Sigit Purnomo

Deadline

Posted: May 27th 2008

Hari ini adalah deadline untuk penyerahan nilai mata kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2007/2008 dan juga penyerahan proposal penelitian dosen muda Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (dikti) ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Saya yakin Anda sudah pernah merasakan bagaimana dikejar-kejar oleh deadline. Anda akan mengalami hectic days! Ada beberapa hal yang bisa dikerjakan dengan sistem kebut semalem (SKS) tetapi ada beberapa hal juga yang tidak bisa dikerjakan dengan sistem SKS.

Proses penentuan nilai mata kuliah dan proposal penelitian tentu saja bukan hal yang bisa dikerjakan dengan sistem SKS. Penentuan nilai mata kuliah membutuhkan suatu proses yang panjang yang dimulai dari koreksi, baik tugas/projek, Ujian Tengah Semester maupun Ujian Akhir Semester kemudian dilanjutkan dengan proses kompilasi untuk menghasilkan nilai akhir dalam bentuk huruf. Kedua proses ini sangat menyita waktu, tenaga dan pikiran. Anda bayangkan saja, Anda mengoreksi ratusan lembar jawab dan laporan (tugas/projek), serta puluhan program. Setelah selesai, masih harus melakukan kompilasi nilai akhir yang prosesnya juga tidak mudah karena butuh ketetapan hati mau playing as an angel or a devil :p Apalagi sekarang nilai akhir nggak boleh ada +/-, so cuma A, B, C, D, dan E.

Kompilasi Nilai

Pembuatan proposal penelitian juga tidak bisa dikerjakan dengan sistem SKS. Satu hal yang pasti, setelah topik penelitian dapet, langkah berikutnya adalah mencari referensi dari jurnal ilmiah, buku, dll. Setelah referensi ada, lalu merumuskan ide ke dalam proposal penelitian yang juga memakan waktu yang lama. Beruntung saya sudah mulai mencicil mengerjakannya, so hari ini tinggal mengurusi administrasi (minta tanda tangan sana-sini).

Finally, hari ini saya sudah menyelesaikan kedua tugas tersebut, dan sekarang saatnya bersantai sebelum tugas-tugas lainnya datang. Deadline, I had beaten U now!


2 responses to “Deadline”

  1. r1co says:

    terasa kaya jadi mahasiswa lagi ya pak?! hehehe… dikejar2 deadline tugas n bikin paper.

  2. dian says:

    hmmm…susah juga ya pak jadi dosen, ternyata harus koreksi sekian banyak tumpukan kertas ujian dan tugas2..hik..hik…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php