Sigit Purnomo

Optimasi Situs Toko Online dengan Clickstream Analysis

Posted: April 27th 2009

Navinot, dalam tulisannya tentang Optimasi Situs Toko Online mengungkapkan bahwa salah satu kelemahan dari toko online adalah sulitnya mendapatkan pengunjung dan bagaimana mengelola pengunjung yang ada agar menjadi pelanggan. Studi kasus yang digunakan oleh Navinot adalah situs toko online Bhinneka.com. Nah, lalu yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimanakah solusi dari permasalahan ini, khususnya untuk mengelola pengunjung agar menjadi pelanggan? Clickstream analysis mungkin dapat menjadi salah satu alternatif solusi dari permasalahan ini.

Clickstream Analysis pada Sisi Front End

Clickstream analysis dapat digunakan pada sisi front end dari situs toko online untuk melakukan kegiatan customer relationship management, dimana istilah customer di sini bisa berarti pelanggan maupun pengunjung. Fitur yang disediakan berdasarkan clickstream analysis di sisi front end bisa berupa pemasaran dan pelayanan yang bersifat personal berdasarkan preferensi individu, optimasi kepuasan dan kenyamanan pelanggan, dan segmentasi pasar serta marketing campaign targeting. Salah satu contoh fitur yang berkaitan dengan clickstream analysis adalah fitur Your Recent History (Gambar 1) yang disediakan oleh situs toko online Amazon.com. Fitur ini dapat membantu pengunjung untuk melacak beberapa item yang telah dilihat, pencarian yang telah dilakukan, dan kategori produk yang telah dikunjungi. Tidak hanya sekedar mencatat history pengunjung, fitur ini juga dilengkapi dengan rekomendasi produk berdasarkan history pengunjung (Gambar 2). Selain, itu masih ada fitur lain di situs toko online Amazon.com yang berkaitan dengan clickstream analysis, misalnya memberikan informasi customer review terkait produk yang sedang di lihat oleh pengunjung (Gambar 3) dan produk lain yang bisa dieksplorasi oleh pengunjung (Gambar 4). Fitur-fitur ini menurut saya dapat membantu untuk meningkatkan konversi bagi situs toko online.

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4

Lalu bagaimana dengan situs toko online Bhinneka.com? Sejauh yang saya ketahui fitur untuk membantu pengunjung untuk melacak beberapa item yang telah dilihat, pencarian yang telah dilakukan, dan kategori produk yang telah dikunjungi belum ada. Pada situs Bhinneka.com, mungkin perlu ditambahkan dengan fitur yang sudah saya bahas di atas untuk melengkapi fitur yang sudah ada seperti This product goes well with (Gambar 5), Most Viewed/Most Selling (Gambar 6), dan Bhinneka Rank (Gambar 7) yang digunakan untuk memberikan rekomendasi ke pelanggan atau meningkatkan konversi.

Gambar 5

Gambar 6

Gambar 7

Clickstream Analysis pada Sisi Back End

Clickstream analysis dapat digunakan pada sisi back end dari situs toko online untuk melakukan kegiatan capacity planning maupun memahami perilaku pengunjung atau pelanggan (Gambar 8). Pemahaman perilaku pengunjung situs toko online dapat dilakukan dengan mengambil elemen-elemen tingkah laku pengunjung dalam arti pola navigasi, fungsi-fungsi yang digunakan, frekuensi akses terhadap fungsi-fungsi dan waktu antara pengaksesan terhadap fungsi-fungsi yang ditawarkan oleh suatu situs Web.

Gambar 8

Berdasarkan informasi pada Gambar 8, maka pengelola situs toko online dapat memahami perilaku pengunjung, misal pola navigasi pengunjung seperti apa yang melibatkan pembelian dan pola navigasi mana yang tidak melibatkan pembelian. Selain itu pengelola juga dapat mengetahui halaman web mana yang mematikan sesi kunjungan dari pengunjung. Bhinneka.com apakah sudah memiliki fitur ini? Saya kurang mengetahui karena ini berada di sisi backend, tetapi menurut saya, fitur ini juga dapat berguna untuk meningkatkan konversi. Jika tertarik dengan topik ini ada satu buku bagus, “Scaling for E-Business: Technologies, Models, Performance, and Capacity Planning” karangan Daniel A. MenascĂ© dan Virgilio A.F. Almeida terbitan Prentice Hall.

Artikel ini merupakan bagian dari Kontes Berpikir Kritis 2009 yang diselenggarakan oleh Navinot.


4 responses to “Optimasi Situs Toko Online dengan Clickstream Analysis”

  1. PakPanjul says:

    Bagus banget pak tulisannya….ada syarat minimum berapa hits di Web site tersebut ga pak? supaya Clickstrean Analysis-nya bisa optimal.

  2. leoslab says:

    Klo menurut pengalaman saya, strategi yang dilakukan amazon untuk penawaran product lain berdasar behavior visitor itu sangat bagus. Jika dilakukan perbandingan antara amazon & bhineka, permasalahannya adalah di variasi product yg dimiliki amazon lebih banyak jenis dan kategorinya. Yang berarti kemungkinan besar tiap buyer melakukan pembelian barang yg beragam jenisnya. Sementara bhineka punya category mayoritas comp dan elektronik.
    Overall cara ini terbukti meningkatkan conversion 🙂

  3. Investasi says:

    weew, ini baru info yang dahsyat makasih bos atas informasinya, lam kenal yaaa

  4. analisisnya detil dan rinci banget, mas. bisnis online pun tak beda jauh dengan bisnis offline. sukses tak akan datang begitu saja. butuh doa dan kerja keras. *walah, kok jadi sok tahu saya, haks*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php