Stefan Suprapto

PTI – Computer Hardware

Posted: October 1st 2012

Tanggal  18 September 2012

Pertemuan minggu ke empat

 

COMPUTER HARDWARE

(Perangkat Keras komputer)

Sebuah komputer sejatinya terdiri dari dua perangkat : Hardware ( Perangkat keras) dan Software (Perangkat lunak) tapi di ringkasan ini saya akan membahas tentang Hardware pada computer (Computer Hardware). Anda pasti tidak asing lagi mendengar kata Computer dan Hardware. Hardware sendiri ialah sebuah perangkat keras yang bisa di sentuh dan di raba. Komponen – komponen yang harus komputer miliki juga terdiri dari :

1.       CPU (Central Processing Unit)

CPU yang biasanya di panggil dengan otaknya komputer yang bertugas melaksanakan perintah dan mengolah data dari perangkat lunak.

2.       Memory

Memory tidak sama dengan hardisk. Karena Memory hanya tempat penyimpanan data sementara bukan seperti hardisk yang bisa menyimpan data secara permanet. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memory. Data yang disimpan dalam memory bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup).  Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memory akan hilang.

3.       Input Devices

Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.

 

4.       Output Devices

Output Devices adalah output yang dapat menampilkan hasilpengolahan, hasil pemasukan data atau perintah pada komputer. Berdasarkan hasil keluarannya, Output devices dapat di golongkan menjadi 2 yaitu softcopt dan hardcopy.

Di Dalam CPU ada apa aja?

a.      Processor

Processor adalah otaknya komputer, sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

  • Motherboard

Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

b.      Memory

Perangkat yang berfungsi mengolah data dan instruksi.

  • ¨      RAM adalah ruang untuk mengolah data dan instruksi yang ditulis atau di baca oleh prosesor, dan bersifat sementara.
  • ¨      EDO-RAM  (Extended Data Out) memiliki fungsi seperti RAM, akan tetapi jenis ini mempunyai kemampuan kerja sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan mentransfer data. Bentuk EDO-RAM adalah SIMM (Single Inline Memory Module).
  • ¨      SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)

SDRAM adalah memori yang dapat mengases data atau informasi lebih cepat dari EDO-RAM. Bentuk SDRAM adalah DIMM (Dual Inline Memory Module).

  • ¨      DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous DRRAM)

DDR SDRAM adalah tipe memori generasi penerus SDRAM, yang memiliki kemampuan dua kali lebih cepat dari SDRAM. Slot memori yang digunakanDDR SDRAM memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM

  • ¨      RDRAM (Rambus Dynamic RAM)

RDRAM adalah sebuah memori berkecepatan tinggi, digunaan untuk mendukung prosesor Pentium 4.

 

c.        Adapter Cards

Kartu pengatur penyesuaian alat, suatu kartu yang digunakan untuk menyesuaikan dan menambah fitur dari suatu komputer. Kemampuan dari alat ini macam-macam, diantaranya untuk berkomunikasi dengan perangkat lain, memutar video, menciptakan bunyi, mengirim dan menerima fax, komunikasi tanpa kabel serta berbagai oparasi lainnya.

 

  • Sound card

Rangkaian elektronika komputer, yang berfungsi untuk masukan ( input ) ataupun keluaran ( output ) data audio ( digital / analog ).

  • Modem Card

Bentuknya nyaris sama dengan LAN card (Network cards) yang kita pasangkan yaitu pada salah satu slot komputer serta memakai power suplply dari PC. Modem internal merupakan modem yang letaknya di dalam CPU dan menancap langsung ke motherboard.

  • Video Card

Fungsi Video Card, atau serig disebut Graphic Card, adalah utuk menerjemahkan tampilan yang akan ditampilkan di layar monitor. Serta membuat gambar atau video lebih halus dan jernih.

  • Network card

Network Card (LAN Card), soket untuk memasang kabel LAN yang fungsinya untuk menyambungkah PC ke perangkat lain utamanya PC juga. Baik langsung (peer to peer) atau melalui switch hub. Gunannya untuk memindah data antar PC atau koneksi internet.
Untuk PC yang menggunakan diskless, LAN Card digunakan juga untuk sarana booting PC dimana sistemnya mengambil dari server. Hanya saja untuk ini, harus ada boot rom nya.

d.      Ports

Port itu adalah suatu celah atau pintu atau lubang pada system komputer / micro computer sebagai jalur transfer data.
Pada system komputer sebenarnya ada dua jenis Port yaitu :

  1. Port fisik,adalah soket atau slot atau colokan yang ada di belakang CPU sebagai penghubung peralatan input-output komputer, misalnya Mouse, keyboard, printer…dll
  2. Port Logika (non fisik),adalah port yang di gunakan oleh Software sebagai jalur untuk melakukan koneksi dengan komputer lain, tentunya termasuk koneksi internet

e.      Drive bays

Drive Bay adalah slot yang biasanya terdapat pada bagian atas depan pada PC Case yang berfungsi sebagai tempat untuk harddisk, floppy drive, maupun drive optik (optical disk drive).

 

f.        Power Supply

Bagian dalam komputer yang berfungsi menyuplai tegangan ke komponen – komponen lain dari komputer.

 

*Sekian ringkasan dari saya.. smoga bermanfaat

 

 


Comments are closed.

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php