myBlog

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: November 27th 2012

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

 

A.    Wireless Technologies

  • Perangkat nirkabel cukup kecil untuk mudah dibawa atau dipakai, memiliki daya komputasi yang cukup untuk melakukan tugas-tugas produktif dan dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan internet dan perangkat lain.

–          Wireless Application Protocol (WAP) adalah standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, koneksi bandwidth rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan.

  • Microbrowsers adalah browser internet dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam low-memory kendala perangkat nirkabel dan bandwidth yang rendah dari jaringan nirkabel.
  • Pager adalah satu arah, nirkabel sistem pesan, ia mengingatkan pengguna ketika menerima pesan masuk.

Wireless Transmission Media

  • Microwave transmission systems banyak digunakan untuk volume tinggi, komunikasi jarak jauh, point-to-point.

Point-to-point memiliki dua karakteristik:

  1. Pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lain (disebut line-of-sight),
  2. Transmisi itu sendiri harus ketat diarahkan dari pemancar ke penerima
  • Satellite transmission Sistem menggunakan satelit komunikasi, tiga jenis satelit, masing-masing dalam orbit yang berbeda:
  1. Geostasioner (GEO)
  2. Medium-earth-orbit (MEO)
  3. Rendah-earth-orbit (LEO)
  • Footprint adalah luas permukaan bumi dicapai oleh transmisi satelit – mengatasi keterbatasan stasiun relay microwave data.
  • Broadcast transmission memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke penerima banyak pada satu waktu.
  • Propagation delay adalah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO yang membuat dua arah percakapan telepon yang sulit.

Jenis Orbit

  • Geostationary earth orbit (GEO) mengorbit 22.300 mil tepat di atas khatulistiwa dan mempertahankan posisi tetap, baik untuk sinyal TV.
  • Medium earth orbit (MEO) yang terletak 6.000 kilometer di atas permukaan bumi dan bergerak, digunakan untuk GPS dan lebih murah.
  • Low earth orbit (LEO)  adalah 400 sampai 700 mil di atas permukaan dan bergerak lebih cepat sehingga mereka memerlukan banyak memiliki cakupan yang memadai, penggunaan untuk telepon.

Global Positioning Systems (GPS)

GPS adalah sistem nirkabel yang menggunakan satelit untuk memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi mereka di mana saja di bumi, didukung oleh 24 satelit bersama di seluruh dunia.

Internet over Satellite (IOS)

IOS memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet melalui satelit GEO dari alat yang  dipasang pada sisi rumah mereka.

–          Hanya tersedia di beberapa daerah pilihan.

–          Dapat mengalami keterlambatan propagasi atau terganggu oleh kondisi lingkungan.

Radio

  • Radio transmission menggunakan gelombang radio frekuensi untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima.
  • Satellite radio (digital radio) mudah terganggu, dekat CD musik berkualitas yang dikirim ke radio dari ruang angkasa. (XM radio satelit menggunakan GEO, Sirius menggunakan MEO)
  • Infrared cahaya lampu merah yang tidak biasa terlihat mata manusia, penggunaan umum dalam unit remote control untuk TV, VCR, DVD, CD player.

B.     Wireless Computer Networks and Internet Access

Bluetooth

–          digunakan untuk membuat PANs kecil:

–          dapat menghubungkan hingga 8 perangkat dalam area 10 meter;

–          menggunakan komunikasi daya rendah, radio berbasis;

–          dapat mengirimkan hingga 1 Mbps.

Personal area network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer (misalnya, telepon, PDA, ponsel pintar) dekat satu orang.

Zigbee

 Merupakan target aplikasi yang membutuhkan tingkat penularan data rendah dan konsumsi daya rendah:

–          memindahkan data hanya seperempat secepat Bluetooth;

–          Dapat menangani ratusan perangkat sekaligus;

–          aplikasi yang paling menjanjikan adalah pembacaan meter.

Wireless Local Area Network (WLAN)

WLAN membutuhkan pemancar dengan antena, disebut wireless access point, Yang menghubungkan ke LAN kabel atau piring satelit yang menyediakan koneksi internet.

–          Wireless network interface card (NIC) diperlukan untuk berkomunikasi secara nirkabel dan memiliki radio built-in dan antena.

–          Hotspot titik akses nirkabel yang menyediakan layanan ke sejumlah pengguna dalam perimeter geografis yang kecil (hingga seratus meter beberapa).

Masalah yang mungkin terjadi dalam menggunakan Wi-Fi

–  Roaming – Pengguna tidak dapat menjelajah dari hotspot ke hotspot jika hotspot menggunakan berbeda Wi-Fi layanan jaringan.

–  Security – Karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio, sulit untuk melindungi.

–  Cost – Komersial Wi-Fi layanan biaya rendah tetapi tidak gratis dan layanan masing-masing memiliki biaya sendiri dan rekening terpisah bagi pengguna untuk logon.

C.    Mobile Computing dan Mobile Commerce

Mobile computing mengacu pada real-time, koneksi nirkabel antara perangkat mobile dan lingkungan komputasi lain, seperti internet atau intranet dan memiliki 2 karakteristik utama yang membedakannya dari bentuk-bentuk lain dari komputasi.

–          1 Mobility – pengguna membawa perangkat mobile dan dapat memulai kontak real-time dengan sistem lain dari mana pun mereka berada.

–          2 Broad reach – Pengguna dapat dicapai langsung ketika mereka membawa perangkat mobile terbuka.

2 karakteristik, mobilitas dan jangkauan yang luas, menciptakan lima nilai tambah atribut yang memecahkan hambatan geografi dan waktu:

–          Ubiquity;

–          Kenyamanan;

–          Konektivitas instan;

–          Personalisasi;

–          Lokalisasi produk dan jasa.

Mobile Commerce

M-commerce mengacu pada e-commerce (EC) transaksi yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel terutama melalui internet.

Pengembangan m-commerce didorong oleh faktor-faktor berikut:

–          Meluasnya ketersediaan perangkat mobile

–          Tidak perlu untuk PC

–          The “Cell phone culture”

–          Penurunan harga

–          Peningkatan Bandwidth

Aplikasi Mobile Commerce

–          Jasa Keuangan

–          Mobile Banking

–          Wireless Sistem Pembayaran Elektronik

–          Micropayments

–          Mobile (Wireless) Dompet

–          Wireless Bill Pembayaran

Intrabusiness Applications

Mengakses Informasi

–          Mobile Portal merupakan agregat dan menyediakan konten dan layanan untuk pengguna ponsel yang meliputi berita, olahraga, email, hiburan, perjalanan dan informasi restoran, layanan masyarakat, dan perdagangan saham.

–          Voice Portal adalah sebuah situs web dengan antarmuka audio dan juga dapat diakses melalui standar atau telepon selular.

 

Location-based Applications

–  Shopping from Wireless Devices – Vendor online memungkinkan pelanggan untuk berbelanja dari perangkat nirkabel.

–  Location-based Advertising adalah ketika pemasar mengetahui lokasi saat ini dan preferensi pengguna ponsel, mereka dapat mengirim pengguna tertentu pesan iklan ke perangkat nirkabel tentang toko-toko terdekat, mal dan restoran.

–  Location-based Services memberikan informasi kepada pelanggan tentang layanan lokal dan kondisi melalui ponsel.

 

Wireless Telemedicine

Telemedicine adalah penggunaan telekomunikasi modern dan teknologi informasi untuk penyediaan perawatan klinis untuk individu terletak pada jarak dan untuk transmisi informasi untuk memberikan perawatan itu

 

D.     Pervasif Computing

Pervasif Computing (Ubiquitous komputasi) tidak terlihat “di mana-mana komputasi” yang tertanam dalam benda-benda di sekitar kita – lantai, lampu, mobil kita, mesin cuci, oven microwave, telepon seluler, pakaian, dan sebagainya. (Misalnya, rumah pintar, peralatan pintar)

 

Wireless Sensor Networks (WSNs)

Wireless Sensor Networks adalah jaringan yang saling berhubungan, bertenaga baterai, sensor nirkabel yang disebut motes yang ditempatkan dalam lingkungan fisik.

–          Motes mengumpulkan data dari titik selama bertahun ruang diperpanjang.

–          Masing-masing mote mengandung pengolahan, penyimpanan, dan sensor frekuensi radio dan antennaes.

–          Motes memberikan informasi yang memungkinkan sebuah komputer pusat untuk mengintegrasikan laporan dari kegiatan yang sama dari sudut yang berbeda dalam jaringan.

Mesh Jaringan terdiri dari motes, di mana masing-masing mote bangun untuk sepersekian detik ketika memiliki data untuk mengirim dan kemudian relay data tersebut ke tetangga terdekat.

–          Keuntungan adalah jika salah satu mote gagal, satu lagi dapat mengambil data.

–          Sangat efisien dan dapat diandalkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php