myBlog

COMPUTER SOFTWARE

Posted: October 9th 2012

COMPUTER SOFTWARE

Masalah Software :

–           selain pengembgan aplikasi baru, software juga harus dipertahankan

–          Peningkatan kompleksitas menyebabkan potensi peningkatan “bug.”

–          Pengujian dan “debugging” software mahal dan memakan waktu.

Computer software dibagi menjadi 2 bagian:

  1. Software System : Instruksi yang mengelola sumber daya perangkat keras

Tugas :

  • Mengontrol dan mendukung aktifitas sistem komputer
  • Mendukung aplikasi perangkat lunak dengan mengarahkan fungsi dasar komputer
  • Memfasilitasi pengembangan program, pengujian, dan debugging
  • independen dari setiap jenis aplikasi tertentu

 

System Software dibagi menjadi 2 bagian yaitu :

  1. System Control Programs : Mengontrol penggunaan semua sumber daya sistem (hardware, software, data)

 

Tugas sistem operasi :

  • mengawasi keseluruhan operasi komputer
  • mengalokasikan waktu CPU dan memori utama untuk program yang berjalan pada komputer
  • menyediakan antarmuka antara pengguna dan perangkat keras

Dalam sistem operasi terdapat beberapa layanan :

  • Process management-> mengelola program (s) berjalan pada prosesor
    • Multitasking atau Multiprogramming mengelola dua atau lebih tugas, atau program, yang berjalan pada sistem komputer pada saat yang sama
    • Multithreading – jenis multitasking, menjalankan dua atau lebih tugas dari aplikasi yang sama secara bersamaan
    • Timesharing – banyak pengguna berbagi CPU yang sama, masing-masing menggunakan terminal input / output yang berbeda
    • Multiprocessing – Simultan pengolahan dengan beberapa CPU

 

  • Virtual memory – Mensimulasikan lebih memori utama daripada benar-benar ada dalam sistem komputer
  • Manajemen file dan keamanan – Mengelola pengaturan, dan akses ke, file diadakan di penyimpanan sekunder
  • Fault toleranceSistem dapat menghasilkan hasil yang benar dan terus beroperasi bahkan di hadapan kesalahan atau kesalahan
  • User interface – Memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol langsung dari objek yang terlihat (ikon) dan tindakan yang mengganti sintaks perintah yang kompleks

 

  1. System Support Programs : dukungan kemampuan khusus (Mendukung operasi, manajemen, dan pengguna sistem komputer)

Contoh :

  • Sistem Utilitas

Melakukan tugas umum: menyortir catatan, memeriksa integritas disk, menciptakan direktori dan subdirektori, memulihkan file tidak sengaja terhapus, mencari file yang tersimpan, mengelola penggunaan memori, dan mengarahkan output.

  • Performance monitors

–          memantau proses pekerjaan

–          menghasilkan laporan statistik pada penggunaan sumber daya sistem

  • Security monitors

memantau penggunaan sistem komputer untuk melindungi dan sumber daya dari penggunaan yang tidak sah, penipuan, atau perusakan.

  1.  Application Software : Instruksi yang melakukan tugas-tugas pengguna tertentu

Jenis Application Software :

  • Proprietary application software

–          Alamat kebutuhan bisnis yang spesifik atau unik bagi perusahaan

  • Off-the-shelf application software

–          Penjual program yang dikembangkan dijual ke banyak organisasi

–          Mungkin standar paket atau mungkin disesuaikan

 

Masalah yang terjadi pada Software :

  • Software Licensing

–          Hak Cipta – hak hukum eksklusif untuk mereproduksi, mempublikasikan, dan menjual perangkat lunak

–          Izin – izin yang diberikan di bawah hukum untuk terlibat dalam kegiatan lain yang melanggar hukum

  • Software Upgrades

–          Mungkin atau mungkin tidak menawarkan perangkat tambahan yang berharga

–          Risiko bahwa perangkat lunak revisi mungkin mengandung bug

–          Upgrade dalam sebuah organisasi besar merupakan tanggung jawab utama, sehingga harus menilai manfaat dari rilis baru

  • Open Systems

–          Sebuah model dari produk komputasi yang bekerja sama

–          Memberdayakan desainer untuk memilih perangkat keras komputer terbaik, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasi tanpa kekhawatiran kompatibilitas

  • Open Source Software

–          Kode software yang ditawarkan secara bebas kepada pengembang

 

Bahasa Pemrograman

  • Generasi pertama : Machine Language

–          terdiri dari nilai 0 dan 1

–          merupakan satu-satunya bahasa yang dimengerti komputer)

  • Generasi Kedua : Assembly Language

–          Satu-ke-satu korespondensi ke bahasa mesin

–          Agak lebih user-friendly dari bahasa mesin (mnemonic daripada digit biner)

–          Assembler – program yang menerjemahkan program bahasa assembly ke bahasa mesin

  • Generasi Ketiga : Procedural Languages

–          Salah satu instruksi diterjemahkan ke dalam instruksi banyak bahasa mesin

–          Program menggambarkan pemrosesan komputer langkah-demi-langkah

–          Mendekati bahasa alami, menggunakan kata-kata umum daripada mnemonik \

–          Contoh: Cobol, C, Fortran, QuickBasic

–          Compiler – menerjemahkan seluruh program sekaligus

–          Interpreter – menerjemahkan dan mengeksekusi satu pernyataan sumber program pada satu waktu

  • Generasi Keempat : Nonprocedural Languages

–          Memungkinkan pengguna untuk menentukan hasil yang diinginkan tanpa harus menentukan prosedur rinci yang diperlukan untuk mencapai hasil

–          Contoh – data base bahasa query – SQL

–          Dapat digunakan oleh pengguna non teknis

  • Generasi Kelima : Natural Language Programming Languages

–          Menerjemahkan bahasa alami ke dalam bentuk, terstruktur mesin-dibaca

–          Sangat kompleks dan eksperimental

  • Visual Programming Languages

–          Digunakan dalam lingkungan grafis

–          Contoh: Visual Basic dan Visual C + +

–          Populer untuk pengguna non teknis

  • Hypertext Markup Language (HTML)

–          standar bahasa yang digunakan dalam World Wide Web

–          berisi teks, gambar, dan jenis-jenis informasi seperti file data, audio, video, dan program komputer dieksekusi

  • Extensible Markup Language (XML)

–          Peningkatan pada fungsi dokumen web

  • Component-ware

–          Software komponen yang dapat dirakit oleh pengembang yang diperlukan

–          “Plug and Play” pengembangan perangkat lunak

  • Virtual Reality Modeling Language (VRML)

–          format file untuk menggambarkan tiga dimensi dunia interaktif dan benda-benda

–          dapat digunakan dengan World Wide Web

  • Object-Oriented Programming Languages (OOP)

–          berdasarkan obyek – Kemasan data dan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan dengan data bersama-sama

–          Contoh: Java, C + +

–          Unified Modeling Language (UML) – alat untuk pemodelan sistem berorientasi objek

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php