Stefan Suprapto

PTI – Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: December 3rd 2012

Hari Selasa                                                                                                                                                       Tanggal  20 November 2012

Pertememuan minggu ke sebelas

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

 

 Wireless atau nirkabel (yang artinya tanpa kabel) adalah jaringan yang tanpa menggunakan kabel dan sangat berguna karena memungkinkan Anda menggunakan komputer Anda dan melakukan koneksi ke internet di mana saja di rumah atau kantor anda. Namun, sebagian besar jaringan nirkabel menggunakan router nirkabel.

WAP adalah singkatan dari Wireless Application Protocol, merupakan sebuah protocol komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi secara instan melalui handheld wireless devices seperti telephone seluler, pagers, radio dua arah, smartphone dan komunikasi.

Microwave: banyak digunakan untuk volume tinggi, garis jarak jauh, komunikasi terlihat. Transmisi microwave rentan terhadap gangguan lingkungan selama cuaca buruk seperti hujan lebat atau badai salju. Meskipun jarak jauh microwave komunikasi data sistem masih banyak digunakan, mereka digantikan oleh sistem satelit komunikasi.

Satelit: sistem transmisi menggunakan satelit komunikasi. Saat ini ada tiga jenis satelit mengelilingi bumi: geostasioner (GEO)  mengorbit 22.300 mil tepat di atas khatulistiwa dan mempertahankan posisi tetap, baik untuk sinyal TV, Medium earth orbit(MEO) yang terletak 6.000 kilometer di atas permukaan bumi dan bergerak, digunakan untuk GPS dan lebih murah, dan low earth orbit (LEO) adalah 400 sampai 700 mil di atas permukaan dan bergerak lebih cepat sehingga mereka memerlukan banyak memiliki cakupan yang memadai, penggunaan untuk telepon. Sebuah satelit yang lebih besar, footprint. Dengan demikian, menengah-earth-orbit satelit memiliki footprint yang lebih kecil dari satelit geostasioner, dan low-earth-orbit satelit memiliki jejak kaki terkecil dari semua. Transmisi Broadcast memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke penerima banyak pada satu waktu. Delay propagasi adalah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO yang membuat dua arah percakapan telepon yang sulit.

Radio: transmisi menggunakan gelombang radio frekuensi untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima. Gelombang radio perjalanan dengan mudah melalui dinding kantor normal, di samping itu perangkat radio cukup murah dan mudah untuk menginstal. gelombang radio dapat mengirimkan data pada kecepatan tinggi. Untuk alasan ini, radio semakin sedang digunakan untuk menghubungkan komputer ke kedua peralatan perifer dan daerah
jaringan.

Infrared: cahaya adalah lampu merah yang tidak biasa terlihat mata manusia. Aplikasi umum cahaya inframerah unit remote control untuk televisi, VCR, DVD dan pemutar CD. Pemancar inframerah yang digunakan untuk jarak pendek koneksi antar komputer dan peralatan perifer dan jaringan area lokal.

Bluetooth merupakan sebuah spesifikasi industri yang digunakan untuk membuat jaringan kecil wilayah pribadi. Bluetooth dapat menghubungkan hingga delapan perangkat dalam area 10 meter menggunakan daya rendah, radio komunikasi berbasis.

ZigBee merupakan padanan kata Zig dan Bee. Zig berarti gerakan zig-zag dan Bee berarti lebah. Zigbee memiliki sifat komunikasi yang mirip dengan komunikasi diantara lebah yang melakukan gerakan-gerakan tidak menentu dalam menyampaikan informasi adanya madu ke lebah yang satu ke lebah yang lainnya . Zigbee merupakan teknologi yang memfokuskan data rate rendah, konsumsi daya rendah, biaya rendah, target protokol jaringan wireless untuk aplikasi otomasi dan kendali remote.

 

 

Wireless Local Area Network (WLAN) adalah jaringan komputer di wilayah geografis yang terbatas yang menggunakan transmisi nirkabel untuk komunikasi.

Wireless Fidelity (WI-FI) adalah satu set standar untuk jaringan area lokal nirkabel

berbasis pada standar IEEE 802.11.

Permasalahan dengan Wi-Fi sendiri ialah :
Roaming – pengguna tidak dapat menjelajah dari hotspot ke hotspot jika hotspot menggunakan berbeda Wi-Fi layanan jaringan.
Keamanan – karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio, sulit untuk melindungi.
Biaya – komersial Wi-Fi layanan biaya rendah tetapi tidak gratis dan layanan masing-masing memiliki biaya sendiri dan rekening terpisah bagi pengguna untuk logon.

Wide-Area Network (WAN) adalah jaringan, umumnya disediakan oleh operator umum, yang mencakup wilayah geografis yang luas.

Apa Itu WiMax???

WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX di antara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps).

Mobile Computing

Mobile Computing mengacu pada real-time, koneksi nirkabel antara perangkat mobile dan lingkungan komputasi lain, seperti internet atau intranet dan memiliki 2 karakteristik utama yang membedakannya dari bentuk-bentuk lain dari komputasi.
1 Mobilitas – pengguna membawa perangkat mobile dan dapat memulai kontak real-time dengan sistem lain dari mana pun mereka berada.
2 jangkauan luas – pengguna dapat dicapai langsung ketika mereka membawa perangkat mobile terbuka.

  •  Mobilitas yang didasarkan pada fakta bahwa pengguna membawa perangkat mobile dengan mereka dan dapat memulai kontak nyata-dasi dengan sistem lain dari mana pun mereka berada.
  •  jangkauan luas yang mengacu pada fakta bahwa pengguna membawa perangkat mobile terbuka, mereka dapat dihubungi langsung.

Mobile Commerce

M-Commerce yang berasal dari mobile commerce merupakan suatu sistem perdagangan (e-commerce) yang dilakukan melalui media protabel seperti ponsel, PDA, dll Pada dasarnya, M-Commerce ini merupakan gabungan dari e-commerce dan mobile computing. Karena itu, bisa dikatakan bahwa M-Commerce adalah E-Commerce yang berada dalam lingkungan nirkabel.

M-Commerce mempunyai keuntungan yaitu :

· Kepuasan pelanggan, penghematan biaya, dan peluang bisnis baru

· Dapat dilakukan dimana saja dengan light-weighted device

· Dapat membawa penjual dan pembeli bersama – sama dengan mudah sehingga memungkinkan untuk mendapatkan laba yang lebih dekat

M-Commerce mempunyai beberapa model bisnis dari berbagai aspek, seperti

· Layanan Keuangan

  • Perbankan
  • Wireless Payment
  • Micropayment
  • Wireless Wallet
  • Bill Payment Service
  • Money Transfer

· Mobile Portal

  • Berita
  • Olahraga
  • E-mail
  • Hiburan
  • Informasi Perjalanan
  • Restoran
  • Informasi Pertandingan
  • Layanan Komunitas
  • Stock Trading

*Sekian ringkasan dari saya 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php