Sigit Purnomo

Mobile 3G: A New Way to Enjoy the Entertainment

Posted: November 14th 2006

Artikel ini saya sarikan dari slide presentasi yang saya buat untuk acara Talkshow yang diselenggarakan Himaforka.

The Mobile Technology Evolution
First Generation (1G)
Teknologi telepon seluler generasi pertama menggunakan sinyal analog. Pertama kali tersedia secara komersial di Amerika Serikat pada tahun 1978. Implementasi teknologi 1G adalah AMPS (Advanced Mobile Phone Service), TACS (Total Access Communication System), dan NMT (Nordic Mobile Telephone).

Second Generation (2G)
Teknologi telepon seluler generasi kedua sudah menggunakan sinyal digital. Implementasi teknologi ini adalah GSM (Global System for Mobile Communication) yang saat ini digunakan oleh hampir sepertiga dari total populasi dunia (GSM Association). Teknologi generasi kedua dirasa masih belum cukup karena adanya kebutuhan untuk akses data. Oleh karena itu dikembangkan teknologi GPRS (General Packet Radio Service) yang menambahkan packet switching ke dalam jaringan GSM yang circuit switching. GPRS seringkali dianggap sebagai generasi 2.5.

Third Generation (3G)
Teknologi telepon seluler generasi ketiga mengandalkan fitur high-speed data access sehingga memungkinkan tersedianya layanan-layanan data yang lebih menarik. Teknologi ini memungkinkan proses komunikasi yang sebelumnya hanya dengan suara, kini dapat melalui video sehingga proses komunikasi dapat menjadi lebih baik. Selain itu, dengan kecepatan data yang tinggi, maka teknologi ini juga dapat menawarkan layanan-layanan hiburan yang dapat dinikmati oleh pengguna melalui ponselnya.

Enjoy the Entertainment using Mobile 3G
Teknologi Mobile 3G memungkinkan layanan video on demand atau mobile video sehingga pengguna dapat menampilkan streaming video klip dalam layar ponsel mereka. Contoh dari layanan ini adalah Dunia 3G Telkomsel yang menyediakan video klip Liga Inggris, Liputan 6 SCTV, Headline News Metro TV, FashionTV, BBC Worls, Mobile ESPN dan beragam movie trailer, sports video, sports clips, educational clips, religius clips dan lainnya. Layanan ini dapat diakses melalui situs wap.telkomsel.com.

Selain video on demand atau mobile video, teknologi 3G juga menyediakan layanan mobile TV sehingga pengguna dapat menonton TV dari layar ponselnya. Sejauh ini Dunia 3G Telkomsel telah menyediakan beberapa siaran TV yang dapat diakses melalui Mobile 3G, yaitu Metro TV dengan kode akses video call 8801, SCTV dengan kode akses video call 8806, dan OChannel dengan kode akses video call 8811.

Kini, dengan hadirnya teknologi Mobile 3G di Indonesia, maka Anda dapat menikmati hiburan dari ponsel Anda.


10 responses to “Mobile 3G: A New Way to Enjoy the Entertainment”

  1. WENIE says:

    Ehm,,,,saya tertarik pada penjelasan anda tentang 3G,,,apakah saya bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang hal tersebut

  2. y_sigit_p says:

    berhubung Indosat baru saja launching layanan 3G mereka, maka info tentang 3G juga dapat diakses di http://3g.indosat.com/

  3. Has anyone managed to get High Speed Data Access to work with Telkomsel 3G?
    I have been calling them about this and they claim that the high speed data access feature is only available for internal applications (video call, TV etc) and cannot be accessed by external PC or PDA as a high speed modem (which is really bad if true!).
    Not only that but my existing GPRS settings no longer work when in a 3G cell!

    Anyone with a workaround please let me know.

    Ewan

  4. dj_black says:

    saya menggunakan motorola v3i
    kenapa menu 3g tidak ada
    mohon penjelasannya
    trima kasih

  5. dj_black says:

    kelebihan apa 3g bisa dirasakan,dan fitur apa saja yg harus dimiliki v3i untuk mengakses 3g
    apakah tidak mempengaruhi kinerja 3g bila kita terus-menerus mengakses 3g
    trims atas infonya

  6. y_sigit_p says:

    #Ewan: sorry I can’t help…

    #dj_black: saya sudah cek ke situs produk V3i, dan sepertinya V3i memang belum support 3G, so mungkin harus ganti ke HP yang support 3G agar bisa mengakses 3G… btw saya rasa kinerja 3G akan terpengaruh juga apabila banyak yang sedang mengakses, analoginya seperti jalan raya, klo sedang banyak yang makai, maka fungsinya akan terpengaruh…

  7. pie says:

    sebegitu indahkah kehidupan qt setelah 3G hadir diIndonesia? q g begitu setuju dengan kehadiran 3G,coz sebenarnya menurutq qt belum pantes make’nya. belum ada regulasi yang jelas, malahan yang ada timbul banyak dampak negativ.. thx!

  8. John Cena says:

    berikan informasi lebih lengkap mengenai 3G

  9. handra says:

    tolong masukannya tentang mobile commerce..saya ambil topik ini dalam skripsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php