibel. “Juga dapat menarik banyak pembeli, ada juga usaha yang melakukan promosi secara online tetapi melakukan transaksi secara biasa,” jelasnya.
Selain itu, menurut pandangannya, usaha di Indonesia yang paling banyak menggunakan sistem IT yakni dalam penjualan buku, kaos, gadget, furniture, dan sebagainya.
Sementara situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, blog, dan sebagainya juga dinilai ampuh dalam mempromosikan suatu usaha. “Passion adalah sesuatu yang kita sukai, maka lalukan lah sesuatu yang kita sukai, maka impian kita pun akan terwujud,” pungkasnya.

Yang sebaiknya menjadi pertimbangan utama adalah apa yang dibutuhkan oleh pasar, dan apa yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi permintaan pasar tersebut. Untuk seseorang yang sudah memiliki pengalaman yang luas dan jiwa bisnis yang kuat, biasanya akan selalu mencari apa yang masih dibutuhkan oleh pasar. Tapi untuk pebisnis baru, saya bisa sarankan dua hal untuk menentukan bisnis apa yang sebaiknya digeluti:

  • Mulai dari yang Anda kuasai
    Keahlian dan pengalaman apa yang saat ini Anda miliki. Sebagai seorang karyawan, Anda tentunya sudah memiliki pengalaman dalam industri tertentu, jika memungkinkan, bisakah itu dijadikan sebagai usaha rumahan dengan modal yang ada. Atau mungkin keahlian lain yang selama ini belum banyak digali. Misalnya keahlian Anda dalam mendekor rumah bisa menjadi ladang bisnis baru yaitu desain interior. Kalau keahlian Anda adalah di dapur, maka sudah bisa ditebak usaha apa yang cocok untuk Anda.

     

  • Mulai dari yang Anda sukai
    Selain keahlian, kesukaan juga bisa dijadikan sebagai bisnis. Apapun hobi Anda bisa dijadikan sebagai bisnis. Walaupun Anda belum cukup ahli dalam bidang itu, tapi kalau sudah suka biasanya akan melakukan apapun untuk bisa.

    Buat list bisnis apa yang bisa dibangun dengan mempertimbangkan dua hal diatas, yaitu keahlian dan kesukaan Anda sendiri. Jangan batasi diri dengan keteratasan modal. Sekali lagi, besarnya modal hanya akan menentukan bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda, bukan bisnis apa yang dipilih. Dari list tersebut, saring kembali dengan pertimbangan pasar. Coba lihat dari bisnis tersebut bisnis apa yang paling bisa Anda marketingkan dan paling banyak dibutuhkan oleh pasar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php