Stefan Suprapto

PTI – Computer Software

Posted: October 1st 2012

Tanggal 25 September 2012

Pertemuan minggu ke lima

 

Computer Software

(Perangkat Lunak Komputer)

 

Computer Software atau perangkat lunak komputer adalah data yang disimpan pada media penyimpanan data permanen seperti harddisk/disket/cd-r. Perangkat lunak ini dibuat untuk menjalankan perangkat keras komputer sehingga dapat berjalan sesuai fungsi yang diinginkan. Perangakat keras dapat juga berupa data-data seperti tulisan, gambar, atau video. Selain itu, software juga merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri. Data yang disimpan ini dapat berupa program atau intruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah  suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, di antaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Macam-macam perangkat lunak komputer :

A. Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur fungsi dasar dari sebuah komputer. Sistem operasi bertugas melakukan kontrol pada semua aplikasi program pada komputer termasuk pengaturan perangkat keras dan sistem input-output. Contoh sistem operasi : Microsoft DOS, Microsoft Windows, Ubuntu (linux), Macintosh, dll

2. Sistem perangkat lunak adalah perangkat lunak yang :

  • Kontrol dan mendukung kegiatan sistem komputer
  • Mendukung aplikasi perangkat lunak dengan mengarahkan fungsi dasar komputer
  • Memfasilitasi pengembangan program, pengujian, dan debugging

 

3. Proses Management

Mengelolah program – program yang sedang berjalan di processor (otak komputer) :

  • Multitasking atau Multiprogramming – mengelola dua atau lebih tugas, atau program, yang berjalan pada sistem komputer pada saat yang sama.
  • Multithreading – jenis multitasking, menjalankan dua atau lebih tugas dari aplikasi yang sama secara bersamaan.
  • Timesharing – banyak pengguna berbagi CPU yang sama, masing-masing menggunakan terminal input / output yang berbeda.
  • Multiprocessing – pengolahan simultan dengan beberapa CPU.

 

4. Virtual memory

Virtual Memory adalah teknik manajemen memori yang dikembangkan untuk kernel multitasking. Teknik ini divirtualisasikan dalam berbagai bentuk arsitektur komputer dari komputer penyimpanan data (seperti memori akses acak dan cakram penyimpanan), yang memungkinkan sebuah program harus dirancang seolah-olah hanya ada satu jenis memori, memori “virtual”, yang bertindak secara langsung beralamat memori baca/tulis (RAM).

 

5. File management and security

File Management and Security adalah metode dan struktur data yang digunakan sistem operasi untuk mengatur dan mengorganisir file pada disk atau partisi. File system juga dapat diartikan sebagai partisi atau disk yang digunakan untuk menyimpan file-file dalam cara tertentu. Cara memberi suatu file system ke dalam disk atau partisi dengan cara melakukan Format

 

6. Fault tolerance

Fault tolerance (Toleransi Kesalahan) , di sebuah software atau pun hardware tidak ada yang sempurna pasti di setiap sisi ada kelemahan atau kekurangan pada perangkat tersebut. toleransi kesalahan adalah salah satu yang membatasi dampak dari kegagalan perangkat keras atau perangkat lunak dan dapat membaik dengan cepat ketika kegagalan terjadi.

 

7. User interface

Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. User interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem.

 

B. Sistem pendukung program

 1.      System Utilities

System Utility atau sistem alat bantu merupakan suatu software yang bertugas untuk mengerjakan pekerjaan minor dalam pengoperasian sistem, seperti penghapusan, peng-copy-an, atau pengerjaan Cd. Contoh utility adalah :

  • PC-TOOL
  • Norton utility
  • mice utility
  • copywrite
  • Advance Diagnostic
  • Winzip

 

C. Software Issues

Masalah tentang sofware , bagaimana kita harus memilih sebuah software yang bagus dan dapat berguna setiap saat ataukah software yang kita pilih nanti bisakah diupgrade? Supaya tidak ketinggalan dengan software – software yang lain. Cara – cara yang tepat untuk memilih software untuk di suatu perusahaan atau secara pribadi ialah :

  1. Ukuran dari suatu software tersebut apakah cukup untuk kita gunakan misalnya software tersebut membutuhkan RAM 4GB sedangkan kita mempunyai RAM 1GB saja.
  2. Sistem administrasi alat
  3. Awal hingga akhir biaya yang di butuhkan di software tersebut, misalnya suatu software ingin di upgrade dengan baiya yang tertentu secara terus menerus.
  4. Saat ini dan selanjutnya apakah software tersebut masih berguna untuk kedepannya

 

 I.            Software Licensing

Sebuah software pasti mempunyai sebuah 1 lisensi untuk menghindari dari sebuah pembajakan. Lisensi adalah izin yang diberikan oleh pemilik rahasia dagang kepada pihak lain melalui suatu perjanjian berdasarkan pada pemberian hak (bukan pengalihan hak) untuk menikmati manfaat ekonomi dari suatu rahasia dagang yang diberi perlindungan dalam jangka waktu tertentu dan syarat tertentu.

 II.            Software Upgrades

Software pasti memerlukan pembaharuan / upgrade supaya dapat berjalan maksimal dan kebutuhan konsumen terpenuhi. Selain itu jg sebagai alat untuk bersaing antar software – software yang lain.

  III.            Open System

Sebuah model dari produk komputasi yang bekerja sama memberdayakan desainer untuk memilih perangkat keras komputer terbaik, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasi tanpa kekhawatiran kompatibilitas

   IV.            Open Source Software

Program komputer yang lisensinya memberi kebebasan kepada pengguna dalam menjalankan program tersebut untuk apa saja, mempelajari dan memodifikasi program tersebut, dan mendistribusikan penggandaan program asli atau yang sudah dimodifikasi tanpa harus membayar royalti kepada pembuat sebelumnya. Sehingga jika para pembuat aplikasi dapat mempelajari, mendistribusikan ulang, dan mengubah perangkat lunak tersebut, maka perangkat lunak itu akan berkembang. Inilah yang disebut masyarakat mengembangkannya, mengaplikasikannya, dan memperbaiki kelemahannya. Dari kita, oleh kita dan untuk kita bersama.

 

 

D. Bahasa Pemograman

  •   Bahasa Generasi Pertama >> Bahasa Mesin

Ciri – ciri :

– Tidak memiliki interpreter

– Menggunakan notasi biner

– Sering melakukan kesalahan

Contoh :

011011 000000 000000 000001 110101

berarti : bersihkan akumulator masukan isi lokasi penyimpanan 117 kedalamnya.

  •  Bahasa Generasi Kedua >> Bahasa Assembly (1950-an )

Ciri – ciri :

– Pengalamatan secara simbolis bukan alamat fisik.

– Terdiri dari : SAP,  AUTOCODER, SPS, BAL dan EASYCODER.

Contoh :

CLA SALARY

Salary menunjukkan lokasi memori tempat variabel salary disimpan.

 

  •   Bahasa Generasi Ketiga >> Bahasa Tingkat Tinggi (1960-an)

Ciri – ciri :

– Menggunakan bahasa Inggris

– Menekankan formula dalam notasi matematika

– Program dapat dikonversi untuk dijalankan pada mesin – mesin yang berbeda.

– Terdiri dari : ALGOL, FORTRAN, COBOL, PL/I dan ADA.

Contoh : x= (a+b)/(c+d)

  •   Bahasa Generasi Keempat >> Bahasa Produktifitas Tinggi (1970-an)

Ciri – ciri :

– Koding lebih sedikit

– Aplikasi yang digunakan cukup mudah.

– Meminimal problem debugging.

– User bisa menyelesaikan program sendiri.

– Terdiri dari : Informix, Oracle

 

  •   Bahasa Generasi Kelima >> Bidang Artificial Inteligence ‘ (1980-an)

Ciri – ciri :

– Sistem berbasis Pengetahuan.

– Mesin dapat menggambarkan kesimpulan berdasarkan kode pengetahuan yang kompleks.

– Terdiri dari : Prolog, LISP

 

  • VRML (Virtual Reality Modelling Language ) adalah sebuah spesifikasi untuk menampilkan gambar obyek tiga dimensi melalui World Wide Web.
  • Object-Oriented Programming Languages (OOP) , merupakan cara atau metode baru dalam membuat program, dan dalam teknik membuat program OOP adalah dengan mengetahui terlebih dahulu Objeknya, kemudian atribut(field/data)dan Perilaku (Fungsi).berbeda dengan programan Prodesural(konvensional),membuat program memakai aspek input, proses, dan output.

 

*Sekian ringkasan dari saya tentan Computer Software…

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php