Stefanny Chong

Teknologi Informasi pada Lingkungan Bisnis

Posted: September 18th 2012

Hello, Guys and Gals! Ini adalah pengalaman pertama kalinya saya menulis di blog. Semoga apa yang saya tulis kali ini dapat menjadi referensi dan ide yang bermanfaat bagi kita semua. Saya akan memberikan review materi tentang “Teknologi Informasi pada Lingkungan Bisnis”.

Kita akan mulai dari peninjauan lingkungan bisnis saat ini, seperti apakah dunia bisnis itu? Berikut adalah penjabaran karakterisitik dalam dunia bisnis :

– Perubahaan yang cepat (Rapid Change)
Perubahan yang cepat di dalam dunia bisnis bisa saja terjadi dan silih berganti dalam hitungan detik. Oleh karena itu semua pembisnis diharapkan untuk selalu up-to-date dalam meninjau perubahan dunia.
– Kompleksitas
Kompleksitas atau kerumitan sebuah sistem di dunia bisnis memang sudah menjadi hal yang absolut karena ditinjau dari banyaknya komponen yang saling berinteraksi di dalam dunia bisnis. Hal ini menantang kita untuk mau dan berani untuk terjun langsung dalam interaksi dunia bisnis untuk mendapatkan skill-skill baru dalam pemecahan setiap masalah yang ada.
– Ekonomi global
Perkembangan perekonomian global dipengaruhi oleh pendapatan negara setiap tahunnya. Apabila perekonomian setiap negara melesat tinggi akan sangat membantu perkembangan perekonomian global.
– Kompetisi yang ketat
Kompetisi menjadikan setiap orang ingin berkembang dan lebih maju bahkan menjadi yang terbaik untuk dapat menguasai dunia. Ada begitu banyak skill dan kemampuan setiap individu yang mereka aplikasikan ke dalam dunia bisnis. Tentunya setiap perusahaan banyak merekrut SDM-SDM berkualitas untuk bekerja sama dalam memajukan perusahaan tersebut. Kita bisa melihat dari realita yang ada, dalam hitungan detik saja, suatu perusahaan bisa saja menjadi down dikarenakan disaingi oleh puluhan perusahaan lainnya. Perubahan yang begitu cepat ini menjadi tantangan utama di dunia bisnis.
– Fokus kepada konsumen
Kebutuhan dan permintaan manusia yang semakin hari semakin kompleks untuk dipenuhi menjadi tantangan dan sorotan utama para pembisnis dalam memanfaatkannya. Eksistensi perusahaan di mata konsumen jangan sekali-kali kita remehkan. Kita perlu mengetahui apa yang konsumen butuhkan dan kita sebagai penyedia layanan harus sekreatif mungkin menemukan solusi tepat dan praktis untuk memenuhi kebutuhan mereka semua. Survey konsumen melalui metode-metode tertentu bisa menjadi salah satu solusi tepat guna untuk menjadi bahan dasar pemecahan masalah.

Business Pressures di era jaman sekarang ini semakin menantang perusahaan-perusahaan besar di seluruh penjuru dunia dan menjadikan mereka berlomba-lomba mempertahankan eksistensi serta kestabilan perusahaan mereka untuk tetap menjadi yang terbaik. Hal ini menyebabkan respon perusahaan menjadi lebih proaktif dan reaktif. Bisnis dihadapkan dengan tekanan bagaimana mencapai produktivitas yang lebih dengan sumber daya yang terbatas. Dan tidak jauh dari itu, mereka melibatkan Information Technology dan Information Systems sebagai solusi tunggal terhadap business pressures. Kalau kita membedah secara spesifik hubungan dunia bisnis dengan IT akan sangat terlihat betapa kuatnya ikatan di antara keduanya. Sehingga kemampuan akan IT adalah menjadi hal yang penting bagi pembisnis. IT mempengaruhi setiap area fungsionalitas dari bisnis. Apa yg bisa dikerjakan melalui IT dan konsekuensi dari penggunaannya, sangatlah menarik. Strategi bisnis secara menyeluruh diprioritaskan kepada IT, sehingga peluang kerja dan karier menjadi melimpah pada area IT.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php