Sigit Purnomo

Indahnya Berbagi Konten di Dunia Maya

Posted: August 1st 2008

Perkembangan teknologi Internet, khususnya Web, saat ini sangat pesat. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya berbagai aplikasi Web 2.0. Salah satu manfaat dari perkembangan ini adalah sangat mungkin bagi kita untuk saling berbagi konten di dunia maya. Konten yang dibagipun, saat ini bukan hanya sekedar teks saja melainkan gambar, slide, video dan sebagainya. Sharing konten ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kita sebagai pengguna Internet untuk menambah pengetahuan.

YouTube
Siapa di antara Anda yang belum mengenal YouTube? Saya yakin pasti Anda sudah mengenalnya dan bahkan mungkin sudah mencari konten video di sana. Yup, YouTube merupakan situs yang digunakan untuk berbagi konten video. Di Indonesia, YouTube semakin “terkenal” setelah adanya pemblokiran terhadap film Fitna yang diupload ke YouTube. Sebagai dosen, banyak konten video yang dapat memperkaya materi pembelajaran yang bisa didapatkan di sana. Harapannya, mahasiswa juga dapat menambah pengetahuan melalui situs ini.

Slideshare
Untuk yang satu ini mungkin belum banyak yang tau, karena saya juga baru tau belakangan ini secara tidak langsung dari situs Media Ide yang dikelola Pitra. Atau jangan-jangan saya memang yang ketinggalan infromasi dan banyak di antara Anda yang sudah mengetahuinya. Situs ini digunakan untuk berbagi konten dalam bentuk slide. Tentu saja, situs ini juga menarik bagi saya karena banyak konten slide yang bisa saya peroleh di sini untuk memperkaya materi pembelajaran maupun pengetahuan saya. Seperti YouTube, situs ini registrasinya juga gratis lho…

Mappio & FreeMind Share
Saya sebenarnya sudah cukup lama tertarik dengan mindmap, tetapi gara-gara mengikuti acara ini, saya menjadi mindmap freak :p. Bukubuku tentang mindmap saya beli, software mindmap yang free saya download, semester depan mahasiswa yang mengambil mata kuliah saya ‘harus’ membuat mindmap untuk setiap materi yang saya berikan per minggu, dan setiap kali punya ide saya coret-coret mindmapnya di kertas. Bahkan saya sempet punya ide untuk membuat situs berbasis Web 2.0 dimana kita bisa berbagi mindmap atau bahkan membuat mindmap secara online. E… ternyata sudah ada di Internet, ada Mappio dan Freemind Share untuk berbagi konten mindmap dan MindMeister untuk membuat konten mindmap online. Menarik sekali lho mendownload ide/isi otak orang-orang yang dituangkan dalam mindmap di situs Mappio. Menarik juga lho membuat mindmap apalagi menggunakan software Buzan Imindmap yang memang dibuat oleh Tony Buzan yang memperkenalkan konsep mindmap. Hiks, sayang saya belum punya softwarenya 🙁 (ngarep ada yang beliin :p).

Saat ini, mungkin hanya ini dulu yang bisa saya share. Situs lain yang konsepnya adalah berbagi di Internet banyak sekali. Anda tentu mengenal rapidshare, megaupload, dan lainya yang digunakan untuk berbagi file. Anda mungkin juga mengenal flickr layanan Yahoo yang digunakan untuk berbagi photo. Saya yakin Anda juga mengetahui situs IlmuKomputer yang dirintis Pak Romi dan kawan-kawan yang digunakan untuk berbagi ilmu. Dan saya juga yakin masih banyak lagi situs lain yang digunakan untuk berbagi konten. Saat ini, universitas-universitas juga sudah mulai untuk men-share konten yang dimilikinya melalui internet, ada jaringan INHERENT dan NeXT yang dibangun APTIKOM.

Finally, berbagi itu sangat indah, terlebih lagi saat ini teknologi Internet sudah mendukungnya. So, marilah kita mulai berbagi konten dengan benar di Internet.


2 responses to “Indahnya Berbagi Konten di Dunia Maya”

  1. tiafri says:

    iyah,,,… tapi kalo orang tsb diatas lebih tinggi dri kita klu berbagi ya,,,, sama aja boonk kita ga dpt traffic rate………. mas mu nanya klu web theme or template yg bagus ap yh…….. lam kenal

  2. idin Saepudin Ruhimat says:

    Wah mas, saya juga sangat tertarik untuk memperoleh software iminmap 2.5.0 milik tony buzan, tapi bingung dimana harus belinya? di Indonesia? download yg gratisan dimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php