Sigit Purnomo

Nostalgia SMU sambil Berbagi Ilmu tentang TI

Posted: October 9th 2008

Rabu, 24 September dan 08 Oktober 2008, saya mengisi sesi Wawasan Kebangsaan di SMU Pangudi Luhur Van Lith Muntilan almamater saya. Topik yang saya sampaikan adalah Teknologi Informasi: Peran, Karir, Entrepreneurship, dan Kurikulum. Peserta dari acara ini adalah murid kelas 3 yang tertarik dengan dunia TI dan ingin kuliah dan kemudian berkarir di bidang TI. Saya tidak menyangka ternyata murid yang tertarik dengan dunia TI sangat banyak dan menurut perkiraan saya mencapai lebih dari 100 orang. Tentu ini merupakan kabar baik buat Program Studi yang berkaitan dengan dunia TI :p

Bagian pertama, saya menyampaikan materi mengenai peran TI saat ini yang tidak hanya sekedar sebagai pendukung operasi bisnis sehari-hari saja, melainkan lebih yaitu sebagai Enabler of E-Business, A Change Agent, dan Enabler of Globalization (Jerry N. Lufthman). Pada sesi ini, saya juga memutarkan sebuah video tentang gambaran aplikasi mobile yang berbasis teknologi 3G. Tujuan dari bagian ini adalah untuk menunjukkan bahwa peran IT saat ini lebih ke level strategik.

Pada bagian kedua, saya memberikan gambaran mengenai beberapa posisi di dunia kerja yang berhubungan dengan dunia TI. Saya mengambil referensi dari Indonesia Salary Handbook 2008/09: A Pratitioner Insight to Salaries Accross Industries yang diterbitkan oleh Kelly Services Indonesia. Tujuan dari bagian ini adalah untuk menunjukkan mengenai apa saja posisi di dunia kerja yang berhubungan dengan TI, deskripsi pekerjaannya dan berapa standar gaji minimal dan maksimalnya. Bagian yang menarik mungkin adalah standar gajinya yang menggiurkan, tetapi standar tersebut tentu saja bukan untuk entry level :p. Pada bagian ini saya juga menyampaikan mengenai apa yang harus disiapkan untuk memasuki dunia kerja nantinya.

Bagian selanjutnya adalah tentang entrepeneurship yang berhubungan dengan dunia TI. Presentasi saya mulai dengan menampilkan tokoh-tokoh yang sukses di dunia IT, seperti Bill Gates (Microsoft), Linus Trovalds (LINUX), Jerry Yang (Yahoo), Larry Page dan Sergey Brin (Google), Jeff Bezos (Amazon), Piere Omidyar (eBay), dan Mark Zuckerberg (Facebook) dengan kalimat provokatif “jika aku menjadi…”. Bagian ini juga memberikan tips bagaimana untuk menjadi entrepreneurs di bidang TI dengan menekankan beberapa poin, misalnya harus kreatif dan inovatif (red: saya memberikan contoh mengenai situs cerpenista yang dibuat oleh Herman Saksono), tahapan untuk membangun bisnis di dunia TI (ISeSoSBI dari Pak Romi Satria Wahono), dan metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) dengan contoh aplikasi Web twitter dengan plurk.

Bagian terakhir adalah mengenai kurikulum di bidang computing menurut ACM Computing Curricula 2005. Hal ini untuk menunjukkan bahwa pada saat nanti memilih program studi di suatu universitas mereka sudah memahami apa perbedaan dari program studi – program studi yang berhubungan dengan dunia TI. ACM mengkategorikan menjadi 5, yaitu Teknik Komputer, Ilmu Komputer (Teknik Informatika), Teknologi Informasi, Sistem Informasi, dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Sesi tanya jawab bagi saya sangat menarik dan menyenangkan karena cukup banyak peserta yang antusias untuk mengetahui lebih banyak tentang dunia TI. Bagi saya ini sangat penting karena mereka sudah memiliki motivasi besar, dan itu adalah salah satu bekal penting untuk melangkah ke tahap selanjutnya.


3 responses to “Nostalgia SMU sambil Berbagi Ilmu tentang TI”

  1. Great job mas 🙂 Mudah-mudahan membantu adik-adik kita untuk memahami lebih jauh tema computing dan trendnya ke depan.

  2. andyx says:

    mmm ada usul nih, ada yang bisa generator buat prediksi nomor togel gak? dah lama ga tembus2 wakakaka 🙂

  3. samora says:

    we pak sigit tu ternyata van lith juga tho..
    baru tau T_T
    6 taun kuliah diajar bapak setelah lulus baru tau huahuahau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php