Sigit Purnomo

Catatan Akhir Tahun: Tentang Pekerjaan

Posted: December 15th 2007

Pengajaran, Pengabdian, dan Penelitian. Ketiga hal berawalan huruf P itulah yang berhubungan dengan pekerjaan saya sebagai dosen. Berhubung tulisan ini adalah sebuah catatan akhir tahun, lalu pertanyaan besarnya adalah setahun ini saya bagaimana? Apakah ketiga P itu sudah saya laksanakan semuanya?

P #1: Pengajaran.
P yang satu ini, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pasti selalu terlaksana, dan untuk tahun ini kondisinya juga masih sama dengan tahun lalu yaitu ‘overload’ dan ‘challenging’. Overload karena beban mengajar setiap semester yang hampir selalu mencapai batas maksimal SKS. Challenging karena harus selalu meng-update dan menyempurnakan materi pengajaran agar tidak ‘obsolete’ plus kondisi mahasiswa yang hampir sebagian besar ‘camper’ dan bukan ‘climber’.

Catatan akhir tahun terkait P #1 yang akan saya soroti adalah tantangan bahwa kondisi mahasiswa yang hampir sebagian besar ‘camper’ dan bukan ‘climber’. Kondisi ini benar-benar mempengaruhi ‘academic atmosphere’ selama saya melaksanakan kegiatan P #1 setahun ini. Harapan saya akan terciptanya ‘academic atmosphere’ yang ‘student-centric learning’ tahun ini masih belum terwujud. Demikian juga dengan harapan saya bahwa mahasiswa akan mengerjakan tugas/project yang saya berikan, khususnya di mata kuliah pilihan, dengan sepenuh hati juga belum terwujud.

Segala sharing dan cerita baik yang berbau cinta atau tidak untuk memotivasi mahasiswa agar mampu menjadi seorang mahasiswa ‘climber’, sepertinya masih belum membawa hasil. Tahun depan, saya sudah mempunyai ‘senjata’ dan ‘amunisi’ baru untuk masalah ini. Terima kasih untuk Pak Agus dan komunitas mahasiswa (BOHLAM) dari FISIPOL – UAJY atas ‘senjata’ dan ‘amunisi’nya, semoga ‘senjata’ dan ‘amunisi’ ini benar-benar ampuh di tahun depan. Buat mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah saya tahun depan, bersiaplah membawa ‘senjata’ dan ‘amunisi’ tandingan hehehe…:p

P #2: Pengabdian.
P yang kedua, untuk tahun ini juga sudah terlaksana lewat kegiatan IT Caravan 2007 dengan tema ”Open Source Software and it’s Application”. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan CICC (Center of The International Cooperation for Computerization). Peserta pada kegiatan ini merupakan Guru-guru Sekolah Menengah Umum dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Materi yang diberikan dalam kegiatan ini adalah Pengenalan Jaringan Komputer, Administrasi Jaringan dengan Sistem Operasi Linux, Pengenalan Open Office, dan Pengenalan WordPress.

P #3: Penelitian.
P yang satu ini membuat saya speechless 🙁 Sebenarnya tahun ini saya juga melakukan penelitian tetapi konteks penelitiannya berbeda dengan bidang peminatan saya. Untuk penelitian yang sesuai dengan bidang peminatan saya, dari tahun ke tahun masih sebatas ide saja dan tidak terealisasi, hiks. Tahun depan saya sudah memiliki ide baru lagi dan semoga dapat terealisasi.

Btw, selain ketiga P diatas, sebenarnya pekerjaan saya tahun ini masih ada yang lain dan masih berhubungan dengan P, yaitu Prodi. Kegiatan ini lebih berhubungan dengan manajerial dan administrasi. Nah, pekerjaan ini, ternyata membuat saya semakin overload, terlebih lagi di setiap awal semester saya harus menyusun jadwal kuliah, praktikum, dan ujian untuk setiap mata kuliah yang ditawarkan di semester itu. Selain itu, ada satu catatan yang ingin saya sampaikan di sini, yaitu kecenderungan mahasiswa untuk mengurus administrasi, khususnya pendaftaran ujian KP dan skripsi yang menumpuk di akhir periode menjelang wisuda dan akhir semester sehingga membuat saya (dan dosen pembimbing) kesulitan mengatur jadwalnya.

Finaly, berikut saya sertakan kutipan dari kolom detikcom yang saya akses 14/12/2007 dan semoga dapat menjadi inspirasi untuk resolusi Anda tahun 2008.

Undanglah “Hiu-Hiu Kecil” Dalam Kehidupan Anda
Bila hidup Anda ingin terus bergerak lincah. Undanglah “hiu-hiu kecil” dalam hidup anda maka hidup Anda akan menjadi semakin hidup dan penuh gairah. Believe it or not. (sumber: detikcom 14/12/2007)

Buat para pembaca, khususnya mahasiswa saya, silahkan Anda memberikan catatan akhir tahun Anda terhadap saya dengan memberikan komentar pada tulisan ini. Thanks before.


13 responses to “Catatan Akhir Tahun: Tentang Pekerjaan”

  1. Hery says:

    Mengenai P#1….memang susah untuk ditanggapi. Masalah tersebut juga saya alami, ada beberapa mata kuliah yang saya ambil, tetapi belum saya pahami dengan benar……Sebenarnya bukan dari sisi pengajar melainkan dari sisi yang diajar. Pasti banyak hal yang melatarbelakangi akan hal tersebut, baik dari sisi waktu, kemauan dll.

  2. Hery says:

    Oh ya pak, boleh usul gak, bagiamana kalo kampus menyediakan layanan akses internet ke mahasiswanya, seperti yang dilakukan oleh UBINUS.
    Soalnya internet merupakan salah satu makanan sehari – hari kita sebagai mahasiswa.
    Mungkin bisa ditanggapi pak?
    Thanx………

  3. y_sigit_p says:

    #Hery:
    yup, untuk P#1 memang membutuhkan kerjasama antar kedua belah pihak agar hasilnya dapet bagus…

    untuk layanan Internet bukannya sudah ada? yang dimaksud di sini layanan Internet yang seperti apa ya?

  4. “P #1 : ” Kadang saya menjadi bingung apakah itu sudah menjadi tradisi atau tidak, tapi yang jelas…kebanyakan kita bertabrakan dengan sesuatu yang tidak kita prediksikan) (kurangnya perencanaan yang matang akan “program” yang kita ambil –> “kalo2 gini lho jadinya”). Tapi TIDAK selamanya seperti itu (prosen kecil). Perlu adanya pengambilan/ porsi yang tepat agar kita bisa mengerjakan sesuatu dengan baik dan penuh tantangan (bukan dengan BKL (Bao Ka Liao) alias borong semua ampe ludes , sehingga konsentrasinya menjadi buyarrrr…). Seperti yang dialami oleh teman saya Dxxxx (samar), salah strategi membuatnya mabok kepayang untuk mengerjakan tugas dari dosennya. Alhasil buat tugas alakadarnya menjadi pilihan/ solusi terakhir.
    Tentu saja, bukan ini yang kita harapkan. Menjadi hal penting bagi setiap orang untuk bertanggung jawab atas setiap pilihan yang telah diambil (konsekuensi tugas dan lain-lain).
    Jadi kembali lagi…memang tidak ada alasan apapun untuk itu (no excuse)…

    “P #2” –> Tetap jiayo (semangat) terus …(“,)

    “P #3” –> Tetap jiayou terus juga (semangat)

    “Selain P ketiga di atas” –> Ya…masukan yang bagus… Bagi saya ini juga menjadi refleksi dan view bagi diri sendiri (Hmmm…sebuah kutipan yang bagus….). Saya pikir yang terpenting “tidak pernah berhenti untuk belajar, anything/ anywhere, and anytime”. Never stop to learn!.

    Do what you can done now, DO NOT wait until tommorow,
    You never now tommorow you’re still alive or NOT…

    Good luck!.
    Sebelum lupa and telat (hehehe…) happy merry chritsmas..(“,) + New Year 2008..

  5. Wah commentx kebanyakan pak… bis pakenya Konqueror..tak nampak buttonnya…, jadi sembarang tekan pake tab. Itulah nasibnya CSS di Any Paltform….;-(

  6. hery says:

    Untuk layanan internet yang saya maksudkan adalah layanan internet dari kost ke kost.
    Kayak di UBINUS, menawarkan koneksi internet dengan harga 100 rb perbulannya dengan bandwith ….(lupa saya).
    Hal ini kalo dilihat merupakan salah satu peluang usaha juga bagi atma. Dan kita mahasiswa dapat konek internet di kost, gak usah jauh…. ke warnet.
    (Namun maintenance yang agak sulit……….)

  7. Wahhhh kalo buat pendaftaran ujian KP yang terakhir-terakhir, maafkan kami ya pak… karena baru akhir2 semester ini memasukkan laporan KP kami….. 🙂
    Yah apa daya pak. rencananya, tu laporan KP mau saya kerjakan di tempat KKN, tapi apa daya…. ndak bisa e pak, hehehehe…….
    Capek….

  8. Wah kalau bapak P saya satu S aja belum kelar2 nih pak 😐
    S == SKRIPSI.
    btw, untuk metode pengajaran Bapak, sudah cukup bagus kok, dan masalah-nya kembali lagi ke mahasiswa TF-UAJY yang sebagian besar bukan tipe “pendaki” 🙂
    OK. sukses terus buat Bapak dan TF-UAJY tentunya.

  9. ndaru says:

    buat #8, ngomong doang ga kelar² :p

  10. Pramudiyan says:

    P#1
    Untuk masalah “Camper” ataupun ‘Climber”. Saya juga sering mengamati hal ini. Maklum pak, pacar saya juga pengajar… heheheh. Mungkin pak Sigit bisa membandingkan produk2 anak dahulu dengan anak2 sekarang.. Kalo pake metode “KILLER”, MHS akan males kuliah dan menghindarinya. Jika pake metode “KALEM”, MHS akan meremehkan.

    Lalu gimana dong pak….??? (Kok malah gantian tanya… hehehe )

    maaf kalo ada salah2 kata2… hehehe (TF)

  11. leoganda says:

    Walah koq pake amunisi segala, hehehhe. Mau tembak2an nih hihihi, mau2..
    Menurut saya bener kata Alex, pengajaran bapak dah bagus n up to date.
    Ehhm masalah climber ato camper,kalo saya bisa jadi dua2nya. Disaat MK yang saya ambil membosankan dan itu2 saja saya jadi seorang camper yang maen safe. Saat MK yang saya ambil menyenangkan dan selalu bikin saya penasaran, saya jadi climber. Berarti harus bikin mhs tertarik dan penasaran pak.

    Ow internet di kos, ga bakal deh kampus ngasi kaya gituan. Mending tu kaya aq, pake indos*t IM*. 1Rp/Kb. Bisa dimana2, klo HP kamu dah bisa 3.5G HSDPA, bandwidthnya bisa smp 2Mb/s. Ya tapi siap2 aja uang jajan dipotong buat beli pulsa.

  12. fazz says:

    cuma numpang lewat pak, udah lama nggak buka http://kuliah.inf.uajy.ac.id/ , barusan aku liat kynya situsnya telah tersusupi, sehingga ada tulisan begini ” Infor,at.cs…Waht thuis?thoughtful#
    informatics” atau “Prof Calculus..calc” atau dari awal situsnya emang udah ky gitu ?

    ———————–
    happy merry x’mas

  13. Yusuf Theretsa Patiku says:

    Wah Pak.. luma P yang satu lagi Pak yang berhubungan dengan keseharian juga yakni “Perut”. Ha..ha..ha.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php