Sigit Purnomo

Memahami Dunia Baru Melalui Buku

Posted: March 31st 2008

Akhir-akhir ini, buku-buku yang saya beli banyak yang tidak terkait dengan dunia Teknologi Informasi (TI) secara langsung. Bukannya saya ingin pindah haluan ke bidang di luar TI, tetapi banyak hal-hal mengenai TI yang dapat dengan mudah saya peroleh di Internet melalui situs penyedia e-book gratis, blog, dan website-website lainnya yang saya temukan melalui Paman Google sehingga saya tidak perlu membeli buku tentang TI lagi. Sebenarnya ada satu buku sih yang masih ada hubungannya dengan TI, yaitu “The World is Flat” yang membahas mengenai bagaimana TI mampu mendatarkan dunia. Apa yang dibahas dalam buku ini benar-benar menambah pengetahuan saya mengenai penerapan TI sehingga bisa saya sharingkan dengan mahasiswa pada saat kuliah. Nah, buku-buku apa saja sih yang saya beli akhir-akhir ini?

#1: cHaNgE!, Rhenald Kasali. Ph.D., PT Gramedia Pustaka Utama, 2005.
Buku ini membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana mengelola perubahan sehingga suatu perubahan dapat menghasilkan prestasi yang besar. Hal yang menarik dari buku ini adalah adanya studi kasus – studi kasus yang menunjukkan bagaimana para changemaker melakukan transformasi baik di Indonesia maupun di luar negeri.

#2: Re-code Your Change DNA, Rhenald Kasali, Ph.D., PT Gramedia Pustaka Utama, 2007.
Buku ini membahas mengenai bagaimana membebaskan belenggu change DNA yang biasanya ada di pikiran orang-orang lama, ada di tradisi, organisasi, peraturan-peraturan, lembaga-lembaga keuangan, kecemburuan masyarakat, ketakutan-ketakutan, perilaku makro dan tatanan-tatanan sosial. Buku ini berguna untuk menyemangati spirit perubahan yang sudah mulai tumbuh dan memberi model yang lebih terstruktur untuk melakukan pembaharuan. Seperti pada buku sebelumnya (#1), di buku ini juga tersedia studi kasus – studi kasus yang menarik.

#3: Blue Ocean Strategy, W. Chan Kim & Renee Mauborgne, PT Serambi Ilmu Semesta, 2005.
Buku ini juga masih bertemakan perubahan dengan menantang perusahaan baik besar maupun kecil pemula maupun papan atas publik maupun privat, berteknologi tinggi maupun rendah untuk keluar dari status quo dengan menciptakan strategi masa depan yang gemilang melalui usaha untuk menerapkan penjauhan diri dari kompetisi dengan biaya rendah. Intinya adalah bagaimana kita jangan meladeni para pesaing dan membuat mereka tak relevan. Kasus-kasus yang diberikan dalam buku ini juga sangat menarik.

#4: The Worlds Is Flat, Thomas L. Friedman, Dian Rakyat, 2006.
Buku ini memberi wawasan baru yang membantu pembaca untuk memahami bagaimana dunia menjadi datar. Ada beberapa kekuatan yang mendatarkan dunia yang dibahas pada buku ini seperti blogging, software open-source, proyek-proyek pengetahuan yang terintegrasi (Wikipedia), dll. Kasus-kasus yang diceritakan pada buku ini akan semakin membantu pembaca dalam memahami proses pendataran dunia.

#5: Mutasi DNA Powerhouse, Rhenald Kasali, Ph.D., PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Buku ini merupakan pelengkap buku Rhenald Kasali sebelumnya (#1, #2) sehingga masih bertemakan perubahan. Buku ini mengulas tentang mutasi DNA yang terjadi dan perlu dilakukan oleh para eksekutif powerhouse dikarenakan mutasi DNA dapat berperan dalam menjadikan suatu perusahaan sebuah powerhouse, dan bagaimana perusahaan-perusahaan besar dunia berjuang menghadapi resistensi, campur tangan politik, penguasa, tradisi, dan birokrasi. Buku ini secara khusus membahas strategi Powerhouse Indonesia (Pertamina) dalam bermutasi, menghadapi tekanan-tekanan di dalam m,aupun di luar, mulai dari kebiasaan-kebiasaan lama, mempertahankan DNA Alpha, mengatasi krisis, membangun citra baru dan mengkombinasikan DNA “E” dan DNA “O”.

Bagaimana dengan Anda? Apakah ada keinginan untuk memahami dunia baru selain dunia Anda saat ini?


One response to “Memahami Dunia Baru Melalui Buku”

  1. Zebe says:

    Sekali-sekali pakai nama asli ah…
    Republish your DNA Code…Itu memang buku bagus Pak. BTW, saya recommend (hanya kalau Bapak belum baca aja) sebuah buku menakjubkan karangan Matt Ridley yang berjudul “GENOM”. Luar biasa, buku ini sangat menginspirasi. Saya tidak mau membocorkannya di sini. Bapak beli atau pinjam saja (ke saya juga bisa, asal dikembalikan ^_^)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php