Sigit Purnomo

Kajian Finansial Proyek Sistem Informasi Rekam Medik Elektronik

Posted: November 2nd 2007

Dewasa ini, sebelum perusahaan atau instansi melakukan suatu investasi proyek Sistem Informasi, perusahaan atau instansi akan terlebih dahulu melakukan analisa dampak ekonomis dari investasi tersebut. Hal ini dikarenakan masih cukup tingginya prosentase kegagalan dalam proyek Sistem Informasi sehingga membuat perusahaan atau instansi harus berhati-hati. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan kajian ini adalah information economics (Marilyn Parker, et all). Pada tulisan ini, saya akan mencoba memberikan gambaran mengenai bagaimana melakukan kajian finansial proyek Sistem Informasi Rekam Medik Elektronik.

Analisa Potensi Manfaat
Langkah pertama dalam melakukan kajian ini adalah menggali potensi manfaat dari sistem informasi yang akan diimplementasikan. Pada proses ini kita diharapkan juga sudah sampai pada asumsi-asumsi yang berkaitan dengan manfaat tersebut. Mengapa perlu asumsi? Jawabannya adalah karena sistem memang belum diterapkan. Proses ini tidak bisa dilakukan oleh divisi IT saja melainkan harus melibatkan pihak-pihak yang terkait sehingga asumsi yang digunakan tidak asal-asalan. Proyek Sistem Informasi Rekam Medik Elektronik menurut saya dapat memberikan beberapa potensi manfaat bagi instansi rumah sakit. Potensi manfaat tersebut di antaranya:

  1. Penghematan Biaya Operasional Rumah Sakit
  2. Pengurangan Waktu Tunggu Pasien dalam Antrian Periksa
  3. Peningkatan Kualitas Dokumen Rekam Medik dan Penyertanya (Resep)
  4. dll.

Analisa Traditional Cost-Benefit
Langkah berikutnya adalah melakukan kajian terhadap potensi manfaat yang sudah ditemukan. Manfaat yang pertama dapat dikaji secara finansial menggunakan traditional cost-benefit analysis. Penghematan biaya operasional rumah sakit yang terjadi sebagai akibat implementasi Sistem Informasi Rekam Medik Elektronik salah satunya adalah penghematan biaya penggunaan kertas. Penghematan ini misalnya mencapai 90% dari anggaran sebelum implementasi Sistem Informasi Rekam Medik Elektronik (asumsi). Berdasarkan hal ini, dengan asumsi biaya penggunaan kertas per tahun sebelum implementasi sistem sebesar 15jt, maka benefit yang diperoleh instansi per tahun adalah 90%*15jt yaitu sebesar 13,5jt.

Analisa Value Linking
Manfaat yang termasuk kategori value linking adalah manfaat yang merepresentasikan ripple effect dari peningkatan suatu fungsi atau proses antar bagian akibat dari implementasi IT yang tidak tergantung dengan waktu, misal pendapatan yang diperoleh akibat berkurang atau hilangya kesalahan proses billing. Manfaat value linking dari proyek Sistem Informasi Rekam Medik Elektronik adalah peningkatan kualitas dokumen rekam medik dan penyertanya (resep). Lalu bagaimana mengkuantifikasi manfaat tersebut ke dalam nilai rupiah? Kita dapat menggunakan teknik “so-what-analysis”.

SI Rekam Medik Elektronik meningkatkan kualitas dokumen rekam medik dan penyertanya (resep).
SO WHAT
1. Resep hanya dapat ditukarkan di Instalasi Farmasi/Apotek Rumah Sakit.
2. Kualitas pelayanan terhadap pasien semakin meningkat.
SO WHAT
1. Pendapatan Rumah Sakit dari penjualan obat meningkat*.
2. Kepercayaan pasien terhadap rumah sakit (dokter) semakin meningkat.
SO WHAT
2. Pendapatan Rumah Sakit dari biaya administrasi meningkat*.

Jika sudah sampai pada hal yang bisa diukur, lakukan analisis lebih mendalam dengan melibatkan pihak-pihak yang terkait. Misal untuk manfaat di atas, berdasarkan pertemuan dengan Instalasi Farmasi/Apotek Rumah Sakit diperkirakan peningkatannya sebesar 25% dan pendapatan per tahun dari penjualan obat adalah 100jt, sehingga manfaat yang diperoleh adalah sebesar 25%*100jt, yaitu sebesar 25jt per tahun. Selain itu, berdasarkan pertemuan dengan bagian Akuntansi dan Keuangan didapatkan informasi bahwa diperkirakan terjadi peningkatan pendapatan sebesar 10% dari biaya administrasi pasien dan pendapatan per tahun dari biaya administrasi pasien adalah 50jt, sehingga manfaat yang diperoleh adalah sebesar 10%*50jt, yaitu sebesar 5jt per tahun.

Analisa Value Acceleration
Manfaat yang termasuk kategori value acceleration adalah manfaat yang merepresentasikan ripple effect dari peningkatan suatu fungsi atau proses antar bagian akibat dari implementasi IT yang tergantung dengan waktu, misal pendapatan yang diperoleh karena semakin cepatnya proses penyiapan invoice. Manfaat value acceleration dari proyek Sistem Informasi Rekam Medik Elektronik adalah pengurangan waktu tunggu pasien dalam antrian periksa.

SI Rekam Medik Elektronik mengurangi waktu tunggu pasien dalam antrian periksa (rawat jalan).
SO WHAT
Jumlah pasien yang terlayani semakin banyak.
SO WHAT
Pendapatan Rumah Sakit dari biaya administrasi meningkat*.

Jika sudah sampai pada hal yang bisa diukur, lakukan analisis lebih mendalam dengan melibatkan pihak-pihak yang terkait. Pada kasus ini kita harus berhati-hati agar jangan sampai terjadi overlap dengan manfaat yang telah dianalisa sebelumnya, karena sama-sama meningkatkan pendapatan dari biaya administrasi. Analisis harus dilakukan lebih mendalam lagi, misal hasilnya diperkirakan peningkatan yang benar-benar diperoleh dari manfaat ini adalah sebesar 5%, sehingga manfaat yang diperoleh adalah sebesar 5%*50jt, yaitu sebesar 2,5jt per tahun.

Economics Impact Worksheet
Langkah berikutnya adalah menghitung nilai Return on Investmentnya (ROI). Jika diasumsikan biaya investasi proyek Sistem Informasi Rekam Medik Elektronik adalah sebesar 100jt dan biaya operasional per tahunnya sebesar 5jt, maka hasilnya dapat dilihat dalam economics impact worksheet berikut ini:

Artikel Terkait:
1. Analisa Dampak Ekonomis Proyek IT


60 responses to “Kajian Finansial Proyek Sistem Informasi Rekam Medik Elektronik”

  1. Dedy says:

    mas sigit, salam kenal.
    ni Dedy,
    sy Mhs jurusan SI yg lg skripsi, nah judul sy ttg SI rekam medis disebuah rumah sakit dikampung sy.
    sy kesusahan nyari referensi baik buku, contoh program ataupun ide baru ttg perancangan sistem rekam medis yg fresh.
    kira2 referensi buku apa ya? trus, blh minta ide gk buat skripsi sy mas?..

    Thanx b4..

  2. y_sigit_p says:

    #Dedy:
    hmmm… langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan analisa kebutuhan dengan melakukan interview dengan pihak rumah sakit… setelah itu coba buat prototype sistemnya kemudian didemokan dengan pihak rumah sakit untuk mendapatkan feedback… hal ini yang juga saya dengan tim lakukan pada saat membangun sistem informasi rekam medis di suatu rumah sakit…

    untuk masalah buku yang terkait dengan tools pemrograman yang mau digunakan saya rasa di toko buku atau Internet banyak (.NET, JAVA, dll)… kalau untuk yang tentang rekam medis, bisa Anda tanyakan ke rumah sakit, siapa tau mereka punya…

  3. pu3 says:

    Mas aku butuh bantuan ya…
    aku lg bwt TA ni tp tengah2 penelitian ni aku mau ganti judul tentang pemanfaatan komputer dalam pencarian kembali berkas rekam medis.
    punya referensi gak?

  4. y_sigit_p says:

    #pu3:
    kalau berkas rekam medisnya tersimpan di basis data, pencariannya dapat menggunakan SQL Query…

  5. some1 says:

    mas Sigit,,,saya mhswi di sebuah PTN dKalmntn. mw nyusun Skripsi ttg QA Medical Record di sbh RS Pemda. tp kendalanya tuh banyak bngt. dsni buku utk referensi sgt krng bahkn hmpir2 tdk ada soale dsni FKM khususx SI krang populer dan mrupkan hal yg msih baru. aplagi sy ga pux cntoh,krna di kampus sy, kami mrupkan angkatan voluntir…hiks.hiks.. jadi susyeeehhh bgt dh mas !!! plisss help me !!!

  6. y_sigit_p says:

    #some1:
    hmmm… kalau untuk QA Medical Record saya sendiri juga belum memiliki referensinya… coba cari di situs-nya DepKes mungkin ada… sejauh yang saya tau, standarnya menggunakan SOAP (Subjective, Objective, Assessment dan Plan)…

  7. Willy Septiyeni says:

    Lam kenal mas sigit
    Saya mau tanya nih, pernah denger or tau gak mengenai analisis kinerja rekam medis dengan pendekatan balanced scorecard…. klo tau mau kan bagi-bagi ilmunya… trims….

  8. y_sigit_p says:

    salam kenal juga…
    hmm… sejauh yang saya tau BSC banyak digunakan untuk mengukur kinerja rumah sakit secara umum atau kinerja IT rumah sakit secara umum, kalau yang khusus rekam medik saya kurang begitu tau… coba cari di google dengan keyword balanced scorecard rekam medik…

  9. L.Khoiroh says:

    salam kenal mas, aku lagi neliti masalah pelepasan informasi rekam medis untuk penunjang penelitian, bisa bantu referensi lain gak? or bisa bantu cari referensi tentang berkas rekam medis yang berkualitas gak mas??

    Duh… makasih banyak kalo bisa di jawab, sebelum & sesuadahnya saya sampaikan banyak-banyak terima kasih

  10. y_sigit_p says:

    #L.Khoiroh:
    setau saya ada standar berkas rekam medis internasional yang diacu beberapa rumah sakit di Indonesia yaitu SOAP (Subjective, Objective, Assessment, Plan)…

  11. Renggan says:

    mas sigit, saya mau nanya, kalo nyari contoh proposal project IT beserta background & objective, contract term & technical requirement, criteria review for project evaluation, criteria weight.

  12. Jojo says:

    mas sy kbingungan nyari judul skripsi mana yg bagus tp sy ambil judul ttg eksekusi mati di indonesia bgm mas?dan referensinya dimana?

  13. y_sigit_p says:

    #Renggan:
    hmm.. kalau yang selengkap itu mungkin agak susah, tapi coba cari di Google dengan keyword “contoh proposal proyek TI”… atau kalau Anda punya kenalan temen di software house biasanya mereka punya…

    #Jojo:
    waduh kalau yang topik seperti itu saya kurang begitu tau 🙁

  14. nana says:

    slm knal mas, sya lagi buat tugas pemograman mengenai aplikasi medical record kira-kira input outputnya apaja? mksh

    • y_sigit_p says:

      @nana:
      salam kenal juga…
      input bisa berupa data pasien (nomor rekam medik), data antrian periksa pasien, item-item data-data pemeriksaan (subjektif, objektif, assessment, plan, diagnosa/ICD10, resep,dll), data hasil pemeriksaan lab, sedangkan outputnya bisa kartu antrian, rekam medik (termasuk hasil lab), resep, dll tergantung kompleksitas sistemnya…

  15. sahrulah hasbi says:

    Assalamualaikum…
    Mohon bantuannya / petunjuknya…
    saya ingin buat Proposal Untuk Tugas Akhir saya…
    saya kebingungan nih mas…
    ada contoh Proposal untuk TA ga…
    judul saya “Rekam Madis Klinik Keluarga Sari”
    Mohon petunjuk dan Bantuannya
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya

  16. y_sigit_p says:

    @sahrulah hasbi:
    biasanya proposal TA berisi hal-hal sebagai berikut:
    1. latar belakang masalah
    2. rumusan masalah
    3. batasan masalah
    4. maksud dan tujuan
    5. tinjauan pustaka
    6. metodologi penelitian
    6. jadwal penelitian

  17. dika says:

    mas mau tannya dong kira-kira kalo saya mau ambil judul tugas akhir rekam medis tentang evaluasi kecepatan pelayanan terhadap pasien bisa disinkronin gak sama sistem rekam medis yang elektronik, ato gak waktu tunggu pasien rawat jalan di piliklinik disinkronin sama sistem elektronik atau komputerisasi yang dipakai,,
    kira2 judul yang cocok apa yak..
    thx.
    dika
    mahasiswa dIII rekamedis semesterV

  18. muthia says:

    salam kenal mas sigit…
    saya mahasiswa D3 rekam medis semester 5, sekarang sedang dalam proses pengajuan judul KTI. namun sebelumnya saya sempat mengajukan judul ke PD1, yang mengangkat judul tinjauan/gambaran…
    namun judul saya tersebut ditolak karena PD 1 itu meminta untuk mengangkat judul yang melihat hubungan 2 variabel. kasih inspirasi dunk mas bwt judul KTI saya…
    makasih mas…

  19. y_sigit_p says:

    @dika:
    berdasarkan bahasan saya di atas (bag.: analisis manfaat VA), sistem rekam medis elektronik dapat memberikan manfaat berupa pengurangan waktu tunggu pasien sebagai akibat dari tidak perlunya proses pencarian arsip dokumen rekam medik. hal ini menurut saya bisa dijadikan sebagai salah satu indikator untuk peningkatan kecepatan pelayanan pasien… hmmm… kalau untuk masalah judul mungkin “Analisis Pengaruh Sistem Informasi Rekam Medis Elektronik terhadap Kecepatan Pelayanan Pasien”…

    @muthia:
    hmmm… apa ya kira-kira judulnya? gimana kalau “Analisis Pengaruh Sistem Informasi Rekam Medis Elektronik terhadap Kualitas Dokumen Rekam Medik dan Pelayanan Pasien”… smoga bisa memberikan inspirasi…

  20. muthia says:

    makasih mas atas sarannya, trus kira2 variabelnya apa aja ya mas??
    kalo judul lain tapi ga sangkut paut dengan RME gimanan mas?
    o ya, buat dika salam kenal dari saya “muthia” mungkin kita bisa saling share buat tugas akhir.
    please add my FS “moet_yha_0289@yahoo.co.id” ato email ke “moet_yha_02_89@yahoo.co.id.
    maksih mas…

  21. leny says:

    salam kenal mas sigit…
    saya S1 kesmas.dan uda mulai nyusun skripsi..tapi saya bingung masalah judul..saya pengen mengangkat judul tentang sistem informasi RM elektonik yang berhubungan dengan kecepatan atau efektivitas pelayanan.
    kira2 apa ya apa ya judul yg tepat ???
    mohon bantuannya segera ya.
    thanks before…

  22. y_sigit_p says:

    @leny:
    hmm… gimana kalau “Kajian Sistem Informasi Rekam Medik Elektronik terhadap Efektifitas Pelayanan Poliklinik Rawat Jalan”?

  23. leny says:

    kalau misal tentang komputerisasi registrasi pendaftaran rawat jalan, apakah itu termasuk di dalam sistem informasi rekam medis? dan apabila di hubungkan dengan efektivitas/efisiensi pelayanan rawat jalan gmn mas?
    saya mempunyai beberapa judul tentang registrasi, tapi saya bingung.
    apa ya judul yg tepat?
    “evaluasi penerapan sistem komputerisasi registrasi Rajal”
    “evaluasi penerapan sistem informasi di bagian pendaftaran”
    “analisis efektifitas dan efisiensi komputerisasi Rajal”
    mohon bantunnya ya mas..
    makasih ya da balas pertanyaan saya kemarin..thanks lot.

  24. y_sigit_p says:

    @leny:
    kalau hanya komputerisasi registrasi pendaftaran rawat jalan saja, menurut saya belum termasuk dalam sistem informasi rekam medis… selain itu nanti pada saat melakukan evaluasi/analisis efektivitas/efisiensinya sepertinya akan kesulitan… selama ini yang membuat proses bisnis rawat jalan menjadi kurang efisien/efektif menurut saya adalah proses pencarian berkas rekam medis pasien (paper-based)… proses ini memakan waktu lama sehingga memperlama pasien pada saat mengantri periksa…

  25. nia says:

    salam kenal mas sigit,saya udah mw skripsi tapi masih bingung judulna nih,dengan ruang lingkup rekam medis,saya pnya gambaran judulna seperti ini ;
    “pelaksanaan sistem penyimpanan berkas Rekam Medis secara desentralisasi dan pengaruhnya terhadap efisiensi pelyanan berkas RM pada pasien.

    lalu alternatif ke dua nya,saya mw meneliti tentang tingkat pemanfaatan penggunaan berkas rekm medis sebagai alat penelitian oleh mahasiswa keperawatan,,

    kira-kira judul diatas yang tepat seperti apa??

    mohon bantuannya ya mas

  26. leny says:

    makasih ya mas atas masukannya..
    terus mas kalau dengan judul,
    evaluasi penerapan sistem informasi di bagian pelayanan pendaftaran,
    apakah itu juga akan mengalami kesulitan pada saat evaluasi / analisis?

  27. nia says:

    salam kenal mas sigit,saya butuh bantuan nih , saya mw mulai nyusun skrisi ttg rekam medis tapi saya masi kebingungan soal judulna,,

    saya punya alternatif si seperti ini

    1 pelaksanaan sistem penyimpanan berkas Rekam Medis secara desentralisasi dan pengaruhnya terhadap efisiensi pelayanan berkas RM pda pasien

    alternatif ke 2

    analisis karakteristik individu dan organisasi terhadap kelengkapan dokumen rekm medis

    kira2 judul yang pas apa ya mas

    atau mas pnya usulan lain mungkin

    mohon bantuannya ya

  28. y_sigit_p says:

    @leny:
    sama-sama…
    untuk masalah judul sepertinya nggak masalah, yang penting sudah tau dulu hal apa saja yang akan di evaluasi dari sistem itu… coba cari artikel di internet tentang audit sistem informasi, siapa tau bisa dapet variabel apa saja yang perlu dievaluasi…

    @nia:
    salam kenal juga…
    sepertinya judul yang pertama lebih cocok…
    hmmm, kalo judul yang pasnya mungkin “Analisis Pengaruh Sistem Penyimpanan Rekam Medis Terdesentralisasi terhadap Efisiensi Pelayanan Rekam Medis Pasien”

  29. nia says:

    makasi ya mas,,,cb deh ta ajuin mudah-mudahan di terima, berarti respondennya pasien kan mas???

    trs metodenya deskriptif kuantitatif kan???

  30. NUGROHO says:

    sore mas

    saya mau tanya,,kalau judul skripsi yang berhubungan dengan kebutuhan tenaga kerja di rekam medis kira2 apa ya mas

  31. y_sigit_p says:

    @Nugroho:
    wah, kalo terkait dengan kebutuhan tenaga kerja di rekam medis terus terang bukan bidang saya, so saya minta maaf kalau tidak bisa membantu…

  32. lufi afriani says:

    mlm mas,,

    lam knl ms sigt… ms saya mau nyusun skripsi judul nya hubungan sikap staff struktural dan standar kerja di rumah sakit X,,kira2 judulnya udah tepat blm ms??
    mksh…

  33. sHoaN says:

    Mlm mas sigit…saya mahasiswi D3 Rekam Medis semester 4.Saya bingung nc mas masalah judul yang pas buat proposal TA saya.Semester % besok saya mesti sudah buat proposal, sedangkan saya belum yakin dengan apa yang ingin saya ajukan ini.

    Kira” judul apa yang cocok buat gambaran judul TA saya ini,saya ingin membuat tampilan komputerisasi itu lebih mudah untuk mempermudah pegawai atau staf RS guna mempercepat pelayanan.
    lalu saya juga mempunyai gambaran, tp lagi” saya tidak tau apa judul yang cocok, yaitu sistem komputer yang digunakan untuk melayani pendaftaran masih menggunakan DOS, lalu disini saya ingin menyatukan antara Visual Basic(VB) dengan MySQL.

    Yang banyak saya lihat dalam 4x praktek di RS yang bebeda di daerah jawa ini.Masih kebayakan lulus SMA yang menjadi staf RM di RS tersebut.Sehingga bisa dikatakan mereka belajar secara otodidak.

    Kira” judul yang cocok dan yang menurut mas lebih fresh untuk perkembangan sebuah RS apa??
    atau mungkin mas sigit punya gambaran dan judul TA saya ini..???

    Sebelumnya terimakasih banyak ya mas sigit..

  34. y_sigit_p says:

    @lufi afriani:
    hmmm… kalau terkait dengan SDM saya kurang begitu tau, tetapi judul tersebut saya rasa sudah tepat…

    @sHoaN:
    alternatif judul yang pertama terkait dengan tampilan koputerisasi bisa “Analisis Pengaruh Usability Sistem Informasi Rumah Sakit terhadap Kualitas Pelayanan Rumah Sakit”, sedangkan untuk alternatif yang kedua bisa “Pembangunan Aplikasi Pendaftaran Rawat Jalan menggunakan Pemgrograman Visual”… smoga bisa membantu…

  35. Jain says:

    ass.
    mas yang termasuk sistem informasi rekam medis rawat jalan itu meliputi apa aj kegiatanya???
    mohon jawaban nya
    terima kasih

  36. Jain says:

    sistem informasi rekam medis rawat jalan pada puskesmas

  37. y_sigit_p says:

    #Jain:
    cakupan kegiatannya meliputi proses pendaftaran pasien dan pemeriksaan pasien, dimana pemeriksaan pasien biasanya terdiri dari pemeriksaan subjektif, objektif, dll…
    selain itu, bisa juga sampai ke proses pemberian resep…

    pada prinsipnya ketika pasien diperiksa, data pemeriksaan tersimpan di sistem sehingga ketika suatu saat dibutuhkan mudah untuk diakses…

  38. yoyok says:

    salam kenal mas sigit. kalo ada yang diskusi tentang RM ato RME bisa gabung saya. Yoyok panti rapih

  39. PIPIT says:

    met siang….
    saya mahasiswi kesehatan masyarakat konsentrasi rekam medik….saya bingung harus mencari judul yang bagaimana untuk skripsi yang akan saya teliti…langkah awal apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan inspirasi dalam pembuatan judul skripsi?makasih^^

  40. y_sigit_p says:

    @yoyok:
    oke mas…

    @PIPIT:
    langkah awal yang dapat dilakukan adalah membaca skripsi atau penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, kemudian dari situ dicoba mencari apakah kira2 ada hal baru yang bisa dilanjutkan untuk dijadikan judul skripsi… selain itu juga bisa dilakukan dengan bertanya ke divisi rekam medik rumah sakit apakah ada permasalahan yang bisa diangkat menjadi topik skripsi…

  41. Cia says:

    Permisi… Mau Tanya Pak..Kalau untuk bisnis, kira kira artikel Bapak yang Kajian Finansial Proyek Sistem Informasi Rekam Medik Elektronik bs menghubungkan dunia bisnis dan IT? Trims.

  42. y_sigit_p says:

    @Cia:
    bisa saja, Information Economics memang ditujukan untuk menghubungkan kinerja bisnis dengan IT…

  43. risma says:

    halo salamkenal ,sayamau bikinTA judulnya sistem informasi pengolahan data pasien rawat inap tapi blm ada pandangan materi atau bahan2nya punya contohnya gak, makasih

  44. y_sigit_p says:

    @risma:
    kalau contoh saya tidak punya… mungkin yang perlu diperjelas lagi adalah seberapa jauh data pasien rawat inap yang mau diolah, apakah termasuk data rekam medisnya… trus pengolahannya seperti apa, apakah sampai ke intelegensi bisnis untuk melihat karakteristik pasien berdasar demografi, penyakit, dll…

  45. roama says:

    halo……. mas sigit… saya mahasiswa D3 rekam medis….
    mas kira2 apa sih judul kti yang bagus?

  46. y_sigit_p says:

    @roama:
    hmmm… kalau dikaitkan dengan IT, mungkin bisa Kajian Implementasi Sistem Informasi Rekam Medik dengan Kualitas Data Reka Medik… kalau rekam medik secara umum saya kurang begitu tau…

  47. andi says:

    mas salam kenal….boleh tidak minta contoh proposal nya. saya ingin mengajukan ke instansi saya…

  48. y_sigit_p says:

    @andi:
    artikel saya hanya sekedar ilustrasi saja… saya tidak memiliki proposal lengkapnya…

  49. zick says:

    mas sigit yg baik, saya adalah salah satu mahasiswa dr bapak wijang.
    saya maw tanya, mas sigit punya gak contoh skripsi menggunakan IE berkaitan dengan teknologi informasi pada bagian rekam medik. klo bisa bab 3 dan 4 nya jg ada karena kami kurang begitu mengerti mengenai petunjuk perhitungan IE.
    makasih sebelumny mas sigit.

  50. y_sigit_p says:

    @zick:
    wah, kalau untuk contoh skripsi-nya saya tidak punya, karena di tempat kami skripsi menggunakan IE belum diperbolehkan… sejauh yang saya tau yang sudah cukup banyak skripsi tentang IE di UI/Gunadharma….

    btw, salam buat bapak wijang ya…

  51. er_vin says:

    salam kenal…
    saya mahasiswa D-III rekam medis semester v,saya sedang menyeleseikan KTI yang judulnya tentang tinjaun kecepatan pendaftaran dan pendistribusian dokumen rekam medis. saya bingung mencari buku referensi untuk KTI saya, kira2 buku apa ya yang bisa saya gunakan??
    teima kasih..

  52. y_sigit_p says:

    @er_vin:
    salam kenal juga…
    wah, kalau buku tentang yang berkaitan dengan rekam medisnya saya kurang tau, tetapi kalau bagaimana sistem informasi berbasis komputer dapat memperbaiki proses bisnis bisa dibaca di buku-buku tentang sistem informasi/sistem informasi berbasis komputer…

  53. Martius Fransiskus says:

    salam kenal pak sigit,,
    saya salah satu mahasiswa Binus,,
    saya mau tanya tentang arti score 1 pada hasil ROI dari contoh diatas??
    dan bagaimana dengan hasil angka-angka yang lainnya,,apa artinya??
    terima kasih,,

  54. y_sigit_p says:

    @Martinus Fransiskus:
    score 1-5 hanya digunakan untuk keperluan scoring saja, di mana nantinya akan diberi bobot untuk menentukan score akhir projek…
    yang penting di kajian finansial adalah semakin besar nilai ROI-nya akan semakin besar pula manfaat finansial yang diperoleh…

  55. dayana says:

    SLAM kanal mas.. saya mhasiswa D3 Rekam Medik semester 6 saya mw tnya tntang kmpulan dan cntoh judul TA yg bgus tu kira2 aPA ya.. tlong ksih cntoh2 judulnya ya mksih…

  56. babi says:

    mau tanya ni , kasi masukan ea … hhe . ak mau KTI nich , tapi bingung mau pakeke masalah apa …

  57. AYU WAHYUNI says:

    MAS,,
    mau tax ni,kasi masukan donkk
    buat KTI,,,
    kira2 judul yg tepat dan gak sulit mengenai masalah rekam medis..??

  58. analisis yang menarik mas sigit..^^

    karena salah satu tantangan dari pengembangan dan penerapan rekam medis elektronik adalah terkait biaya investasi, awalnya memang butuh dana cukup besar.. tapi jika melihat prospek ke depannya maka nilai investasi tersebut akan kembali dengan cepat

    http://dianbudisantoso.net/2010/07/11/electronic-health-records-vs-electronic-health-records/

  59. asphia says:

    salam kenal mas sigit…..
    saya anak semester 5 jurusan rekam medik dan informasi kesehatan,
    saya lagi bingung nih mas mau mangambil masalah apa buat T.A saya,,,,
    kira kira mas sigit ada saran ga?

    rencananya saya mau ngambil masalah komputerisasi karna masih kebanyakan RS yang ada di tempat saya masih menggunakan manual utk pendaftaran pasien rajan dan ranapnya. apalagi kalau RSx sdh akreditas A.

    kira2 judul yang cocok apa ya mas?
    mohon bantuannya……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php