Stefan Suprapto

PTI – Telecommunications and Networks ( Telekomunikasi dan Jaringan )

Posted: October 28th 2012

Hari Selasa Tanggal 16 Oktober 2012

Pertemuan minggu ke tujuh

Telecommunications and Networks

( Telekomunikasi dan Jaringan )

            Apa itu Telekomunikasi dan jaringan pada komputer?  Sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung melalui media fisik dan software yang memfasilitasi komunikasi antara komputer-komputer dalam satu kesatuan. Media fisik ini bisa berupa kabel, atau signal yang menjadi media bagi komunikasi elektromagnetik.

Perkembangan teknologi pesat ini banyak yang menerapkan teknologi ini. Teknologi Sinyal Digital maupun Teknologi Sinyal Analog. Ada yang hanya menggunakan satu teknologi, ada juga yang menggunakan keduanya. Signal yang dimaksud adalah cara komputer berkomunikasi dengan komputer lain dengan contoh :

A.     Analog Signal

Sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/ karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog.

B.     Digital Signal

Sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1.Teknologi Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau/noise, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Sinyal Digital juga biasanya disebut juga Sinyal Diskret.

Serta jika suatu komputer ingin berkomunikasi dengan komputer lain tetapi komputer lain memberi signal analog sedangkan komputer hanya dapat membaca signal digital. Apa yang kira – kira kita butuhkan untuk mengubah suatu signal analog menjadi signal digital? Yang kita butuhkan ialah suatu modem yang dapat mengubah signal analog menjadi signal digital untuk mengakses internet atau pun sesama komputer.

Setelah kita mengenal bagaimana komputer berkomunikasi dengan cara signal. Kita akan belajar mengetahui komputer berkomunikasi secara fisik (yang bisa terlihat) seperti kabel, Ada beberapa jenis kabel pada komputer untuk melakukan komunikasi atau jaringan, Seperti :

C.     Twisted-pair wire

Merupakan kombinasi dua helai kawat yang saling dikaitkan silang-menyilang (twisted-wire). Dalam satu kabel bisa terdapat lebih dari satu pasang twisted-wire yang dibundel menjadi satu. Contohnya pada kabel telefon dan mudah mendapat gangguan

D.     Coaxial cable

Sebuah kabel yang terdiri dari tiga lapisan: (1)bahan isolasi, (2)anyaman logam, dan (3)pelindung luar dari plastik. Kabel ini umumnya dipakai sebagai kabel antena televisi, karena bisa direntang lebih panjang dibandingkan twisted-pair dan lapisan pelindungnya lebih tebal sehingga dapat mengurangi noise secara maksimal.

E.     Fiber-optic cable

Terdiri dari ratusan benang halus – sehalus rambut manusia – yang dinamakan serat optik. Serat optik ini terbuat dari campuran gelas dan plastik dan berfungsi menyalurkan cahaya sebagai pengantar data/sinyal. Bisa dikatakan inilah jenis kabel terbaik saat ini. Beberapa keunggulannya adalah:

  • Mampu mengantarkan sinyal dengan jumlah lebih besar dibanding kawat biasa.
  • Transmisi data berkecepatan tinggi.
  • Lebih tahan terhadap noise.
  • Tingkat keamanan pengiriman data lebih tinggi karena jarang terganggu noise.
  • Ukuran lebih tipis dan ringan dibanding kabel biasa.

Saat ini kelemahan fiber-optic hanya satu: harganya sangat mahal.

1.      Microwave

Dan juga ada Microwave bukan dalam arti kabel atau sebagai oven tapi dari sini adalah tingkat kecepatan suatu akses dari suatu komputer telekomunikasi dengan microwave seperti membangun tower – tower.  Merupakan bentuk radio yang menggunakan frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz). Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan MAN, warnet dan penyedia layanan internet (ISP). Keuntungan menggunakan gelombang mikro adalah pengiriman sinyal Microwave transmisi antar BTS tidak begitu dibutuhkan, dapat membawa jumlah data yang besar, biaya murah karena setiap tower antena tidak memerlukan lahan yang luas, frekuensi tinggi atau gelombang pendek karena hanya membutuhkan antena yang kecil. Kelemahan gelombang mikro adalah rentan terhadap cuaca seperti hujan dan mudah terpengaruh pesawat terbang yang melintas di atasnya.

2.      Satelit Komunikasi

Sebuah satelit buatan yang ditempatkan di angkasa dengan tujuan telekomunikasi. Jelas saja biaya yang di perlukan sangat mahal dan kelebihannya ialah sangat cepat mengakses suatu data dan jangkauan sangatlah luas . Tetapi kelemahannya jika ada kerusakan butuh biaya yang lebih besar lagi untuk memperbaikinya dan tidak sembarangan orang yang bisa memperbaikinya untuk keluar angkasa.

 

3.      Radio

Teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Jangkauannya terbatas, contohnya kita berada di kota Yogakarta kita dapat mendengar siaran radio dari Yogakarta tetapi ketika kita di Kalimantan contohnya , Pontianak. Kita tidak dapat lagi mendengar siaran radio dari Yogyakarta. Kelemahannya bisa saja gangguan dari cuaca atau dari kerusakan dalamnya.

4.      Infrared

Alat atau gelombang kecil yang digunakan untuk mengirim data dari jarak dekat . Infrared terdapat pada handphone – handphone model lama yang hanya bisa mengirim data pada jarak ± 15 cm.

  • Transmission speed ( Kecepatan Transmisi )

Bandwidth adalah jalur atau channel atau frekuensi radio yang disediakan oleh operator untuk komunikasi data. dengan batas kemampuan dan kecepatan untuk mentransmisikan data yang sesuai dengan layanannya.

  • Transmission mode ( Mode Transmisi )

Karakter demi karakter (asynchronous)
Aliran karakter (sinkron)

  • Transmission accuracy ( Ketepatan Transmisi )

Kontrol akurasi ditambahkan ke pesan
Kesalahan deteksi dan koreksi yang diperlukan

 I.       Network

Perangkat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Jaringan Lingkuannya pada Network terbagi menjadi 2 ,yaitu :

1.      Local Area Network (LAN)

Jaringan yang mencakup jarak geografis yang relatif kecil, contoh untuk di rumah dan di kantor yang 1 gedung. Didalam LAN juga masih ada 3 komponen yaitu,

Gateway  adalah prosesor komunikasi yang menghubungkan jaringan yang berbeda dengan menerjemahkan dari satu set protokol yang lain.

Bridge – menghubungkan dua jaringan dari jenis yang sama.

Router – rute pesan melalui LAN terhubung beberapa atau ke WAN.

LAN juga mempunyai  4 Tapoliogy , yaitu :

  • Topologi Star

Beberapa simpul/node yang diswitchkan dengan simpul pusat/host, yang membentuk jaringan fisik seperti bintang, semua komunikasi ditangani langsung dan dikelola oleh host yang berupa mainframe komputer seperti Switch hub.
Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke central point. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang jaringan yang lainnya.

  • Topologi Hierarkis

Berbentuk seperti pohon bercabang yang terditi dari komputer induk (host) yang diswitchungkan dengan simpul atau node lain secara berjenjang, jenjang yang lebih tinggi berfungsi sebagai pengetur kerja jenjang dibawahnya, biasanya topologi ini digunakan oleh perusahaan besar atau lembaga besar yang mempunyai beberapa cabang daerah, sehingga data dari pusat bisa didistribusikan ke cabang atau sebaliknya.

  • Topologi Bus

Beberapa simpul/node diswitchungkan dengan jalur data (bus).  Masing2 node dapat melakukan tugas-tugas dan operasi yang berbeda namun semua mempunyai hierarki yang sama.
Topologi ini biasanya menggunakan kabel Coaxial, yang sekarang sudah sangat jarang digunakan atau di implementasikan.

  • Topologi Ring

Di dalam topologi Ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain, bila alamat- alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dilewatkan. Kelemahan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu. Keunggulan topologi Ring adalah tidak terjadinya collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada topologi Bus, karena hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat, dan yang lainnya menggu hingga pengiriman data selesai.

2.      Wide Area Network (WAN)

Jaringan yang mencakup jarak geografis yang luas, contohnya yah internet yang dapat mencakup seluruh dunia dalam hitungan detik. WAN juga ialah Layanan yang disediakan oleh operator umum.

WAN juga bisa menjadi :

Value-added networks (VAN) –  Swasta, data-satunya jaringan yang dikelola oleh pihak ketiga; diakses melalui berlangganan.

Virtual private network (VPN)  – Keamanan antara sistem perusahaan dan internet. Dalam arti hanya bisa di akses melalui perusahaan itu saja dan bersifat private.

J.      Jaringan Komunikasi Perangkat Lunak

Pada Jaringan Komunukasi Perangkat Lunak juga terdapat 3 komponen, yaitu :

  1. Jaringan Sistem Operasi – memungkinkan semua perangkat pada jaringan untuk berkomunikasi.
  2. Manajemen Jaringan Software – menyederhanakan tugas manajemen jaringan manusia.
  3. Protokol – menentukan aturan yang mengatur komunikasi perangkat melalui jaringan.

* Sekian ringkasan dari saya.. S’moga bermanfaat


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php